Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

VoiceOFAngeLAvatar border
TS
VoiceOFAngeL
Sekilas Tentang Seniman Pelukis Rakyat

emoticon-I Love Kaskus (S)Assalamualaikum WR . WB emoticon-I Love Kaskus (S)


Quote:


Quote:


Pelukis Rakyat
Sekilas Tentang Sanggar & Seniman


Pelukis Rakyat didirikan oleh Hendra Gunawan dan Affandi setelah mereka keluar dari keanggotaan SIM (Seniman Indonesia Muda) pada tahun 1947. Saat itu mereka menempati sebuah rumah di Jalan Sentul No.1, Yogyakarta, dan belakangan disebut sebagai asrama.

Pelukis Rakyat dikenal sebagai kumpulan pembuat patung, selain masing-masing anggotanya aktif melukis. Mereka banyak menerima pekerjaan dari pemerintah pusat maupun daerah
adapun karya - karya mereka seperti Tugu Muda Semarang, patung batu Jenderal Sudirman dan patung lain di sekitarnya, di area gedung DPRD DIY di Malioboro.

Tahun 1948 mereka mengadakan pameran bersama seni patung modern di Pendopo Wetan Museum Sono Budoyo Yogyakarta.


Quote:


Hendra Gunawan adalah seorang pelukis dan pematung. Dia dilahirkan di Bandung, 11 Juni 1918 dan meninggal di Bali, 17 Juli 1983. Semasa hidupnya, Hendra sempat belajar melukis pada Wahdi, seorang pelukis pemandangan. Dari Wahdi, ia banyak menggali pengetahuan tentang melukis. Kegiatannya bukan hanya melukis semata, tetapi pada waktu senggang ia menceburkan diri pada kelompok sandiwara Sunda sebagai pelukis dekor. Dari pengalaman itulah, ia mengasah kemampuannya.

Pertemuannya dengan Affandi merupakan fase dan sumber inspirasi jalan hidupnya untuk menjadi seorang pelukis. Dengan didasari niat yang tulus dan besar, ia memberanikan diri melangkah maju. Bermodalkan pensil, kertas, kanvas dan cat ia mulai berkarya. Komunitas dari pergaulannya ikut mendukung dan terus mendorongnya untuk berkembang. Keberaniannya terlihat ketika ia membentuk Sanggar Pusaka Sunda pada tahun 1940-an bersama pelukis Bandung dan pernah beberapa kali mengadakan pameran bersama.

Revolusipun pecah, Hendra ikut berjuang. Baginya antara melukis dan berjuang sama pentingnya. Pengalamannya di front perjuangan banyak memberi inspirasi baginya. Dari sinilah lahir karya-karya lukisan Hendra yang revolusioner. Lukisan “Pengantin Revolusi”, disebut-sebut sebagai karya empu dengan ukuran kanvas yang besar, tematik yang menarik dan warna yang menggugah semangat juang. Nuansa kerakyatan menjadi fokus dalam pemaparan lukisannya.


Spoiler for Pict:

Spoiler for Pict:


Quote:



Wikipedia | Repost

emoticon-Hot Newsemoticon-Hot News


Quote:






Segera akan ane update kalo udah 500 komeng ( bukan junker / spamer )
Diubah oleh VoiceOFAngeL 22-09-2013 08:14
0
6.4K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan