Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aconymousAvatar border
TS
aconymous
Awas! Hentikan Kebiasaan Ini Demi Kesehatan Sperma Anda
Cocok bagi Anda pasangan yang sudah menikah dan ingin memiliki anak, pastinya butuh sperma dan sel telur yang subur dong. Nah, sayangnya banyak cowok yang nggak sadar kegiatan yang dia lakukan sehari-hari bisa saja membahayakan spermanya. Sebab kalau sperma sudah tidak sehat, bisa menyebabkan infertilitas atau kemandulan.



Seperti dikutip laman Indiatimes, sperma dianggap subur kalau sehat dan gesit gerakannya. Untuk kesehatan sperma, dinilai dari jumlah sperma, motilitas atau gerakannya, morfologi atau bentuk dan struktur sperma, dan volume total ejakulasi.

Cowok sehat akan memproduksi 70-150 juta sperma per hari. Sperma ini terdapat dalam air mani dengan rata-rata volume air mani normal yang dihasilkan pada ejakulasi adalah 2-5 ml (setengah sampai 1 sendok makan ukuran Inggris).
Hal ini dipengaruhi oleh gaya hidup si cowok. “Gaya hidup Anda adalah kunci. Jika lingkungan kerja Anda sangat panas atau jika Anda terkena racun, seperti di sebuah pabrik kimia, dapat menyebabkan penurunan jumlah sperma Anda,” kata Ginekolog dan Spesialis Infertilitas dari Lilavati Hospital Dr Hrishikesh Pai.
Dia juga memberi contoh kegiatan lain yang menurutnya bisa menurunkan atau merusak kualitas sperma di antaranya mandi uap, sauna, hingga menghabiskan waktu lebih dari 30 menit dalam baik air bersuhu 40 derajat celsius atau lebih. Berarti dari contoh tadi, bisa ditarik kesimpulan kalau sperma tidak tahan terhadap suhu yang hangat hingga panas.

Hal ini didukung oleh seorang pakar seks Dr Mahinder Watsa. Dia menyarankan para cowok agar tidak bersepeda terlalu lama karena bisa menaikkan suhu skrotum (kantung pembungkus testis) dan mempengaruhi produksi sperma. “Sering berhenti untuk istirahat saat bersepeda, agar skrotum beberapa derajat lebih rendah dari suhu tubuh, itu lebih baik,” kata Mahinder. Selain itu, dia juga melarang penggunaan celana ketat pada pria. “Ganti pakaian ketat dengan celana boxer, sebab boxer membuat lebih banyak udara mengalir ke skrotum,” katanya.


Nah, ada satu lagi nih yang penting dan mungkin nggak pernah disangka yakni memangku laptop di paha kamu. Untuk cowok-cowok, mulai sekarang dan seterusnya, jangan memangku laptop kamu di paha ya? tujuannya supaya suhu panas dari laptop tidak merusak kualitas sperma kamu. Tapi yang sudah terlanjur dan menjadi kebiasaan, baiknya melakukan uji analisis air mani di laboratorium Tujuannya, agar gaya hidup tertentu yang memperburuk kualitas sperma bisa diubah sehingga sperma kamu bisa sehat dan subur. Untuk itu, biasakan pola hidup sehat dari sekarang.

Sebab, ada faktor lain yang mempengaruhi kesuburan sperma salah satunya adalah mengonsumsi makanan sehat yang bisa membuat sperma kamu perkasa. Salah satu unsur yang bagus untuk kesehatan sperma adalah zat seng alias Zinc.
Zat ini terkandung dalam buah pisang, tiram, dan kacang almond. Banyak mengonsumsi ketiga makanan tadi bisa membantu sintesis testosteron dan meningkatkan jumlah sperma, motilitas, dan volume. Selain itu, ahli gizi juga menambahkan makanan dengan kadar vitamin A tinggi (wortel, susu, keju, telur), vitamin C (jeruk, stroberi, brokoli) dan vitamin E (kacang tanah, bayam, kacang almond, hazelnut) juga dapat mengoptimalkan kesehatan sperma. Selain itu, ada pula unsur Selenium yang banyak terdapat pada makanan seperti bawang putih, kemudian Lycopene pada makanan seperti tomat dan semangka.
Makanan tadi membantu mencegah kerusakan oksidatif pada sperma. So, hidup sehat dari sekarang ya!

(sumber)
Diubah oleh aconymous 08-08-2013 11:32
0
4.8K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan