KASKUS

Selamat Idul Fitri dan Selamat menempati 'rumah' baru

Salam buat semua anggota,
Selamat Idul Fitri Maaf lahir dan Bathin....
Absen dulu Gan di rumah baru.....

Salam,
Espass '95
Quote:Original Posted By gunawanspurs


sip om, sebenarnya AC mobil yg single blower jg bs aja dimodif jd dobel blower, cuma biasanya AC yg ori nya utk setup dobel blower, kekuatan/spek kompresornya lebih kuat, yg efeknya jg lebih berat beban k mesin.

setau ane, spek kompresor NDenso yg dipake di NeoZebra series, beda spek/kode kompresornya beda antara yg single blower vs dobel blower. AFAIK & CMIIW.

mobil klo mesin sehat & setting optimal, anteng2 aja bwt nanjak pake AC, paling suhu mesin naik dikit + mesti pake gigi lebih rendah.

====================================================

Zeby na pada super irit yak ?? jd penasaran apa ZSX ane bisa lebih irit klo diservis k bengkel karbu yg profesional. soalnya settingan dhewe sekarang tenaga & tarikan OK, tp suhu mesin kok relatif rendah ya ? padahal beban extra. karbu jg dipegang dingin + ngembun, ciri2 settingan basah. tp asap knalpot bening + ga pedes + masih ngembun, knsumsi BBM jg wajar. cek busi, kering + merah bata berjelaga hitam sedikit.




wah mantep neh penjelasan nya om gunawan
kalo saya itung2 FC bbm (kebetulan pake pertamax/shell super) kalo ngisi 10L (kadang 10L koma sekian) bisa menempuh jarak 120km an dengan rute kombinasi (macet,tol,tanjakan,turunan,belokan,full ac) kondisi mobil,cuma rutin ganti oli. gak pernah yg nama nya seting karbu atau apa lah itu hehehe
*jadi penasaran kalo seting karbu itu bgimana ya?

oh iya om gunawan, jika berkenan tolong foto interior ZSX nya dong. sedetail-detailnya pake HP juga ndak apa yg penting terang kalo berkenan kirim ke email saya espasssupervan@gmail.com terimakasih om
Selamat Idul Fitri bagi yang merayakannya
dan salam buat agan2 di club zebra kaskus
Sama Laporan juga Daihatse Zebra ane dibawa Jakarta - Puncak - Cianjur - Sukabumi Isi bensin 175rb pp masi bsa dibawa kepejompongan dan kp melayu ms sisa seperempat sama seperti pertama x mau berangkat Mantabz

AC - ternyata ada tempat bagus rapih dan murah recommended sebelum fly over kota casablanca ada nya sebelah kiri....cm 300rb udah dingin single blower abangnya ga neko2 ramah dan mantab...

Aki - ane juga beli di kolong deket jalan saharjo mau nikung ke arah kota casablanca dibawah fly over tuker tambah aki lama ke aki tokcer ampe sekarang cm 150rb

PR ane tgl kaki2 ....tambahan sehari sesudah idul fitri ane tuker tambah sama velg racing ( ori avansa ) R14 sama velg kaleng ane tukar tambah 1,1 juta kemahalan gak yah udah + ban......ane tukar di cideng tanah abang

ooo yah ada recommended bengkel kaki2 plus ac dari temen ane siapa tau ada yang minat daerah lebak bulus jaksel

monggo kang katanya si murah blm jajal
Spoiler for Kaki2 plus AC :


ane tetap masih cari bengel yang sederhana tapi rapih daerah jaksel
mau ke daihatsu fatmawati takut harganya mahal maklum kantong pas
kalau ada usulan untuk bengkel recommended rapih dan murah untuk urus semua zebra saya biar rapih banget saya bersyukur bgt di daerah jakarta selatan
Quote:Original Posted By kokoagape
Selamat Idul Fitri bagi yang merayakannya
dan salam buat agan2 di club zebra kaskus
Sama Laporan juga Daihatse Zebra ane dibawa Jakarta - Puncak - Cianjur - Sukabumi Isi bensin 175rb pp masi bsa dibawa kepejompongan dan kp melayu ms sisa seperempat sama seperti pertama x mau berangkat Mantabz

AC - ternyata ada tempat bagus rapih dan murah recommended sebelum fly over kota casablanca ada nya sebelah kiri....cm 300rb udah dingin single blower abangnya ga neko2 ramah dan mantab...

Aki - ane juga beli di kolong deket jalan saharjo mau nikung ke arah kota casablanca dibawah fly over tuker tambah aki lama ke aki tokcer ampe sekarang cm 150rb

PR ane tgl kaki2 ....tambahan sehari sesudah idul fitri ane tuker tambah sama velg racing ( ori avansa ) R14 sama velg kaleng ane tukar tambah 1,1 juta kemahalan gak yah udah + ban......ane tukar di cideng tanah abang

ooo yah ada recommended bengkel kaki2 plus ac dari temen ane siapa tau ada yang minat daerah lebak bulus jaksel

monggo kang katanya si murah blm jajal
Spoiler for Kaki2 plus AC :


ane tetap masih cari bengel yang sederhana tapi rapih daerah jaksel
mau ke daihatsu fatmawati takut harganya mahal maklum kantong pas
kalau ada usulan untuk bengkel recommended rapih dan murah untuk urus semua zebra saya biar rapih banget saya bersyukur bgt di daerah jakarta selatan


PCD velg zebra ma avanza emang sama ya om? klo iya mantap tuh, bisa ngomporin babeh ganti velg racing
Quote:Original Posted By maxrax


PCD velg zebra ma avanza emang sama ya om? klo iya mantap tuh, bisa ngomporin babeh ganti velg racing


beda gan tp berhubung ane msnewbie ane tanya ke abangnya ...dia blg standartnya utk zebra R13 klo di naikan jadi R14 gpp katanya gitu gan....
ga tau realnya blm dapat info dari yang lebih mengenal zebra

oh yah agan2 senior yang ms aktif ama daihatsu zebranya mau tanya dong kalao turun mesin setengah ongkosnya 500rb karena mau ganti packing2 itu kemahalan nda yah...thank you....PR selanjutnya kaki2 baru di check ternyata shock breakernya udah goyang ga tau dah ni planning mau rapihin semua ga tau abis berapa , nanti tak share disini...bengkel rekomendasikan teman kantor ane ...bengkel biasa di jl menteng jaya klo bagus nanti tak sharing kan disini beserta pricenya
rekan2 D'Zebrakusers, ane pengen sedkit diskusi memperluas wawasan aja.

apa teman2 d sini ada yg pernah/masih mengunakan karbu non standar di Espass na ?

ane tertarik membahas hal ini krn kebetulan baca2 diagram bodi karbu ex mobil lain yg sekelas kapasitasnya (Suzuki Esteem), ternyata karbunya dilengkapi dgn bermacam2 fitur idle up, tidak cuma AC idle up spt di mobil kita. yaitu power steering idle up, dan yg lebih menarik, main headlamp idle up.

hal tsb, terutama headlamp idle up, ane nilai sangat menarik klo bisa digunakan, krn mmg dr pengalaman, menyalakan lampu utama, RPM mesin jadi drop (krn beban memutar dinamo amper yg lebih berat). apalagi klo ditambah ngerem, lngsung ambless.

idle up power steering bisa dikonek ke lampu rem.



venturi karbu Esteem ukuran berapa ya ?

izin gabung

Assalamualaikum ww. ana ucapin salam kenal dulu ama master2 semua, dan sekalian izin gabung, soale ana juga baru beli espass th. 1997 1600 cc, warna silver, ntar pengen nanya2 juga, ok trims
Quote:Original Posted By gunawanspurs
rekan2 D'Zebrakusers, ane pengen sedkit diskusi memperluas wawasan aja.

apa teman2 d sini ada yg pernah/masih mengunakan karbu non standar di Espass na ?

ane tertarik membahas hal ini krn kebetulan baca2 diagram bodi karbu ex mobil lain yg sekelas kapasitasnya (Suzuki Esteem), ternyata karbunya dilengkapi dgn bermacam2 fitur idle up, tidak cuma AC idle up spt di mobil kita. yaitu power steering idle up, dan yg lebih menarik, main headlamp idle up.

hal tsb, terutama headlamp idle up, ane nilai sangat menarik klo bisa digunakan, krn mmg dr pengalaman, menyalakan lampu utama, RPM mesin jadi drop (krn beban memutar dinamo amper yg lebih berat). apalagi klo ditambah ngerem, lngsung ambless.

idle up power steering bisa dikonek ke lampu rem.



venturi karbu Esteem ukuran berapa ya ?


bisa aja om, main di idle up pakai relay. trigernya macem2 seperti headlamp, temp thermoswitch, ac kompresor, dll.

contoh gampangnya dari mesin yg spek nya sama seperti, classy, charade, feroza, taruna karbu.

kondisi dizebra/espass terlalu simpel. mungkin perlu beberapa jalur baru untuk konek ke beberapa relay.

kalo untuk power steering biasanya ada semacam sensor/triger jadi saat stir dari lurus dibelokan berapa derajat baru idle up aktif.

untuk thermoswitch bila mobil menggunakan visco clutch fan di kipas radiatornya, saat mesin dalam keadaan panas yg lebih, thermoswitch mentriger idleup supaya rpm naik dan putaran water pump dan kipas akan berputar cepat untuk menurunkan suhu mesin.

kalo untuk rem sepertinya hubungannya sama ke vakuman throtle, kondisi pengereman throtle valve harus ketutup penuh, disitu kevakuman maksimal. kalo ditambah idleup nanti kevakuman tidak maksimal. pada saat deakslerasi supaya rpm tidak drop itu dijaga oleh timming pengapian yg dimainkan vacum delco dan supaya tidak terjadi pembakaran rich yg akibatnya nembak diknalpot, contoh saat jalan menurun. tapi kalo saat ngerem mesin tiba2 mati itu kaitan sama booster rem, mungkin membran bocor. jadi ada 2 fungsi vacum delco yaitu akslerasi dan deakslerasi.

untuk dinamo amper ane rasa tidak ada beban putar. karena kalo fan belt dilepas trus pulley dinamo amper diputar itu ringan sekali. beda dengan kompresor ac yg harus mompa freon supaya berputar.

kembali ke idleup, rata2 tiap mobil menggunakan 1 vacum idleup dikarbu dan ada yg lebih dari 1 selenoid/switch idleup kalo tempat selang vacumnya ada. tapi cara gampangnya untuk zebra/espass mendingan main di relay untuk triger ke selenoid idleupnya. yg penting menggunakan kabel ukuran sesuai dan dibungkus dan skun kualitas bagus untuk mrncegah koslet.

semoga membantu
Quote:Original Posted By ciaim
Assalamualaikum ww. ana ucapin salam kenal dulu ama master2 semua, dan sekalian izin gabung, soale ana juga baru beli espass th. 1997 1600 cc, warna silver, ntar pengen nanya2 juga, ok trims


salam kenal met gabung, espassnya supervan ya gan...
Quote:Original Posted By ciaim
Assalamualaikum ww. ana ucapin salam kenal dulu ama master2 semua, dan sekalian izin gabung, soale ana juga baru beli espass th. 1997 1600 cc, warna silver, ntar pengen nanya2 juga, ok trims


waalaikum salam,
salam kenal juga gan. ane numpang cari ilmu.rencana mau bungkus nih zeby,persis kayak punya agan di atas. dapet harga berapa gan ? baca2 dari depan katanya banyak yang overheating ya ? punya agan gmn ?

maaf lahir batin para suhu dan master,

Quote:Original Posted By maxrax


PCD velg zebra ma avanza emang sama ya om? klo iya mantap tuh, bisa ngomporin babeh ganti velg racing


beda Mas,
PCD Espass itu 4x110, kadang bisa diakalin pakai peugeot punya (4x108) tapi kudu berani bengkokin dikit bautnya,
PCD Avanza / Xenia 4x114,3

Quote:Original Posted By anjingkurapan
gan ada yang pake espass?ehm ane baru punya espass ne di kasih bokap,ane kurang reti neh seluk beluk neh mobil.agan agan ada yg tau?
punya ane malah lum ada AC nya panas banget klu siang, enakan di kasih AC merk apa yah?
di tunggu bantuannya he.....
thx


ini gan kalau yang lagi cari rangkuman dari page 1 sampe 130
ane taruh page 1 biar gampang

Spoiler for rangkuman page 1 sampe 130:


thx buat agan trio020 yang udah pm ane


link rangkumannya kok direct ke images "begituan" ya ?
Quote:Original Posted By harun.hm


waalaikum salam,
salam kenal juga gan. ane numpang cari ilmu.rencana mau bungkus nih zeby,persis kayak punya agan di atas. dapet harga berapa gan ? baca2 dari depan katanya banyak yang overheating ya ? punya agan gmn ?

maaf lahir batin para suhu dan master,



Quote:Original Posted By harun.hm


link rangkumannya kok direct ke images "begituan" ya ?


coba mampir ke thread sebelumnya gan...
maaf lahir batin para suhu
Sebelumnya, Mohon Maaf Lahir Bathin ya agan" Zebrakuser...
trit terbaik untuk beberapa kali permasalahan espy ane disini

pulang mudik dapet masalah baru neh espy, jadi mau masukan dari master zebra...
1. tutup bensin lepas dan pengait kunci yg di dalem entah kemana jatohnya, kalo beli dimana ya, udah muter" toko spare part daihatsu pada ga ada barang (kosong) kisaran berapaan ya gan?

2. karet kaca depan ada ngelupas dikit, nah mau ganti karet kira" kena berapa?
3. pintu sliding ka-ki bikin musik sendiri saat start apalagi jalan

makasih buat temen" yang kasihi masukan sebelumnya, terakhir solusi ganti pencetan klakson dapet juga ditebus diangka 120rb ori...

Mudik Report

Ikutan mudik report ah...
Pulang mudik lembang-jatiwangi-kuningan, berangkat habis shalat id jam 10-an
Kondisi mobil : tune up, ganti oli dan ganti shock breaker plus udah dimandiin biar keliatan kinclong
rute : jalur tengah lembang-subang-cikamurang-kadipaten-jatiwangi-kuningan (pengalaman tahun lalu lewat rute sumedang tanjung sari macet dari mulai terminal cicaheum ampe terminal tomo, nyampe lokasi 12 jam )
perjalanan:
pergi : Lancar jaya lembang-jatiwangi 3.5 jam, jatiwangi-kuningan 2 jam
pulang : hari sabtu pagi, kuningan-jatiwangi-subang kota lancar jaya, subang menuju lembang seblum jalan cagak-tangkuban perahu, padat merayap (wisata ciater dan tangkuban perahu penuh) jalan cagak - lembang hampir 6 jam .
Kondisi mobil selama perjalanan Alhamdulillah lancar ga ada masalah, pas pulang arah lembang menuju tangkuban perahu rada macet, ternyata ada terano mogok, radiatornya ampe ngebul.shockbreaker lebih enak, cuman gruduk-gruduk masih, PR mesti cari tukang pijat kaki-kaki yang berpengalaman nih.
konsumsi bbm belum di itung ...
Sekalian dulu report ane sorry kalau kepanjangan.
Quote:Original Posted By ghotekku
Sebelumnya, Mohon Maaf Lahir Bathin ya agan" Zebrakuser...
trit terbaik untuk beberapa kali permasalahan espy ane disini

pulang mudik dapet masalah baru neh espy, jadi mau masukan dari master zebra...
1. tutup bensin lepas dan pengait kunci yg di dalem entah kemana jatohnya, kalo beli dimana ya, udah muter" toko spare part daihatsu pada ga ada barang (kosong) kisaran berapaan ya gan?

2. karet kaca depan ada ngelupas dikit, nah mau ganti karet kira" kena berapa?
3. pintu sliding ka-ki bikin musik sendiri saat start apalagi jalan

makasih buat temen" yang kasihi masukan sebelumnya, terakhir solusi ganti pencetan klakson dapet juga ditebus diangka 120rb ori...


sama2 mohon maaf lahit bathin, tutup bensin kalo gak salah gak nyampe 50rb sebelum bbm naik, karet kaca depan 90rb kw yg ori brand daihatsu agak susah nyarinya.

pintu sliding perlu cek lagi masalah di karet balon udah gak rapet atau dari bearing relnya.

posisi dimana gan? ane biasa nyari di muzatek sawah besar/asem reges. tapi diatrium senen jg banyak.
Quote:Original Posted By 77diki
Ikutan mudik report ah...
Pulang mudik lembang-jatiwangi-kuningan, berangkat habis shalat id jam 10-an
Kondisi mobil : tune up, ganti oli dan ganti shock breaker plus udah dimandiin biar keliatan kinclong
rute : jalur tengah lembang-subang-cikamurang-kadipaten-jatiwangi-kuningan (pengalaman tahun lalu lewat rute sumedang tanjung sari macet dari mulai terminal cicaheum ampe terminal tomo, nyampe lokasi 12 jam )
perjalanan:
pergi : Lancar jaya lembang-jatiwangi 3.5 jam, jatiwangi-kuningan 2 jam
pulang : hari sabtu pagi, kuningan-jatiwangi-subang kota lancar jaya, subang menuju lembang seblum jalan cagak-tangkuban perahu, padat merayap (wisata ciater dan tangkuban perahu penuh) jalan cagak - lembang hampir 6 jam .
Kondisi mobil selama perjalanan Alhamdulillah lancar ga ada masalah, pas pulang arah lembang menuju tangkuban perahu rada macet, ternyata ada terano mogok, radiatornya ampe ngebul.shockbreaker lebih enak, cuman gruduk-gruduk masih, PR mesti cari tukang pijat kaki-kaki yang berpengalaman nih.
konsumsi bbm belum di itung ...
Sekalian dulu report ane sorry kalau kepanjangan.


sama2 kang diki mohon maaf lahir bathin.

ane jg selama perjalanan alhamdulillah lancar, ketemu mobil mewah sekelas cemri di tanjakan gentong buka kap mesin sambil ngebul, trus di cagak nagrek apansa pelos sama susu si R3 lagi pasang katrol dimobil derek. yaa semua masalah perawatan dan kusirnya.

kalo serpis kaki2 emang gak boleh nanggung2. kudu di cek semua dari tie rod, baljoin, busing arm, sok breker sampe suport shocknya kudu rapet lagi.
Quote:Original Posted By boypenjelajah


sama2 kang diki mohon maaf lahir bathin.

ane jg selama perjalanan alhamdulillah lancar, ketemu mobil mewah sekelas cemri di tanjakan gentong buka kap mesin sambil ngebul, trus di cagak nagrek apansa pelos sama susu si R3 lagi pasang katrol dimobil derek. yaa semua masalah perawatan dan kusirnya.

kalo serpis kaki2 emang gak boleh nanggung2. kudu di cek semua dari tie rod, baljoin, busing arm, sok breker sampe suport shocknya kudu rapet lagi.


Ikut nimbrung ah... met lebaran semuah

setelah mudik kaki2 sepertinya bermasalah..., mulai dari gluduk2 yang nambah kenceng, ditambah kalau jalan geal geol n mantul2 (kayak ban kempes sebelah), tapi tekanan ban ok semua, body juga miring sebelah (sebelah kanan), kira2 masalahnya apa ya ?
Quote:Original Posted By boypenjelajah


sama2 mohon maaf lahit bathin, tutup bensin kalo gak salah gak nyampe 50rb sebelum bbm naik, karet kaca depan 90rb kw yg ori brand daihatsu agak susah nyarinya.

pintu sliding perlu cek lagi masalah di karet balon udah gak rapet atau dari bearing relnya.

posisi dimana gan? ane biasa nyari di muzatek sawah besar/asem reges. tapi diatrium senen jg banyak.


makasih om penjelajah, wah sy masih kurang paham wilayah itu, meski harga parts nya murah, lokasi saya di bekasi om tutupnya sih ada tapi patah, nah yang ilang/copot pengait yang dari dalem

karet juga murah, jangan" biaya bongkar pasang kaca depan yg mahal maklum duitnya dah tiris buat lebaran
go go
×