COOP.CopasAvatar border
TS
COOP.Copas
ozzie gak terima pencari suaka, semoga indo juga menolak.
Kebijakan Abbot bisa pengaruhi hubungan dengan RI
BBCIndonesia.com - detikNews

Indonesia - BBC - Pemimpin koalisi Liberal-Konservatif, Tony Abbot -yang meraih kemenangan dalam pemilu Australia- sejak kampanye menjanjikan kebijakan yang lebih keras dalam menghadapi pencari suaka.

Dalam kampanye pertengahan Agustus, dia antara lain akan menunjuk komandan militer untuk memimpin operasi mengatasi para imigran yang datang dengan perahu dan penyelundup manusia.

Kebijakannya yang lebih keras Abbot bisa jadi mempengaruhi huhungan bilateral dengan Indonesia, mengingat hampir semua perahu pengungsi melewati perairan Indonesia.

Guru besar politik dari Australian National University, Dr. Greg Fealy, kepada wartawan BBC Indonesia, Liston Siregar, menjelaskan bahwa Abbot juga berjanji akan mengembalikan perahu pembawa pengungsi ke Indonesia.

"Masalah pengungsi menjadi masalah berat untuk hubungan bilateral anara Indonesia dengan Australia karena Tony Abbot juga menjanjikan bahwa dia akan mengembalikan kapal ke Indonesia.

"Nah saya kira itu sangat riskan, karena sangat mungkin pemerintah Indonesia tidak begitu senang dengan program itu," tambah Dr Fealy.

Partai Buruh melemah
Kebijakan imigrasi yang lebih tegas itu juga dianggap sebagai salah satu faktor yang berperan dalam mengantarkan kemenangan kubu pimpinan Abbot.

"Karena jelas dalam banyak dapil (daerah pemilihan) yang swinging shift, yan bisa memilih Partai Buruh dan Partai Liberal. Dalam dapil-dapil itu, isu pendatang haram menjadi isu yang sangat sensitif dan ada anggapan hal itu adalam semacam invasi dari luar."

Sementara Partai Buruh juga diwarnai dengan konflik internal dan berbagai skandal sehingga memberi keuntungan kepada koalisi Liberal-Konservatif.

Penyelenggaraan pemilihan umum yang lebih awal ini diserukan oleh Perdana Menteri Kevin Rudd setelah mengalahkan Julia Gillard dalam kepemimpinan Partai Buruh.

"Ada pergantian Kevin Rudd dengan Julia Gillard kemudian kembali lagi ke Kevin Rudd. Ada pepatah dalam Bahasa Inggris yaitu kalau tidak utuh berarti mati secara politik. Dan dalam kasus Partai Buruh, malam ini terbukti bahwa pepatah itu memang benar," jelas Dr. Fealy.

Selain itu ada juga faktor kebijaksanaan Partai Buruh yang diangap tidak berhasil oleh pemilih Australia.

"Salah satunya adalah program untuk jaringan intener berkcepatan tinggi secara nasional yang hingga saat ini belum selesai dengan biaya yang lebih mahal dari perkiraan awal."

Pemulihan ekonomi
Bagaimanapun kekalahan Partai Buruh tidak seburuk yang diperkirakan sebelumnya oleh beberapa pengamat.

Perkiraan awal memperlihatkan Partai Buruh meraih 55 kursi sementara koalisi Liberal-Konservatif dengan 91 kursi.

Dalam pidato kemenangannya di hadapan para pendukung, Tony Abbot mengatakan dia juga akan memulihkan surplus perekonomian ke Australia.

"Mulai hari ini, saya menyatakan Australia berada di bawah manajemen baru dan Australia kini terbuka untuk bisnis."

Kevin Rudd sendiri sudah mengakui kekalahan dan mengucapkan selamat kepada Abbot melalui telepon.

Dia tetap berhasil mempertahankan kursinya untuk dapol Griffith di Brisbane namun menegaskan tidak akan ikut lagi dalam pemilihan ketua Partai Buruh dengan alasan warga Australia berhak mendapat awal yang baru.

"Saya sudah memberikan semuanya namun tidak cukup bagi kita untuk menang. Namun saya gembira bahwa Buruh mempertahankan kekuatan bertarung untuk masa depan," tuturnya.

http://m.detik..com/news/read/2013/09/07/210504/2352335/934/kebijakan-abbot-bisa-pengaruhi-hubungan-dengan-ri

Immigran arab setelah rusakin negara sendiri, sekrang kabor ke negeri kafir, pada akhirnya ditolak sana sini.
0
1.5K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan