kawula.alitAvatar border
TS
kawula.alit
[Cerita 17-an] Suasana 17-an di Gereja Kristen Jawa (GKJ) Joglo. NO SARA



Cerita dan foto-foto di thread ini dibuat dalam rangka mengikuti lomba TANGKASyang diadakan oleh KASKUS. Meskipun thread ini bermuatan tentang kegiatan 17-an di lingkungan gereja saya, namun saya tidak bermaksud untuk menonjolkan agama dan suku tertentu. emoticon-No Sara Please emoticon-No Sara Please

Sebagai umat beragama, tentunya kita harus bersyukur atas kemerdekaan yang telah diperjuangkan Indonesia. Itulah yang dilakukan secara turun-temurun di gereja kami. Di ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke-68 ini, panitia mengangkat tema "tradisi dan budaya." Tema tersebut diangkat supaya kita lebih menghargai dan tidak lupa pada tradisi dan budaya yang dimiliki Indonesia.

Rangkaian acara dimulai dengan ibadah syukur. Setelah ibadah selesai, kita bersama-sama menyanyikan lagu "Indonesia Raya," sebagai tanda masuk ke kegiatan selanjutnya. Bentuk-bentuk kegiatannya antara lain:

- Music Corner: menampilkan lagu-lagu perjuangan dan daerah.
- Bazar makanan, pernak-pernik, dan permainan tradisional.
- Lomba-lomba seperti: sepeda lambat, tenis meja, memasukkan bendera ke dalam botol, gasing bambu, congklak, bekel, dan taplak (atau engklek, sunda manda).

Menurut saya, yang menarik dari rangkaian acara tersebut adalah unsur budayanya. Music Corner menyisipkan lagu daerah seperti Yamko Rambe Yamko (Papua) dan Gundul-gundul Pacul (Jawa Tengah). Kemudian bazar yang menjual krupuk, dodol, dan lain-lain. Bazar tersebut juga menjual permainan tradisional seperti gasing bambu, gamelan mini, congklak, bola bekel, dan lain-lain. Tentunya barang-barang tersebut juga turut dilombakan dalam rangkaian acara.

Foto-fotonya bisa dilihat di bawah. Maaf jika foto-fotonya kurang memberikan informasi dan tidak sebanding dengan deskripsi di atas. Itu disebabkan karena saya bertugas sebagai tim musik, sehingga tidak sempat mengabadikan seluruh kegiatan. Terima kasih untuk beberapa teman yang membantu saya mengambil gambar saat saya bertugas dalam tim musik.

Spoiler for Foto-foto:


Selain bersenang-senang, kita juga memperkenalkan budaya dan tradisi kepada anak-anak. Mudah-mudahan acara-acara seperti ini bisa terus diadakan, sebagai bentuk penghargaan dan selalu mengisi kemerdekaan Indonesia. MERDEKA!!!!!!!

Karya yang saya posting disini merupakan karya saya sendiri: ALIT MULATSURI GUSTI DAMARINGRAT, tidak melanggar hak cipta pihak manapun dan diperbolehkan untuk dipublikasikan KASKUS.
Diubah oleh kawula_gusti 20-08-2013 10:27
adolfsbasthian
tata604
4iinch
4iinch dan 3 lainnya memberi reputasi
4
29.6K
125
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan