qwe2113Avatar border
TS
qwe2113
Chipset Pada Gadget Android, Penting Kah???
sedikit teks dari Wikipedia:

Chipset merupakan IC ukuran kecil yang pada komputer merupakan layaknya "polisi lalu lintas" pada papan induk (motherboard), mengarahkan aliran data dan menentukan peranti apa yang didukung oleh Personal Komputer (PC).

Sebuah chipset mengarahkan data dari CPU ke Chipset. Sedangkan Chipset dibagi menjadi dua bagian komponen utama yaitu, Northbridge dan Southbridge. Northbridge mengatur Chace memori, Memori Utama, Host Bus dan Slot PCI ekspansi. Sedangkan Soutbridge mengatur ISA Bus, dan menjembatani antara ISA Bus dan PCI Bus, mengatur dan mengontrol I/O port dan slot IDE. Chipset juga menentukan kecepatan dari front-side bus, bus memory dan bus grafis, serta kapasitas dan tipe memori yang di dukung motherboard. Selain itu pula, chipset mengarahkan aliran data melalui bus PCI, drive IDE dan port I/O serta menentukan standar IDE juga tipe port yang didukung oleh sistem.

Lanjut ke penjelasan:

apakah agan sudah tau tentang chipset emoticon-Smilie
Ane punya chipset yaitu Snpadragon Qualcomm. apakah itu [Snapdragon qualcomm adalah chpset emoticon-Bingung (S) ]

Biasanya kalo ada iklan gadget-gadget android, di spersifikasinya ada keterangan :
1.Versi android yang digunakan
2.Merk+type+kecepatan prosesor+jumlah inti
3.Besaran memory RAM
Dan seterusnya, sampe si penulis capek ngetikin spersifikasinya…..
Dan yang jarang di ungkit-ungkit adalah jenis chipsetnya.
Sering juga orang salah sebut, misalnya spersifikasi, dibagian prosesor tertulis :
Qualcomm MSM7227-A 800Mhz
Sekarang saya mau tanya, MSM 7227-A itu apa???
Kebanyakan dari kita, bahkan saya, menganngap itu adalah type dari prosesor, padahal bukan, itu adalah nama dari sesuatu yang disebut dengan chipset. Sekarang bandingkan dengan
Qualcomm Snapdragon Scorpion 1Ghz.
Yup, benar…..contoh diatas adalah penyebutan yang lengkap, pasalnya :
Merk : Qualcomm
Chipset : Snapdragon
Type prosesor : Scorpion
Clock : 1Ghz

Mungkin bagi sebagian orang tidaklah penting membahas sebuah chipset, namun sebenarnya penting, mengingat chipset adalah pelangkap dari prosesor itu sendiri…..

Untuk mudahnya memahami apa pentingnya chipset….saya kaih contoh kasus aja lah ya…..disini ada dua HP android, antara lain
1.Sony Xperia J, dengan spersifikasi
Qualcomm MSM 7227-A 1Ghz
RAM 512MB
Layar 4″ 800×480

2.LG Optimus Black
Texas Instrument OMAP 3630 1Ghz
RAM 512MB
Layar 4″ 800×480

Sekarang saya tanya, kira-kira ada perbedaan besar kah kedua HP diatas???saya yakin pasti banyak yang tidak tahu(kecuali merk tentunya).

Perbedaan utamanya adalah merk dan chipset yang digunakan, si Xperia dengan PD nya menggunakan chipset buatan Qualcomm dengan tipe MSM7227-A. sedangkan si LG Optimus menggunakan chipset buatan Texas Instrument(TI) dengan tipe OMAP 3630, terus, apa bedanya coba??? Toh sama sama 1Ghz……????

Sekarang saya mau tanya, coba googling bentar…..berapa resolusi maksimal rekam video dari si Xperia J????…gogle aja dulu….bentar kok….

Hasilnya VGA kan???? Kalo bagi yang gak tau, VGA itu 640×480 pixel.

Sekarang coba googling resolusi rekam video si Optimus….
Google aja bentar. ….males amat si….

Hasilnya???? 720p??? Bener ga??? Bagi yang ga tau….720p itu sama dengan 1280×720.

Nah….disini muncul pertanyaan, kenapa si Xperia Resolusi rekam videonya kecil??? Yap…benar sekali….ini semua salah si chipset…..

Kenapa bisa salah chipset??? Saya juga kurang tau pasti kenapa emoticon-Big Grin …..tetapi chipset sangat menentukan hal-hal yang bernuansa multimedia di sebuah gadget android.

Contohnya : format video yang di support, resolusinya, bitratenya. Tak lupa resolusi rekam video, dan bitratenya juga. Umumnya chipset tidak menentukan overall performance dari suatu device android……tetapi, tidak ada salahnya kan mempertimbangkan jenis dan type chipset sebelum membeli gadget android, mengingat video HD sudah menjadi hal yang “umum” sekarang ini…..



Sumber Pasalnya sumber itu penting Gan emoticon-Cool
Diubah oleh qwe2113 16-09-2013 19:28
0
2.6K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan