rip48Avatar border
TS
rip48
[PENTING BGT] CARA PENGGUNAAN TIKET BARU KRL PER 22 AGUSTUS 2013 !







BERIKUT ADALAH TATA CARA PENGGUNAAN SISTEM TIKET HARIAN BARU YAITU THB (TIKET HARIAN BERJAMIN) DAN DIMULAI PADA TANGGAL 22 AGUSTUS 2013 DENGAN ADOPSI SISTEM SEPERTI SISTEM TIKET MRT DI SINGAPORE. PENGGUNAAN SISTEM INI KARENA BANYAK TIKET KRL SINGLE TRIP YANG HILANG AKIBAT ULAH PENUMPANG NAKAL. KEHILANGAN KARTU SINGLE TRIP INI MEMBUAT PT.KCJ MERUGI 800 M..
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo

Kartu single trip akan resmi ditarik dari peredaran pada Kamis lusa (22/8/2013). Sebagai gantinya, akan digunakan tiket harian berjaminan (THB).

"Kartu single trip yang beredar tanggal 1 Juli 2013 akan ditarik dan resmi diganti tiket harian berjaminan (THB) tanggal 22 Agustus 2013 sejak pemberangkatan kereta yang pertama," kata Direktur Utama PT KCJ Tri Handoyo dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (20/8/2013).

Tri menambahkan, yang membedakan THB dengan KST adalah setiap pembelian THB ada jaminan sebesar Rp 5.000. Selain itu, penggunaan THB harus selalu di-update ke loket untuk tujuan berikutnya. Selain itu, pengguna THB diberi dua pilihan untuk mengembalikan uang jaminan (refund) atau tetap menyimpan dan menggunakannya untuk perjalanan berikutnya.

"THB ini bisa dipakai selamanya untuk perjalanan-perjalanan berikutnya tanpa perlu membayar uang jaminan lagi. Namun, setiap akan melakukan perjalanan, penumpang harus ke loket sebutkan tujuannya dan bayar tarif sesuai stasiun tujuannya," ujarnya.

Penggantian tersebut dilakukan untuk mengantisipasi hilangnya kartu single trip karena dibawa oleh penumpang. Pemberlakuan THB ini awalnya akan mulai diberlakukan pada hari ini, Selasa (20/8/2013). Namun, masalah sosialisasi menjadi alasan mundurnya pemberlakuan THB tersebut.

"Saat ini baru ramai penumpang karena mereka baru mulai efektif bekerja di kantor pada hari ini setelah libur Lebaran," kata Tri.

PT KCJ akan melakukan sosialisasi sampai Kamis lusa. Selain itu, PT KCJ akan membuka help desk di setiap stasiun untuk melayani penumpang yang bingung dengan sistem yang baru ini.
http://megapolitan.kompas.com/read/2...rik.22.Agustus


INI ADALAH TAMPAK DEPAN DARI KARTU SINGLE TRIP NEW .. di buat demikian tidak menarik agar penumpang tidak membawa pulang tiket tersebut..

SEDANGKAN INI ADALAH TAMPAK BELAKANG KARTU NEW SINGLE TRIP.. terdapat tata cara dan ketentuan..

SEDANGKAN BERIKUT INI ADALAH KARTU SINGLE TRIP LAMA .. akan ditarik peredarannya setelah 22 Agustus 2013..



jadi Kalau dirangkum step by step penggunaan THB
Berangkat Kerja
- Beli jaminan tiket 5.000,- + ongkos perjalanan (misal depok-gondangdia 3500) = 8.500,-
- Tap in di stasiun keberangkatan
- Tap out di stasiun tujuan (jangan dimasukkan di slot)
- Tiket dibawa penumpang untuk jaminan beli tiket kepulangan.
(kalau mau refund bisa langsung ke loket)

Pulang Kerja
- Beli tiket baru sambil dengan menyerahkan tiket yang dibawa tadi
- Tinggal bayar ongkos perjalanan misal gondangdia - depok = 3500
- Dapat tiket baru.
- Tap in di stasiun keberangkatan
- Tap out di stasiun tujuan
- Tiket dibawa pulang buat jaminan beli tiket besok



berita-->
Sejumlah penumpang kereta listrik commuter linemengaku belum mengetahui akan diberlakukan Tiket Harian Berjaminan (THB) sebagai pengganti tiket single trip sejak Kamis, 22 Agustus 2013.
Setelah dijelaskan Tempo, banyak warga mengeluhkan bahwa dengan adanya sistem THB justru akan membuat sulit, dan orang yang ingin keluar dari stasiun lebih berdesak-desakan. Dalam THB ini, penumpang akan membayar jaminan sebesar Rp 5.000 untuk kartu single trip tersebut.
Pengguna single trip di Stasiun Palmerah, Jakarta Barat, Yuliana, 40 tahun, mengaku bahwa sistem tersebut malahan menyulitkan penumpang. "Jika penumpang harus membayar Rp 5.000 sebagai jaminan, lalu akan menerima uangnya kembali saat di stasiun tujuan, ini akan membuat ribet," kata Yuliana kepada Tempo di Stasiun Palmerah, Senin, 19 Agustus 2013.

Penumpang lainnya, Nur Hasan (53), khawatir mengembalikan THB bisa membuat kericuhan, lantaran fasilitas pintu keluar di stasiun kurang. Ia mempermasalakan karena stasiun tersebut hanya terdapat tiga pintu keluar bagi ratusan penumpang. "Otomatis penumpang akan semakin berjubel dan berpotensi kisruh karena harus melakukan refund," kata Hasan.

Namun, ketakukan akan diberlakukannya THB ini tak dirasakan oleh pengguna multi trip. Joseph Pradipta (25) dan Febriyanto (34) mengatakan bahwa dirinya tidak akan terpengaruh. Ini lantaran mereka tidak akan meminta pengembalian uang lebih.
Harga multi trip adalah Rp 50 ribu. Rinciannya, Rp 20 ribu untuk biaya pembuatan, sedangkan isi tiket Rp 30 ribu. "Kami tidak perlu pusing memikirkan refund, karena tiket commuter line telah menjadi milik kami setelah menebus Rp 20 ribu," ucap Joseph.

Staf Pengawas Stasiun Palmerah, Hendi Irawan, membantah kurangnya sosialisasi dan ketakukan penumpang terhadap pemberlakukan THB. Hendi mengatakan, PT KAI telah memasang spanduk dan banner besar yang memuat THB agar mudah dibaca penumpang.
"Hanya penumpangnya saja yang tidak cermat membaca pengumuman," kata Hendi. Dalam pantauan Tempo, ada setidaknya tiga banner besar ukuran 2x3 meter yang berisikan informasi THB dan ditempatkan di dalam area stasiun.

Hendi mengatakan bahwa dalam setiap kali perjalanan, para penumpang tidak harus meminta pengembalian uang Rp 5.000 tersebut. Kartu tersebut adalah jaminan untuk keluar-masuk stasiun dalam seminggu. "Jadi penumpang tidak harus selalu melakukan refund di loket di setiap stasiun kedatangan," ujarnya.
Bahkan di Stasiun Palmerah, kata dia, kebanyakan penumpang diprediksi tidak akan banyak melakukan refund. Ini lantaran karena di sekitar Palmerah mereka hanya bekerja pada pagi dan pulang kembali pada sorenya.

Jadi, saat keluar para penumpang akan menempelkan kartu untuk keluar stasiun, lalu membawanya untuk dipakai lagi saat pulang. Sehingga, kata Hendi, diprediksi mereka baru melakukan refund saat tiba di stasiun asalnya seusai bekerja pada sore hari.

http://www.tempo.co/read/news/2013/0...arian-Berjamin



BONUS GAN ! -->>>>> emoticon-Big Grin
emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak


UNTUK AGAN SEMUA TERIMA KASIH SUDAH MAMPIR DI THREAD ANE.. MOHON DI KOMENG GAN.. SEMOGA SISTEM KERETA REL LISTRIK DI JAKARTA SEMAKIN BAIK DAN MODERN.. DAN MASYARAKAT SEMAKIN GA KUNO LAGI emoticon-Big Grin..
DAN TETAP GUNAKAN TRANSPORTASI MASSAL GAN!





berikut komentar agan2 --->>
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
Diubah oleh rip48 20-08-2013 11:26
0
3.4K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan