Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ukyukyAvatar border
TS
ukyuky
Mengenal Rorschach Test yuk gan,mungkin banyak yang belom tao


Sebelomnya mohon di emoticon-Rate 5 Stardulu gan biar gak tenggelem ni trit emoticon-Smilie



Spoiler for No Repost:


Permisi gan, sesuai judul di atas ane mau ajak agan2 semua mengenal Rorschach Test,, langsung aja...
Spoiler for RORSCHACH:

Bagi agan2 yang suka sama superhero, mungkin karakter di atas gak asing lagi buat agan, nama karakter di atas adalah Rorschach dari Film Watchmen.
Tapi ane disini bukan mau menjelaskan tentang superhero di atas,,tapi nama Rorschach itu sendiri..
Ternyata Rorschach itu adalah sebuah nama test gan, berikut ini sedikit penjelasannya yang ane ambil dari berbagai sumber,,
bekicot gaannnn.....


Apa Itu Rorschach Test?
Tes Rorschach (juga dikenal sebagai tes inkblot Rorschach atau sekadar tes bercak tinta) adalah sebuah tes psikologi di mana subjek persepsi bercak tinta dicatat yang kemudian dianalisis dengan menggunakan psikologis interpretasi, secara kompleks diturunkan secara ilmiah algoritma, atau keduanya. Beberapa psikolog menggunakan tes ini untuk memeriksa kepribadian seseorang karakteristik dan fungsi emosional. Tes ini telah digunakan untuk mendeteksi gangguan pikiran, terutama dalam kasus-kasus di mana pasien enggan untuk menggambarkan proses berpikir mereka secara terbuka. Tes ini mengambil namanya dari penciptanya, psikolog Swiss Hermann Rorschach.

Penemu Rorschach Test
Tes ini juga sering disebut sebagai “tes Rorschach” (baca: ror-shahk) karena orang yang dianggap paling berjasa dalam mengembangkan tes psikologi dengan metode ini adalah Hermann Rorschach(1921), seorang psikolog kelahiran Zurich, Swiss.
Ide mengenai tes bercak tinta pada awalnya muncul dari Justinus Kerner pada tahun 1857 di mana ia mengatakan bahwa setiap orang memberikan respon yang berbeda-beda ketika menghadapi suatu berkas tinta. Tahun 1895, Alfred Bined menyatakan bahwa bercak tinta juga bisa mempengaruhi imajinasi orang yang melihatnya.
Spoiler for Hermann Rorschach:


BERCAK TINTA RORSCHACH
Rorschach telah berhasil membuat satu seri kartu bercak tinta yang terdiri dari sepuluh kartu dan sudah di standadisir, kartu-kartu tersebut dapat digunakan sebagai alat assesmen kepribadian seseorang. Bercak tinta itu sekarang telah dicetak diatas kertas tebal berwarna putih sebagai dasarnya, kartu berukuran panjang 24 cm dan lebar 18 cm. Sepuluh kartu tersebut dikelompokkan menjadi dua, yaitu:
  1. Kartu achromatik. Kelompok kartu ini hanya mempunyai warna hitam, putih dan abu-abu, yaitu kartu I, IV, V, dan VI.
  2. Kartu chromatik. Kelompok kartu ini mempunyai aneka warna lain, misalnya merah biru hijau dan sebagainya, yaitu kartu II, III,VIII, IX dan X.

Meskipun dapat dikelompikan menjadi dua seperti yang di sebutkan di atas, masing-masing kartu Rorschach juga mempunyai ciri-ciri tersendiri yang sering disebut sebagai insividual properties atau karekteristik kartu. Seorang tester perlu memahami ciri-ciri setiap kartu ini, seehingga dalam melaksanakan administrasi tes dapat lebih sempurna.

Gambar Kartu Rorschach Test
BACA INI DULU GAN,PENTING
Di bawah ini ada 10 gambar dari Rorschach Test, kalo agan2 ada yang pengen tau kepribadian agan n pengen nyobain Rorshach Test silahkan KE SINIgan.
Dan selama test sebaiknya agan2 liat gambar2 yang dari ane aja di bawah ini, soalnya gambar yang ada di situs itu semuaya hitam putih,, n selama test agan2 jangan buka dulu spoiler yang ane kasih di bawah gambar2 di bawah ni.... emoticon-Bingung (S)
Setelah itu share gan hasil tes agan2,,ane tari di page one tar,,tar ane juga share hasil tes ane gan emoticon-Ngakak (S)

nb: Yang masih belom ngerti gimana cara menjalankan test ini,,sederhananya gini:
Silahkan agan2 liat gambar2 yang ane kasih trus agan sebutin ada apa di gambar itu,yah menurut imajenasi agan aja,,yang terlintas di pikiran aja..
gampang kan...
emoticon-Big Grin



Langsung aja gan cekibrot gambar2 n masing2 karakteristiknya gan...
Spoiler for I:


Spoiler for II:


Spoiler for III:


Spoiler for IV:


Spoiler for V:


Spoiler for VI:


Spoiler for VII:


Spoiler for VIII:


Spoiler for IX:


Spoiler for X:



Dan inilah hasil test ane gan,,sangat mencengangkan hasilnya...
Spoiler for HASIL:


Kalo berkenan kasih emoticon-Blue Guy Cendol (L)gan
Jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L) ya gan


Sekian trit dari ane,semoga berkenan.

Lempernya gan....
satu
dua
tiga
empat
Diubah oleh ukyuky 15-09-2013 05:03
0
37.1K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan