merah.dashyatAvatar border
TS
merah.dashyat
VIETNAM-KAMBOJA, dari Cu Chi Tunnel sampai Killing Fields
Halo agan, catatan perjalanan ini sebenarnya merupakan hasil trip ane sekitar setengah tahun yang lalu. Singkat cerita, ane emang rencana pengen bgt ke vietnam bareng 7 orang temen ane yang lain, mulai deh cari-cari tiket dan kebetulan kita semua bisa dapet promo AA Jakarta-HCMC pp sekitar Rp 800rb an. Sipp tiket udah dapet, agenda/itinerary udah dibuat, kita siap berangkat!

Hari 1 : Kebetulan ane dan temen2 berdomisili di jogja, jadi kita harus naik kereta dulu ke jakarta. Kita trus naik Gayabaru Malam dari jogja jam 21.00 trus akhirnya sampai juga di Jakarta jam 07.00.

Hari 2 : Pagi-pagi karena laper ane dan yang lain trus nyari sarapan, kita sepakat makan di Hokben Gambir aja sekalian ngadem dan nunggu flight kita yang baru jam 16.00. Selesai makan ane ngrasa risih aja klo cuma nunggu diem gitu jadi ane ajak 2 temen cowok buat jalan2 dulu kemana gitu (rombongan ane ada 4 cewek dan 4 cowok). Akhirnya ane sempetin dulu tuh ke museum Gajah, ane juga belum pernah kesana jadi kapan lagi. Bayar tiket masuknya ternyata murah gan cuma Rp.7500 tuh mana museumnya sumpah baguuuuuuss banget, jadi sangat diluar ekspektasi kita (mungkin karena termasuk museum pusat gitu jadi luas bgt dan sangat dirawat). Setelah puas liat-liat isi museum, ane balik lagi ke Gambir dan jam udah nunjukkin pukul 11.00, langsung deh kita serombongan menuju tempat ngetem nya DAMRI. Beli tiket Rp 20rb, perjalanan ke terminal internasional Soetta sekitar 1,5jam kita ngobrol2 dan tidur.
Sampai bandara kita nunggu bentar tuh dan ngga kerasa kita akhirnya terbang dan udah mendarat di HCMC, tapi sebelum mendarat kita semua sempet dibuat deg-degan soalnya cuaca lg buruk bgt jd pesawat kita lama bgt muter-muter di udara nunggu persetujuan mendarat, astagaa udah doa terus ane tuh dalem hati. Di bandara HCMC kita pertama kali disambut sama bapak2 bermuka sangar buat nge cek paspor, sebenernya karena image negara Vietnam yang beraliran komunis ane sedikit tegang tuh waktu bapaknya ngecek2 paspor sampe ngeliatin muka ane bolak-balik, tapi akhirnya boleh deh kita masuk negara nya paman Ho ini.

Spoiler for sampai bandara HCMC:


Keluar bandara, kita langsung nyari taksi buat anterin kita ke hotel yang udah kita booking sebelumnya. Tapi kesan pertama ketika ane udah di Vietnam itu adalah cewek-ceweknya gaaaannn, buseeeett sedaap seksi-seksi semua gilaaakk! gatau apa karena baju yg mereka pakai apa emg fisik cewek-ceweknya yang emg hot, tp ngga nyesel deh klo cowok ke Vietnam soalnya mau muda apa tua cewek Vietnam itu hoot bangeet! (tp ya ngga semua juga lho ya gan, yg jelek ya jg pasti ada hahaha)
Oya buat tips gan, hati-hati sama taksi di Vietnam klo bisa pakai yg udah terpercaya spt Vina Sun tp itu aja ada yg abal2 jadi hati2 gan, klo dari bandara agan bisa pastiin dulu harganya sama si supir klo bisa bawa kertas buat catet dan yakinin si supir biar ngga terjadi kesalahpahaman harga krn bahasa, oya mata uang Vietnam itu Dong, kira-kira nilainya 2kali lipat rupiah dan itu yang bikin harga di Vietnam keliatan murah dari Indonesia tapi ya sama aja sebenernya.
Akhirnya ane sampe di Lofi inn tempat ane nginep. Ane sangat merekomendasiin hostel ini gan karena udah murah, tempatnya enak, pelayannya ramah lagi (apalagi yang namanya Anna Nguyen). Kita nginep di kamar dorm yang isinya 8 orang dan 1 orangnya kena biaya $7 (sekitar 70rb). Seperti yang ane bilang td si Anna Nguyen selaku pelayan hostel ini ramah bgt jd kita pertama nyampe aja udah ngobrol2 banyak, tanya ini itu, sampai akhirnya kita laper dan nanya makanan khas Vietnam, ehh si Anna nawarin mau anterin kita di tempat makan deket situ. Jalan lah kita keluar sambil liat suasana Vietnam malam hari. (oya gan hati2 orang Vietnam ngawur bgt klo naik motor trus jalanan beda sama di Indonesia karena mereka pakai sistem kanan jalan jd klo nyebrang super hati2 dan inget ini bukan Indonesia!)
Kita sampai deh di tempat makan khas Vietnam, namanya Pho, sejenis soto mie klo boleh ane bilang tapi kuahnya bening dan pakai banyak lalapan aneh. salah satunya ada yg rasanya engga bgt sampe2 kita nyebutnya daun kepik krn bau dan rasanya kaya (maaf) kutu busuk! oya karena Vietnam juga banyak beredar daging babi, jadi sebaiknya agan tanya2 dulu ya dagingnya apa buat mastiin kehalalan masakannya (buat yg muslim lebih2).

Spoiler for makan:


Hari 3 :Pagi-pagi kita sarapan di hostel pakai pancake dan siap2 meluncur ke Cu Chi Tunnel pake jasa tour yang ditawarin Anna, jadi kita tinggal bayar $10 / orang dan bakal di jemput di penginapan naik sejenis Elf. Pertama kita diajak ke tempat pembuatan kerajinan yang dikerjain sama orang-orang korban ranjau darat, klo menurut ane ini kurang menarik mana barang2 yang dijual mahalnya ngga tanggung2. Oya dalam tour ini, ane dipimpin sama mas-mas yang ngaku namanya Ele, dia sok akrab gitu deh, pertama nya sih kita kira orangnya asik tp mulai keliatan belangnya di akhir tour. Setelah ke tempat pertama, kita sampai ke Cu Chi Tunnel, tempat wisata yang bisa dibilang paling terkenal di Saigon/HCMC. Sesampainya disana ane kebelet pipis jd langsung deh nyari toilet dan yg bikin ane terkejut urinoir nya itu diisi sama es batu kotak2 gitu, jd untuk pertama kalinya ane ngerasain sensasi pipis adeeem gitu, enak pokoknya gan hehehe.. Paket wisata di Cu Chi Tunnel ane bilang lumayan lah, kita jadi banyak tau sejarah dan alat2 yang digunakan tentara Vietcong selama perang dgn AS, kita jg bisa nyobain lorong sempit tempat persembunyian Vietcong gitu deh, pokoknya lumayan lah.

Spoiler for CuChi Tunnel:

Spoiler for CuChi Tunnel:


Nahh ini jeleknya si mas Ele, jd setelah dari Cu Chi kita dibawa ke tempat jualan oleh-oleh makanan khas gitu deh. Mana yg jualin itu emak2 rumpi yang cerewet bgt dan maksa buat beli, dan kayanya krn dia ngeliat muka2 melayu kita mereka trus mulai nyoba pake bhs melayu sebisa mereka. Trus kita kan diem aja sambil nolak2, akhirnya kayanya mereka nyerah trus masang muka jutek. Kayaknya si tempat oleh2 ini kerjasama sama tour nya mas Ele ini, haduuhh.. kita balik ke hostel istirahat.

Spoiler for mas ele:
Diubah oleh merah.dashyat 14-01-2013 09:00
0
2.9K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan