Xiao.Qiao.Avatar border
TS
Xiao.Qiao.
Makam Cucu Sultan HB VI di Yogya Dirusak Sekelompok Orang Bercadar
Selasa, 17/09/2013 16:15 WIB
Makam Cucu Sultan HB VI di Yogya Dirusak Sekelompok Orang Bercadar
Edzan Raharjo -detikNews

Foto: Edzan Raharjo/detikcom
[url=http://m.detik..com/news/read/2013/09/17/160726/2361272/10/makam-cucu-sultan-hb-vi-di-yogya-dirusak-sekelompok-orang-bercadar][b]Yogyakarta[/b][/url] -Makam Kyai Ageng Prawiro Purbo, cucu Sri Sultan Hamengku Buwono VI, dirusak sekelompok orang. Makam yang terletak di Dusun Taunan, Kelurahan Semaki, Umbulharjo, Yogyakarta Jl Kusumanegara ini kondisinya tak karuan.

Cungkup makam dirobohkan. Ada bekas-bekas pukulan benda keras di nisan. Kendi di samping makam pecah. Payung-payung pusaka roboh dan terdapat coretan pilox di sekitar makam bertuliskan "Haram Syirik."

Penjaga makam, Abu Diran (73) menjelaskan, sekelompok orang bercadar atau berpenutup wajah dan berpakaian hitam datang sekitar pukul 22.30, Senin (16/9). Mereka menanyakan letak makam eyang Kyai Ageng Prawiro Purbo, kemudian masuk dan melakukan perusakan.

"Sekitar setengah jam melakukan perusakan, kemudian pergi. Ada yang bilang ke saya, Jangan nyembah kijing," kata Abu di makam Kyai Ageng Prawiro Purbo, Selasa (17/9/2013).

Pengelola kegiatan makam, Wibbie Maharddika mengatakan, kelompok tersebut jumlahnya sekitar 30-an orang dengan membawa sepeda motor. Sebagian masuk ke dalam makam, dan sebagian berjaga di luar.

"Mereka membawa seperti besi-besi. Saat kejadian tidak ada yang berani mencegah, karena yang jaga usianya sudah tua-tua dan hanya 5 orang yang berjaga," kata Wibbie.

Karena makam ini merupakan aset keraton, pengelola makam melaporkan kejadian tersebut ke pihak keraton. Menurut Wibbie, banyak yang berziarah di makam ini untuk mendoakan. Di makam ini juga diadakan kegiatan dzikir sebulan sekali pada hari kelahirannya.

Kyai Ageng Prawiro Purbo adalah putra GBPH Suryo Metaram bin Sultan HB VI yang meninggal tahun 1933. Kyai Ageng Prawiro Purbo dulunya dikenal sebagai sosok yangdekatkepada rakyat, yanglebih memilih tinggal di luar keraton.
______________________________________

Sangat prihatin.... beraninya sama simbah2 doang nih
emoticon-Ngacir

Quote:


Quote:



Diubah oleh Xiao.Qiao. 19-09-2013 06:11
0
25.6K
480
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan