rumeng84Avatar border
TS
rumeng84
Bung Karno - J.F. Kennedy Ada Kemesraan di Antara Keduanya


Menurut Sukarno Kennedy merupakan presiden Amerika Serikat yang mengerti dan menghormati Indonesia, di saat Blok Barat dan Blok Timur tebar pesona meraih simpati dari negara-negara yang baru merdeka, termasuk Indonesia.

Hubungan Sukarno - Kennedy memang intens karena terjalin komunikasi yang intens dan positif. Bahkan, Kennedy menilai Sukarno bukan sebagai seorang “kiri” seperti yang dituduhkan presiden AS sebelumnya. Kennedy menilai Sukarno seorang nasionalis dan dunia membutuhkan kekuatan nasionalis. Karena itulah, Kennedy mendukung semua kebijakan yang dibuat Bung Karno, termasuk dengan proyek Nonblok yang digalang Bung Karno, dan mendapat dukungan dari negara-negara Asia dan Afrika.

Mereka berdua disatukan oleh idealisme dan memiliki kesamaan karena dicintai oleh rakyatnya masing-masing. Mereka berdua memiliki kesamaan anti kolonialisme dan kezhaliman; itu sebabnya mereka terlihat mesra, tiada kemunafikan.


"Presiden Sukarno pada lawatan kenegaraannya ke Amerika Serikat sedang memeriksa barisan tentara kehormatan Amerika setelah turun dari pesawat didampingi presiden AS, John F Kennedy"


Presiden Sukarno pada lawatan kenegaraannya ke Amerika Serikat sedang memeriksa barisan tentara kehormatan Amerika setelah turun dari pesawat didampingi presiden AS, John F Kennedy

Sayang sekali, kemesraan itu tidak lama. Tahun 1963, Kennedy ditembak mati di Dallas, Texas. Tidak lama setelah itu, Soekarno pun turut digulingkan oleh Soeharto.

Bersukurlah Indonesia karena Tuhan telah mengirimkan Bung karno kepada bangsa Indonesia. Bung Karno lah yang dengan kuat dan gagah ikut membangun negara merdeka dan berdaulat. Apapun latar belakang politiknya atau bahkan bersebrangan sekalipun dengan aliran politik Bung Karno, tetapi selamakita masih waras pastilah kita menghormati Bung Karno. Karena selain founding father Bung karno juga sebagai simbol martabat dan kegagahan sebagai bangsa.


Sumber : “Total Bung Karno” Roso Daras, 2013

http://trisetyarso.wordpress.com/201...karno-kennedy/
0
2K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan