onestopelecAvatar border
TS
onestopelec
[SMART TV] Perbandingan Smart TV Antar Brand
Perkenalan Smart TV

Apa itu Smart TV?

Salah satu fungsi utama TV beberapa tahun terakhir ini adalah kemampuan untuk melakukan lebih dari sekedar menonton TV. Di banyak TV high-end, Anda dapat menyambungkan TV Anda ke internet dan browsing web tanpa perlu perangkat tambahan. Selain itu, di dalam TV itu sendiri banyak apps dan program yang mensupport berbagai macam kapabilitas, misalnya dari laporan cuaca sampai streaming on demand seperti YouTube. Nampaknya memang tujuan dari televisi sekarang ini adalah menjadi sumber home entertainment dalam satu perangkat. Televisi dengan fitur semacam ini dapat disebut dengan Smart TV.


Apakah saya butuh Smart TV?

Tidak semua orang membutuhkan Smart TV, Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli Smart TV jika Anda ingin browse internet, streaming youtube, cek laporan cuaca, membaca berita, dsb di televisi. Ingat, isi dari Smart TV sebenarnya dapat ditemukan dengan mudah di sekitar Anda. Smart TV hanya menggabungkan teknologi tersebut sehingga Anda tidak perlu menggunakan perangkat lain untuk mengakses internet dan program.


Perbedaan Smart TV

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


List Aplikasi Smart TV

LG - Link
Samsung - Link
Panasonic - Link
Sony (Yahoo ConnectedTV Apps) - Link
Sharp - Limited, no app store
Toshiba - Limited, no app store

Apakah Smart TV lebih baik daripada Home Entertainment Box?

Home Entertainment box dapat berupa XBox, PS3, HTPC (Home Theater Personal Computer), Media Player, dan bahkan PC biasa yang tersambung ke TV. Home Entertainment box mempunyai banyak kelebihan di banding Smart TV. Apalagi, HTPC atau Media Player sekarang sudah banyak yang mempunyai Android OS dengan bentuk yang kecil. Smart TV tidak mempunyai flexibilitas yang tinggi seperti Home Entertainment box, karena tidak bisa menginstall software apapun yang Anda inginkan (terutama dibandingkan oleh Media Player Android atau PC).

Namun, kekurangan Home Entertainment box adalah Anda harus menyediakan tempat extra, tidak seperti Smart TV yang sudah menjadi satu kesatuan di dalam. Tergantung kegunaan Anda, jika Anda hanya menggunakan untuk browsing, dan streaming, maka Smart TV sudah sangat cukup. Namun, jika Anda ingin sesuatu yang lebih flexible, misalnya seperti bermain game atau menginstall aplikasi khusus, maka Home Entertainment box seperti PC atau HTPC mungkin pilihan yang lebih tepat untuk Anda.
Diubah oleh onestopelec 19-08-2013 05:24
Riana955
gpandita
k3nm4st3r
k3nm4st3r dan 2 lainnya memberi reputasi
3
74.2K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan