Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

givillaAvatar border
TS
givilla
Eksotisme Klayar, Pantai Perawan nan Jelita ( Tanah Lot dari Pacitan )
emoticon-I Love Indonesia
emoticon-I Love Indonesiagan, ane n temen ane jalan-jalan ke kabupaten pacitan.. disana kami menemukan pantai yang sangat indah.ini cerita kami :
Saat kunjungan ke pacitan pada awal Maret kemarin, saya berkesempatan untuk menikmati keindahan pantai Klayar, di Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Ya, ternyata kampung halaman Presiden SBY ini menyimpan wisata alam nan eksotik, yang konon belum banyak diketahui dunia. Pantai Klayar. Bahkan namanya belum pernah saya dengar. Sebagus apa?
saat saya dan rombongan berangkat untuk mengunjungi beberapa tujuan wisata, termasuk pantai Klayar. Pantai ini ada di urutan destinasi terakhir, mengingat letaknya yang paling jauh dan pastinya agar bisa menikmati surya tenggelam di ufuk barat. Sebelum ke sana, kami diajak ke Goa Gong di Pacitan. Tempat terakhir tak seberapa jauh dari pantai Klayar. Hanya butuh waktu perjalanan setengah jam saja.
Tapi jangan dibayangkan akses jalan yang mulus-mulus saja. Ternyata jalan yang dilalui cukup sempit dan terkadang rusak di sana sini. Bila dua kendaraan roda empat berpapasan, maka kedua kendaraan akan membagi jalan sampai batas maksimal. Padahal di kiri atau kanannya tak jarang terdapat jurang. Belum lagi ada banyak belokan dan tanjakan. Cukup membuat was-was, tapi untunglah kendaraan yang ditemui tak banyak. Saya bayangkan kalau sedang ramai, perjalanan ke tempat ini akan memakan waktu lebih lama.

Tanjakan yang mulai berkurang, berganti dengan jalan yang menurun secara bertahap. Pertanda pantai sudah hampir dekat. Saya sudah tak sabar, penasaran ingin segera melihat wujud pantai yang katanya masih perawan ini. Dan lihatlah…beberapa ratus meter sebelum benar-benar sampai, saya sudah dihadapkan pada keindahannya. Barisan nyiur melambai yang menyambut. Laut biru dengan ombak besar di kejauhan. Pemandangan khas pantai samudera.Sebelum melangkah lebih jauh, para pengunjung sudah diwanti-wanti lewat sebuah papan pemberitahuan agar tak terlalu dekat ke bibir pantai, karena ombak besarnya dapat membahayakan. Dari jarak beberapa ratus meter pun saya sudah dapat melihat ombak besar dan deburnya yang riuh menggetarkan. Saya membayangkan bila diri saya bermain-main dengan ombak yang besar bergulung-gulung itu, mungkin tak butuh waktu lama untuk membuat tubuh saya tertelan ke tengah samudera.

Seruling samudera? Apa itu?
Setelah sampai di atas, tahulah kami. Ternyata itu adalah ombak besar yang menghantam karang dan karena faktor tekanan, ombak itu sampai menyembur melalui celah karang. Karena semburannya yang bisa mencapai 10 meter itu, sampai menimbulkan suara siulan seperti bunyi seruling. Wah! ini sungguh luar biasa. Mulanya kami perhatikan teman-teman rombongan yang bergantian berfoto di dekat seruling samudera. Yang difoto siap-siap bergaya, dan seorang temannya siap-siap memotret sambil menunggu ombak besar datang dan menyembur ke permukaan. Jelas saja. Semua anggota rombongan tampak antusias. Satu per satu bergantian ingin memotret atau diabadikan dengan sang seruling. Waktu kemunculannya tak tentu. Proses penantian itu yang membuat penasaran dan terasa seru. Kalau pas momennya, maka bersiap-siaplah untuk mandi air laut.

Diubah oleh givilla 06-09-2013 03:28
0
3K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan