Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jhontra100Avatar border
TS
jhontra100
Kecewa Dengan Oknum Konveksi Kaos di Jogja
Selamat siang agan-agan , langsung ke topik aja yaa

KRONOLOGIS:
1.) ane dapat orderan dari konsumen buat ngedit desain untuk kaos , sekaligus desainnya disablon di kaos . kaosnya untuk acara 17 agustus ..

2.) setelah desain jadi kemudian ane cari2 beberapa tempat konveksi kaos di jogja untuk produksi.

3.) setelah ane dapat tempat produksi , trus tanggal 30 juli ane masukin desainnya dan kaosnya jadi tanggal 3 agustus..

4.) tanggal 3 agustus sore ane ambil kaosnya dan langsung ane antar kaosnya ke konsumen ane karena kosumen ane mo mudik hari minggu . jadi kaosnya itu mau dibawa ke kampung halamanya untuk acara di sana.

5.) tapi malamnya , ane ditelpon sama konsumen dan mereka komplain karena hasil sablonnya jelek , sablonannya ada banyak bolong-bolong kecil dan itu merata .

6.) ane cek dan memang benar hasil sablonnya jelek , sablonannya ada banyak bolong-bolong kecil dan itu merata, dah kayak sarang semut..

7.) setelah itu, ane langsung telpon konveksinya , dan dari konveksinya bilang kaosnya bisa direvisi setelah tanggal 18 agustus karena tanggal 4-18 agustus produksinya sudah libur lebaran .

8.) itu terus ane informasikan ke konsumen ane , dan konsumen ane pun marah2 .. lha kaosnya mau dipake acara 17 agustus klo direvisi setelah tanggal 18 ya buat apa , selain itu konsumen juga dah gak percaya lagi jadi minta pengembalian uang.

9.) tangal 5 agustus ane ke kios konveski tsb untuk mengembalikan semua kaosnya krn kios konveksinya baru libur tanggal 6-18 agustus.. pas ane ke sana, untuk komplain ane disuruh menghubungi bagian kepala produksinya(owner juga) karena kebetulan gak ada di kios..

10.) ya dari kepala produksinya intinya gak bisa ganti rugi alias pengembalian uang , dengan alasan kaosnya sudah jadi . kaosnya bisanya direvisi..

11.) klo dari konsumen ane tetep minta ganti rugi , karena mo cari konveksi sendiri . ya walaupun itu bukan kesalahan saya, saya secara tdk langsung juga bertanggung jawab juga . dan ane pun dengan uang pribadi mengembalikan semua uang konsumen.. total orderan 45 kaos , jadi sekitar 1,7jutaan..

POINT PENTING:
1.) ane memilih tempat konveksi di atas karena rekomendasi teman dan karena konveksinya juga bisa dibilang dah bertahun-tahun berdiri , bisa dikatakan pemain lama . jd ane memandangnya mereka dah pengalaman..

2.) ane pun bilang ke konveksinya . gak mungkin juga dalam proses sablon gak dicek . kecuali nyablonnya sambil tutup mata..
itu kan sablon 3 warna , jadi pasti setiap melakukan proses sablon dari warna 1 sampe warna 3 untuk per kaos pasti dilihat dulu hasilnya, klo sablonan warna 1 sudah bagus trus lanjut ke warna 2 dst ..
itu kesannya seperti kesengajaan dari konveksi karena mungkin mepet hari libur lebaran juga, jadi konveksinya sebenarnya tau klo hasilnya jelek tp karena mepet waktu jd melakukan pembiaran . ya paling dikira konsumen awam tentang sablon jadi barang jelek pun tetep dikasih.. ya untung saja walau ane awam tp tetep tau juga mana sablonan yg bagus ataupun sablonan yg jelek.
anehnya ya konveksinya tetep ga mau ganti rugi (pengembalian uang) dengan alasan kaosnya sudah jadi ,mereka maunya produknya direvisi .. ya mungkin mereka gak mau rugi besar jadi gak mau ngembaliin uang. padahal kesalahan sepenuhnya dari konveksi

3.) klo dari ane , ane males memperpanjang masalah ini, dah males berhubungan dengan pelaku usaha seperti ini.. ane legowo saja lah anggep aja kegagalan..

dari masalah di atas , sapa tau agan-agan punya pendapat atau unek-unek untuk disampaikan . atau ada yang mungkin punya pengalaman .ya monggo..
cuma sekedar sharing saja biar agan-agan lebih berhati-hati..

terima kasih

REVIEW :
question:
ada pertanyaan dari agan-agan mengapa nama konveksinya gak disebutin ? dan ada saran juga kenapa gak dipublish di koran dll ?

answer:
dari pengalaman temen ane , temen ane pernah ngalamin kyk gt tapi beda kasus bkn di jogja,tp intinya komplainnya dipublish di koran. ehh perusahaannya mlh gak ketrima dan merasa ada pencemaran nama baik.. perusahaannya sampe ngaduin ke polisi segala.
ane bukan takut , tp misalnya sampe ke ranah hukum mlh ntar tambah ribet dan malah jadi keluar uang banyak , apalagi kan tau sendiri hukum di indonesia carut marut , yg benar jadi salah dan yang salah malah jadi benar nanti.. ane hanya rakyat kecil bukan penguasa , jd anggap aja ini buat pembelajaran ane ..

SARAN

setiap proses sablon itu pasti ada pengecekannya apkh hasil sudah bagus atau belum .. klo agan-agan dikasih hasil sablon yg jelek mungkin konveksinya itu yg "nakal"
klo agan-agan awam tentang konveksi sablon kaos , plg tidak tau hasil sablon yg bagus dan yg jelek (sering2 liat-liat kaos di distro-distro buat referensi) biar gak dibohongi konveksi yg "nakal".
tanyakan juga apakah bisa ganti rugi (pengembalian uang) , jika terjadi kejadian seperti ane . konveksi yg bagus pasti berani ngasih ganti rugi..
Diubah oleh jhontra100 21-08-2013 02:34
0
13.8K
45
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan