arifdoankAvatar border
TS
arifdoank
10 Foto Antariksa Menakjubkan yang Diabadikan Teleskop Spitzer
Mohon dirate dulu gan
emoticon-2 JempolSemoga Threadnya bermanfaat emoticon-2 Jempol


Quote:


Sebelumnya mari kita simak sedikit penjelasan tentang teleskop luar angkasa Spitzer

Teleskop Spitzer merupakan salah satu dari empat observatorium besar yang diluncurkan oleh NASA ke luar angkasa. Sebelumnya teleskop ini bernama Space Infrared Telescope Facility (SIRTF). Setelah demonstrasi operasinya berhasil, akhirnya teleskop ini berganti nama menjadi spitzer. Nama itu diambil untuk mengenang Lyman Spitzeryaitu seorang ilmuwan abad 20 yang pertama kali mengusulkan penempatan teleskop besar ke luar angkasa.

Teleskop Spitzer yang bernilai US$800 juta ini diluncurkan dari Cape Canaveral Air Force Station, dengan roket Delta II 7920H ELV, pada Senin, 25 Agustus 2003. Ia mengikuti orbit yang agak ganjil, yaitu heliosentrik. Jadi, setiap tahunnya teleskop ini bergerak menjauhi bumi dengan jarak 0,1 satuan astronomi. Cermin utamanya berdiameter 85 cm, dan dibuat dari berilium serta didinginkan pada suhu 5,5 K. Teleskop ini terdiri dari tiga instrumen yang memungkinkannya melakukan pencitraan astronomis dan fotometri dari 3 sampai 180 mikrometer, spektroskopi dari 5 sampai 40 mikrometer, dan spektrofotometri dari 5 sampai 100 mikrometer.

Teleskop Spitzer merupakan sebuah teleskop antariksa inframerah. Dengan letaknya yang jauh dari panas bumi, Cerminnya berukuran nyaris satu meter serta detektor pekanya yang didinginkan hingga mendekati suhu nol mutlak, menjadikan teleskop spitzer sebagai teleskop dengan kemampuan terbaik menangkap sinar inramerah. Dibandingkan teleskop yang berada di bumi, jelas spitzer jauh lebih baik karena kemampuannya menangkap foton atau partikel cahaya tidak terhalangi oleh atmosfer bumi.


Berikut ini adalah 10 foto menakjubkan yang berhasil diabadikan oleh teleskop spitzer, selama hampir satu dasawarsa peluncurannya


Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:


Quote:


Spoiler for sumber:


Ahirnya Hot Thread. Terima kasih untuk mimin dan momod emoticon-Smilie
Spoiler for hot thread:
Diubah oleh arifdoank 13-09-2013 00:35
0
77.1K
1.2K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan