Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ozombieAvatar border
TS
ozombie
[Preman Jadi Miskin] Ikuti Jejak Tanah Abang, 2 Minggu Lagi Pasar Gembrong Bebas PKL
Selasa, 20/08/2013 19:17 WIB
Ikuti Jejak Tanah Abang, 2 Minggu Lagi Pasar Gembrong Bebas PKL
Edward Febriyatri Kusuma - detikNews


Jakarta - Wali Kota Jakarta Timur, Krisdianto mensosialisasikan kawasan Cipinang Besar Selatan dan Utara (Pasar Gembrong-red) bebas dari Pedagang Kaki Lima (PKL). Pihaknya akan mulai mengundi kios untuk ditempati PKL Minggu depan.

"Setelah ini kita akan membuka pendaftaran sampai dengan Senin (26/8) depan, sambil melakukan sosialisasi selanjutnya," ujar Krisdianto usai melakukan sosialisasi dengan perwakilan PKL Pasar Gembrong di Kantor Kecamatan Jatinegara, Selasa (20/8/2013).

Selama satu pekan terakhir Pemkot Jakarta Timur telah mensosialisasi larangan berjualan bagi PKL dan parkir liar di Pasar Gembrong. Acara sosialiasi kali ini diikuti 15 perwakilan pedagang. Krisdianto mengatakan proses pendaftaran dan sosialisasi akan dilakukan bersama.

"Besok kita sosialisasi lagi sambil membuka pendaftaran untuk pedagang, dan mulai hari Selasa (27/8) dan Rabu (28/8) kita akan mulai pengundian kios PD Pasar Jaya Cipinang, " tuturnya.

Dirinya memastikan dalam waktu dua minggu lagi sudah tidak ada lagi pedagang yang berjualan di trotoar maupun bahu jalan.

"Dua minggu lagi ya, kalau tidak mau nanti akan kita tertibkan," tandasnya.

[url]http://news.detik..com/read/2013/08/20/191211/2335576/10/ikuti-jejak-tanah-abang-2-minggu-lagi-pasar-gembrong-bebas-pkl[/url]


Ratusan PKL Pasar Gembrong Akan Direlokasi ke Dua Lokasi
Robertus Belarminus
Selasa, 20 Agustus 2013 | 20:02 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 211 pedagang kaki lima (PKL) Pasar Gembrong di Jalan Basuki Rahmat, Jatinegara, Jakarta Timur, akan direlokasi ke Pasar Gembrong Cipinang Besar dan Pasar Klender SS, Jakarta Timur.

"Jumlahnya 211 pedagang. Ada pedagang mainan, pedagang karpet, dan lainnya," kata Camat Jatinegara Syofian Taher dalam sosialisasi bersama pedagang Pasar Gembrong di Kantor Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (20/8/2013).

Syofian mengungkapkan, sekitar 98 persen PKL yang akan direlokasi itu merupakan warga Cipinang Besar Selatan, sementara lainnya ada yang berasal dari Kelurahan Bidara Cina.

Mengenai mekanisme relokasi, Syofian menjelaskan, pihaknya memberikan formulir kepada PKL pada Selasa (20/8/2013) dan penentuan kios dilakukan pada Senin (26/8/2013). Setelah diisi dan dilengkapi dengan dokumen pendukung, formulir diserahkan ke kelurahan sebagai tanda pendaftaran.

"Nanti diundi, yang lebih dahulu (menyerahkan formulir) akan mendapatkan tempat yang lebih terang," ujar Syofian.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Timur Krisdiyanto mengatakan, relokasi PKL Pasar Gembrong merupakan bagian dari rencana membuat kawasan tersebut bebas dari kemacetan. Ia pun meminta PKL bersikap kooperatif.

Mengenai sistem penyewaan kios, Krisdiyanto menjelaskan, setelah pedagang masuk pasar akan dibuat perjanjian yang menyatakan bahwa pedagang menggunakan kios secara gratis selama enam bulan.

"Ini harus permanen dan bersih karena keberadaan pedagang di trotoar menghalangi pejalan kaki sehingga kalau pejalan kaki berjalan di badan jalan dan tertabrak, yang salah kan kita semua," ujar Krisdiyanto pada kesempatan yang sama.

Dari 211 PKL itu, sebanyak 130 orang di antaranya merupakan penjual mainan, sementara lainnya merupakan pedagang karpet. Pedagang mainan akan direlokasi ke Pasar Gembrong Cipinang Besar, sementara pedagang karpet akan direlokasi ke Pasar Klender SS, Jakarta Timur.

Krisdiyanto berharap nantinya Pasar Gembrong akan berkembang menjadi sentra perdagangan mainan, sementara Pasar Klender SS berkembang menjadi sentra perdagangan karpet.


http://megapolitan.kompas.com/read/2....ke.Dua.Lokasi

Jatah uang keamanan preman bakal semakin berkurang. emoticon-Big Grin
0
4.1K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan