wismaasriAvatar border
TS
wismaasri
Pakar: Pengibaran Merah-Putih di Konser Metallica Pelecehan

Bendera Merah-Putih yang digambari logo Grup Band Metallica

Pakar Komunikasi Politik, Dr Heri Budianto menyesalkan adanya bendera Merah-Putih bertuliskan “Metallica Solo-Indonesia” yang dibentangkan dalam konser Metallica di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Ahad (25/08/2013) malam.

Heri menilai tindakan tersebut merupakan pelecehan terhadap simbol negara.

"Bendera merupakan simbol utama negara, untuk itu menambahkan tulisan pada simbol negara merupakan bentuk pelecehan terhadap negara," jelas Heri kepada hidayatullah.com, Senin (26/08/2013) malam.

Bendera Merah Putih, kata Heri, memiliki makna yang dalam, bukan hanya sekadar bendera. Sebuah lambang termasuk bendera akan memiliki makna yang berbeda ketika ditambahkan tulisan-tulisan tertentu. Tindakan itu mengaburkan makna sesungguhnya dari lambang tersebut.

"Warna merah secara sederhana dimaknai sebagai pemberani dan melambangkan raga manusia," ujar doktor lulusan Universitas Gajah Mada ini.

Selanjutnya, merah dalam konteks perjuangan juga merupakan simbol sikap para pejuang kemerdekaan kita yang diperjuangkan para pahlawan. Kemudian putih dimaknai suci dan melambangkan jiwa manusia. Keduanya saling melengkapi dan menyempurnakan jiwa dan raga manusia untuk membangun indonesia.

"Bendera merah putih mempunyai makna filosofis, maka ketika ditambahkan tulisan bukan saja mengaburkan makna tapi juga melecehkannya," tegasnya.

Sebelumnya diberitakan banyak media, kejadian unik terlihat di akhir konser grup band cadas asal Los Angeles Amerika Serikat, Metallica.

Usai menghibur para penggemarnya dengan lantunan 18 lagu, James Hetfield dkk terlihat menyampaikan salam perpisahan kepada para penggemar yang hadir. Sambil melambaikan tangan, mereka membentangkan bendera merah putih bertuliskan “Metallica Solo-Indonesia”.

Tepuk tangan penonton pun mengiringi aksi dedengkot grup musik cadas tersebut. Bendera bendera merah putih bertuliskan “Metallica Solo-Indonesia” itu didapatkan oleh para personel Metallica dari fans yang menyaksikan konser dari barisan depan.

Dikabarkan bendera itu adalah milik Stephanus Adjie, anggota kelompok penggemar Metallica dari Solo, yang sengaja datang ke Stadion Utama GBK untuk menyaksikan aksi panggung Metallica.

Melalui akun twitter @downforlifesolo milik band cadas Down For Life, para penggemar Metallica dari Solo itu sempat memposting foto mereka di depan bus dengan bendera merah putih yang sama dengan yang dibentangkan oleh personel Metallica.

Sebelumnya, pendapat senada juga diungkap beberapa tokoh, termasuk kalangan anggota DPR RI.*

Copas Link

Semua Tergantung Memandang Dari Mana.
Kalau Saia Itu Melecehkan. Kedepan ada Aturan Jelas untuk Promotor.
0
29.3K
421
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan