antazalAvatar border
TS
antazal
POLRI himbau penembak POLISI

Polisi telah menyebar foto dua pelaku penembakan anggota kepolisian beberapa waktu lalu di wilayah Ciputat, Tangerang. Namun, polisi tak kunjung menangkap keduanya meski telah mengetahui keberadaan mereka. Mengapa?

Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Inspektur Jenderal Ronny F Sompie mengatakan bahwa dua pelaku penembakan, Nurul Haq alias Jeck dan Hendi Albar, sudah diketahui keberadaannya. Keduanya disembunyikan oleh kelompoknya.

"Oleh karena itu, penyidik lebih banyak mengimbau agar kelompok yang menyembunyikan kedua tersangka yang sudah kami ketahui sebagian datanya, serahkan saja," imbau Ronny di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta, Rabu (11/9/2013).

Alasan tidak menindak keduanya, karena polisi tidak ingin upaya penangkapan keduanya menjadi caci maki masyarakat di kemudian hari. Sebab, upaya penangkapan keduanya sangat mungkin dilakukan dengan upaya-upaya keras.

"Beberapa kali kita melakukan penangkapan, kemudian kepolisian dicerca pola penangkapannya. Sekarang kita lebih mengedepankan pola untuk menyerahkan diri," ujarnya.

Dia mengimbau, kelompok yang menyembunyikan dua tersangka untuk menyerahkan keduanya. "Sehingga tidak ada upaya penggerebekan yang sifatnya keras. Kalau kepolisian bekerja melakukan penyergapan, penggerebakan pasti sifatnya keras," jelasnya.

Lalu, siapa kelompok yang disebut menyembunyikan kedua pelaku penembakan tersebut selain teroris?

"Sementara ini kita lebih fokus kepada apa yang sudah kita dapatkan. Bukan sekadar asumsi. kita lebih berdasarkan fakta, karena fakta sudah jelas, di belakang mereka siapa, kita lihat setelah mereka tertangkap," jawabnya.

"Lalu, kelompok mana yang menyembunyikan dua tersangka tersebut, sampai aparat memilih keduanya menyerahkan diri ketimbang melakukan tindakan keras sesuai aturan hukum?" tanya wartawan.

"Informasi tersebut sudah ada di tim penyidik. Dan itu bagian dari informasi terkecualikan. Tapi kami menyampaikan ke media untuk meneruskan kepada yang menyembunyikan ini untuk bisa menyerahkan kedua tersangka, tidak perlu lagi berlama-lama sehingga kita bisa melakukan penyelesaian berkas perkara dan serahkan ke jaksa penuntut," jawabnya menegaskan.
[URL="http://news.detik..com/read/2013/09/12/011036/2356362/10/mengapa-polri-pilih-imbau-2-penembak-polisi-di-pondok-aren-serahkan-diri?9922022"]TKP[/URL]
"dulu masyarakat menghimbau polisi untuk tidak main tembak sembarangan. sekarang polri menghimbau masyarakat untuk tidak menembak sembarangan"
BAH.. CEPAT KALI RODA DUNIA BERPUTARemoticon-Cape d... (S)
Diubah oleh antazal 11-09-2013 18:49
0
5.4K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan