Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nicoguitarAvatar border
TS
nicoguitar
Bermain catur bisa mengembangkan kepribadian yang baik buat anak -anak

Penelitian di berbagai negara, membuktikan bahwa catur adalah sarana yang menyenangkan bagi anak-anak untuk mengembangkan kepribadian. Karena dengan bermain catur berarti melatih otak kanan dan kiri, melatih kepercayaan diri, kedisiplinan, kesabaran, daya tahan, serta keterampilan membuat rencana, strategi, dan pengambilan keputusan yang tepat dalam waktu terbatas.




1. Chess and Science

Sepanjang permainan metode ilmiah selalu digunakan, yaitu melakukan obserbvasi awal, mengindentifikasi permasalahan, merumuskan hipotesa, melakukan eksperimen, dan kemudian menguji kebenarannya.

2. Chess, Technology and Mathematics
Bermain catur berpikir seperti komputer. Berhitung dan berkalkulasi dalam waktu yang terbatas. Dalam perkembangannya permainan catur lekat denga komputer. Komputer bisa menjadi sparing partner yang baik bagi seorang pecatur, dan komputer bisa menjadi sumber keilmuan dalam permainan catur

3. Chess and Psychology
Catur menguji kesabaran, mengatasi kecemasan, dan membangkitkan daya tahan dalam melakukan konsentrasi, serta membangkitkan kekuatan diri dalam berkompetisi. Sabar menghadapi masalah, sabar mencari solusi, tidak cemas menghadapi situasi sulit, dan tetap berkonsentrasi dalam suasana kompetisi.

4. Chess is Unique
Permainan catur sungguhlah unik. Dalam 1000 permainan belum tentu ada satu permainan yang sama. Selalu ada ide dan pemikiran baru dalam setiap permainan. Selalu ada cara berbeda dalam setiap situasi.

5. Chess opens up the world
Permainan Catur telah mendunia. Setiap bulan selalu ada pertandingan tingkat dunia yang bisa diikuti oleh siapa saja. Di tingkat Nasional, Provinsi, dan Kota, selalu ada pertandingan catur. Kejurcab, Kejurprov, Kejurnas, POR, O2SN, Catur juga selalu dipertandingkan.


smoga thread ini bermanfaat,tidak salah klo agan2 kaskuser mengajari anak2 atau adik2nya buat bermain catur,karna banyak mengandung segi positifnya terutama pola pikirnya

Quote:




emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Diubah oleh nicoguitar 27-01-2013 21:40
0
1.3K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan