mata007hatiAvatar border
TS
mata007hati
Jokowi Bertemu Wamenhan, Sulap Monas Jadi Pusat Pertahanan
Ada yang berbeda dalam pertemuan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) dengan Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin. Apa yang berbeda? Dalam pertemuan tersebut adanya rencana ingin menyulap tempat rekreasi Monas jadi pusat pertahanan Jakarta.


Monumen Nasional (Monas) yang awalnya sebagai tempat rekreasi masyarakat Ibu Kota akan disulap oleh Gubernur Jokowi menjadi pusat pertahanan Jakarta.


Hal tersebut disampaikan Jokowi setelah melakukan pertemuan tertutup dengan Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin, di Balai Kota Jakarta.


"Gampang-gampang saja, yang tadi kita bicarakan dengan Pak Wamenhan. Contoh tahun depan mau buat basement di Monas.


Hampir 160 hektar di bawah tanah disiapkan. Nanti fungsi strategi pertahanan ada di situ. Jadi tidak hanya fungsi untuk parkir dan penjualan souvenir. Tapi juga ada fungsi-fungsi strategi pertahanan," jelas Jokowi kepada wartawan di Balai Kota, Jakarta, Rabu (21/8/2013).


Saat disinggung, akan seperti apa bentuk strateginya? Jokowi enggan membeberkannya. "Ya jangan diberikan dong. Bubar nanti. Namanya administrasi pertahanan," kelakarnya.


Intinya, lanjut Jokowi, semua akan diakomodasi. Sebagai contoh di Kemayoran nanti bisa untuk pendaratan pesawat. Namun, sekarang belum bisa direalisasikan, karena masih ada fly overnya.


"Nanti akan dibuat under pass. Sehingga, bisa untuk pendaratan dan dipakai strategi pertahanan di sana saat kondisi darurat," tegasnya.


Selain itu, di kawasan Marunda, dalam rangka membuat rumah susun juga akan dibangun jalan yang bisa mengakomodasi kepentingan strategi pertahanan.


"Banyak sekali tadi yang disampaikan, rencananya 2014 kita akan kerjakan dan ide-ide yang belum jadi akan kita akomodasi kepentingan-kepentingan itu, seperti di tol Jagorawi dulu bisa untuk pendaratan pesawat. Sekarang nggak bisa karena ada jembatan penyebrangan. Nanti akan dihilangkan dan diganti under pass," simpulnya.


Menurut mantan Wali Kota Solo tersebut, pembangunan tata ruang Jakarta yang memperhatikan strategi pertahanan sangat penting untuk dilakukan. Sehingga, pihaknya akan melakukan berbagai upaya untuk mewujudkannya.


"Jangan sampai rencana satu tidak bisa, terus harus buat rencana dua dan tiga. Negara harus punya itu," tuntasnya.


Melihat dari hal tersebut. Pastinya kita bisa melihat bahwasanya akan ada kajian khusus yang memberikan masukan dalam menjadikan lokasi strategis sebagai pertahanan nasional. Ini penting mengapa?


Karena sudah saatnya lokasi ataupun tempat-tempat tertentu sebagai lokasi ataupun pusat pertahanan Indonesia. Hal itu harus dipersiapkan dengan matang, jeli dan yang pasti melihat strategisnya.


Saya hanya katakan. Inilah yang ditunggu-tunggu agar tegaknya negara berdaulat Indonesia dan pertahanan Indonesia benar-benar terealisasi dengan baik.


Sumbernyalah : http://jakarta.okezone.com/read/2013...sat-pertahanan
0
4.6K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan