Mobil Classic IR.Soekarno (Presiden Pertama Indonesia)
TS
nickhammet
Mobil Classic IR.Soekarno (Presiden Pertama Indonesia)
Mobil - mobil Koleksi Presiden pertama Indonesia.Langsung aja di simak gan?
Spoiler for Buick Limited Edition lansiran tahun 1938:
Menurut sejarah, Buick 8 adalah mobil kepresidenan pertama REpublik Indonesia yang didapat dari hasil rampasan penjajah jepang. Mobil Buick-8, buatan buick adalah mobil kepresidenan Republik Indonesia yang pertama digunakan setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, digunakan mulai tahun 1945 hingga 1949.
Mobil ini bertipe limited-8, mobil keluaran utama buick yang diproduksi pada tahun 1939. Mobil klasik ini dipersenjatai dengan mesin 320 ci atau 5.247 cc.
memiliki 8 silinder dan 2 katup di setiap silindernya. mobil klasik ini mampu mengeluarkan tenaga yang dapat mencapai angka 141 hp pada 3600 rpm. Edisi terbatas ini hanya diproduksi sekitar 1.451 unit saja di dunia.
Spoiler for Chrysler Imperial milik sang Proklamator ini lansiran tahun 1938:
Sedangkan untuk periode produksinya sendiri berlangsung dari 1937 hingga 1939. Mobil bernomor polisi B 9105 yang bersejarah ini, masih terdapat cacat di spatbor kiri mobil dan kaca belakangnya. Keadaan ini tetap dipertahankan sebagai bukti sejarah "Peristiwa Cikini".
Waktu itu, ketika Persiden Soekarno menjemput anak-anaknya yang bersekolah di Perguruan Cikini, mobil ini selamat dari ledakan granat yang dilemparkan orang yang tak dikenal. Mobil berjenis limousine ini memiliki 4 buah pintu. Mengusung mesin 5.3 L yang bertenaga 130 hp yang bertransmisi manual 3-percepatan.
Spoiler for Cadillac lansiran 1948:
pernah menjadi salah satu koleksi mobil sang Proklamator, Soekarno.
Cadillac ini merupakan mobil produksi generasi ketiga yakni tahun 1948 hingga 1949. Mobil berpintu 4 buah ini tergolong dalam mobil sedan.
Mesinnya menggunakan 5.7 L V8 monobloc dan 5.4 L OHV V8. Untuk transmisi juga tersedia dalam dua tipe yakni manual 3-percepatan dan otomatis 4-percepatan.
Di dunia, Cadillac ini juga terkenal dengan sebutan Cadillac Sixty Special. Lantaran menggunakan platform produksi tipe Series 60.
Spoiler for Chaika GAZ 13 1959 hingga 1981:
Salah satu mobil pabrikan asal Rusia yang pernah digunakan oleh Soekarno yakni Chaika GAZ 13. Chaika GAZ 13 dibekali mesin M13 5.5 L V8 yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 195 hp. Dilengkapi pula dengan transmisi otomatis 3-percepatan.
Sedangkan generasi keduanya diproduksi tahun 1977-1988 yang berganti basis mesin menjadi M14.
Spoiler for Chrysler Crown Imperial:
Kemungkinan besar jika melihat pada bentuk grill dan bumper depan, Chrysler Crown Imperial koleksi Soekarno ini lansiran tahun 1962 hingga 1964. Namun ada yang menyebutkan secara pasti lansiran tahun 1963.
Spoiler for Chrysler Windsor 1947:
Chrysler Windsor Limousine lansiran 1947 milik Soekarno ini diproduksi dari tahun 1939 hingga tahun 1961. Dan berlanjut dari tahun 1961 hingga 1966, namun hanya berlaku untuk Canada saja.
Chrysler Windsor 1947 ini dibekali dengan mesin 250.6 CID L-head yang bertenaga 114 hp serta dilengkapi dengan transmisi manual 4-percepatan.
Spoiler for DeSoto 1942:
Mobil DeSoto keluaran 1942 ini digunakan wakil presiden RI, Mohammad Hatta. Mobil ini diproduksi tahun 1929 hingga tahun 1942.
DeSoto merupakan mobil hadiah dari pengusaha Djohan Djohor, pengusaha sukses di Jakarta masa itu. Mobil inilah yang digunakan Mohammad Hatta dalam melaksanakan jabatannya sebagai Wakil Presiden baik di Jakarta maupun Yogyakarta.
Spoiler for Marcedes Benz 600:
Mobil mewah yang pernah menjadi salah satu koleksi Soekarno yakni Mercy 600. Diperkirakan Mercy miliknya ini lansiran tahun 1960-an pasalnya beliau wafat tahun 1970.
Sedangkan masa produksi Mercy 600 ini berlangsung hingga tahun 1981. Sebagai orang nomor satu di Indonesia, layaklah jika sang Proklamator menyandang mobil elit ini dalam mengemban tugas kenegaraannya.
Berikut seputar mobil yang di pakai oleh Ir.Soekarno atau yang sering di panggil Bung Karno.
Sebelum jangan lupa nya gan..