umaroinAvatar border
TS
umaroin
Pengunjung Pantai Selatan Hati2 Gan, Serangan Ubur-ubur Meluas


Ilustrasi wisata pantai (Pantai Balekambang, kec. Bantur kab. Malang. Kampung halaman TSemoticon-Malu (S))

Spoiler for Foto-foto by TS:




Spoiler for pic yg katanya ubur2 beracun:


Quote:


Syukurlah kalo begitu gan emoticon-Blue Guy Smile (S)

Quote:


Quote:


Banyak yang bilang katanya ubur2nya warna biru gan, hati2 emoticon-army

Quote:

Quote:



Update terbaru :

Quote:




Kamis, 15 Agustus 2013 17:37

[url=]SURYAOnline[/url], JEMBER - Serangan ubur-ubur di pantai selatan Jember terus meluas. Jika sebelumnya, pengunjung Pantai Watu Ulo dan Papuma tersengat ubur-ubur, kini giliran pengunjung di Pantai Paseban Kecamatan Kencong.

Kamis (15/8/2013) puluhan pengunjung di pantai selatan tepatnya di Pantai Paseban tersengat ubur-ubur. Akibatnya mereka harus dilarikan ke Puskesmas Kencong, Pukesmas Pembantu Cakru, juga RS Islam Kencong.

"Mulai jam 10 tadi pagi, banyak pengunjung yang tersengat ubur-ubur, sampai petugas kewalahan," ujar Ulum, seorang pengunjung Pantai Paseban.

Devi, seorang pengunjung dari Krembung, Sidoarjo mengaku dirinya sampai pingsan usai disengat ubur-ubur hingga harus dirawat di Puskesmas Kencong. Ia mengaku sedang bermain air di tepi pantai.

"Tiba-tiba tangan saya tertempeli sesuatu warna biru kayak jelly. Habis itu tangan saya seperti terbakar, sakit dan ngilu. Sempat sesak nafas terus pingsan," ujar Devi. Beruntung, teman-temannya langsung membawanya ke Puskesmas Kencong.

Pengunjung yang tersengat ubur-ubur dievakuasi ke tempat perawatan, baik oleh petugas yang berjaga di pos Paseban maupun teman atau saudara mereka sendiri.

Dari informasi yang dihimpun Surya, pengunjung yang tersengat ubur-ubur di Pantai Paseban mencapai lebih dari 100 orang. Mereka dirawat jalan di tiga tempat perawatan kesehatan itu.
Kepala Puskesmas Kencong dr Iswarno menjelaskan, jika korban sengatan ubur-ubur mengalai sesak nafas, maka harus segera mendapat perawatan. Jika tidak, korban bisa shock dan bisa menyebabkan kematian.

“Jenis racun nerotoksin dari ubur-ubur tersebut yang menyebabkan korban sesak nafas,” kata Iswarno.
Khusus pasien yang tersengat ubur-ubur, mendapat pengobatan gratis di Puskesmas Kencong.

Sebelumnya, puluhan pengunjung Pantai Watu Ulo (Ambulu) dan Pantai Papuma (Wuluhan) tersengat ubur-ubur beracun berwarna biru itu. Menurut Koordinator tempat wisata Papuma, Sudarwi, kedatangan ubur-ubur itu siklus tahunan di kawasan pantai selatan akibat cuaca bawah laut dingin secara ekstrem.

Berita sebelumnya:

Ubur-ubur Serang Pantai Watu Ulo dan Papuma


UBUR-UBUR MENYERANG - Puluhan penunjung Pantai Watu Ulo dan Papuma diserang ubur-ubur mendapat perawatan di Pos Kesehatan, Rabu (14/8/2013).


SURYA Online, JEMBER- Sejumlah pengunjung Pantai Watu Ulo dan Papuma Jember tersengat ubur-ubur ketika bermain di tepi pantai, Rabu (14/8/2013).

Tercatat 7 orang pengunjung dirawat di Puskesmas Sabrang, Kecamatan Ambulu, puluhan orang lainnya mendapat perawatan di pos kesehatan di Pantai Papuma.
"Tiba-tiba kaki saya disengat hewan laut berbentuk seperti plastik dan berwarna biru, juga berlendir," ujar Faiq, pengunjung Pantai Watu Ulo asal Kelurahan Gebang, Patrang, Jember.
Usai disengat, dirinya kesakitan dan bersama temannya langsung menuju pos kesehatan di pantai itu. Namun karena tidak ada petugas medis, ia mengobati luka itu seorang diri dengan menyiram luka dengan bensin yang dicampur tembakau tetapi sakitnya tidak reda. Akhirnya empat orang pengunjung pantai itu dilarikan ke Puskesmas terdekat.

Tidak hanya di Watu Ulo, lebih dari 50 orang pengunjung mendatangi posko kesehatan Papuma karena tersengat ubur-ubur. 
“Ini sudah lebih dari lima puluh orang yang datang. Lain lagi dengan yang ada di pantai. Masih banyak pengunjung yang terkena sengatan namun tidak dibawa ke pos kesehatan,” kata Mohammad Asroi, petugas keamanan Pantai Papuma.

Koordinator Pantai Papuma, Sudarwi mengatakan, baru hari ini ubur-ubur itu muncul di laut selatan. Pantai Watu Ulo dan Papuma bersebelahan sehingga binatang laut itu menyebar di kedua pantai yang ketika liburan banyak dikunjungi pengunjung.

"Baru hari ini terjadi karena cuaca laut sangat dingin. Memang ini siklus tahunan. Hanya saja kemunculannya saat ini bareng sama liburan Lebaran," ujar Sudarwi.

Ia meminta pengunjung berhati-hati dan sebaiknya tidak terlalu ke dalam bermain air. Ketika tersengat ubur-ubur, ia meminta pengunjung menghentikan aktifitas bermainnya dan menyiram luka sengatan memakai air panas untuk penanganan pertama sebelum diobati oleh petugas medis.


Di daerah juragan ada laporan sengatan ubur2 juga gak?
Ane thn ini gak ke pantai walau punya pantai sendiri di Balekambang emoticon-Ngakak (S)
Ane gak dapat laporan di pantai Malang selatan ada serangan ubur2 emoticon-I Love Indonesia (S)

Quote:


Quote:


Quote:


Biang keroknya menurut kaskuser ada di post #13 dan #75

Ada yg bilang judulnya lebay, coba berita yg ini: Ubur-Ubur Ngamuk, Sengat Wisatawan Pantai Selatan emoticon-Big Grin

Spoiler for HT:


Mampir ke trit ane yg lain gan: [WARNING] Awas, "Smartphone" Bikin Mata Rabun Jauh
Diubah oleh umaroin 19-08-2013 16:18
0
45.4K
692
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan