Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Kasus Keluarga Sodder, Misteri Hilangnya 5 Anggota Keluarga Sodder
Hari Natal setiap tahunnya di seluruh dunia identik dengan kegembiraan dan penuh syukur, namun hal ini tidak berlaku untuk orang orang di Fayetteville, Virginia Barat pada tahun 1945. Saat itu di malam sebelum Natal para warga dikejutkan oleh terbakarnya rumah seorang pengusaha batu bara. Sebagian besar anggota keluarga itu selamat, namun 5 orang diantara keluarga itu menghilang.

Penyelidikan yang saat itu dilakukan pun tidak menemui titik terang, 5 orang tersebut tidak ditemukan dalam puing-puing rumah baik dalam keadaan masih hidup ataupun telah tewas

Kasus Keluarga Sodder, Misteri Hilangnya 5 Anggota Keluarga Sodder

Adalah keluarga Sodder yang mengalami musibah saat itu.

Keluarga Sodder beranggotakan 12 orang, yaitu George Sodder (50) seorang imigran asal Italia yang menjalankan bisnis di bidang batubara dan istrinya Jeannie Sodder dan 10 anak mereka.

Anak tertua mereka telah masuk di militer, jadi di rumah tinggal 9 anak lainnya, yaitu John (23) George jr. (16) Marian (17) Maurice (14) Martha Lee (12) Louis (10) Jennie (8) Betty (6) dan Sylvia (2)

Tragedi

Pada malam itu, keluarga Sodder sedang menunggu datangnya hari natal esok hari, Marian memberikan mainan baru untuk adik adiknya, dimana Martha, Jennie, Betty, Maurice dan Louis asik bermain hingga pukul 10 malam, ketika itu ibu mereka menyuruh mereka untuk pergi tidur.

Sedangkan George, John dan George jr. telah beristirahat terlebih dahulu karena kelelahan setelah bekerja seharian di bisnis sang ayah. Setelah mereka semua pergi tidur, Jeannie mengunci seluruh rumah dan membawa Sylvia untuk tidur bersamanya, di sebagian malam itulah tragedi itu terjadi.

Kasus Keluarga Sodder, Misteri Hilangnya 5 Anggota Keluarga Sodder
Jeannie dan George Sodder

Pada tengah malam Jeannie terbangun setelah mendengar telepon yang berdering dari kantor george di lantai bawah, setelah diterima ternyata hanyalah seorang wanita yang salah sambung dan Jeannie kembali ke kamarnya untuk tidur, di keterangan selanjutnya Jeannie mengatakan wanita itu tertawa dengan cara yang aneh.

30 menit kemudian Jeannie kembali terbangun, kali ini dia mendengar sesuatu seperti membentur atap rumahnya dan memantul mantul, namun karena hanya mendengarnya sebentar Jeannie kembali tidur.

Setengah jam kemudian, Jeannie terbangun lagi dan kali ini benar benar membuatnya kaget, dia melihat asap ada di dalam kamarnya, dia merasa pasti ada yang terbakar di dalam rumahnya. Setelah melihat keseluruh rumah diketahui sumber api berasal dari ruang kerja George.

Jeannie yang panik mulai berteriak dan membangunkan George dan Marian, Marian kemudian diminta membawa Sylvia yang berada dikamar atas untuk dibawa keluar. Setelah itu Jeannie dan George menuju kamar anak-anak yang lain untuk membangunkan mereka. Namun hanya John dan George jr. yang terbangun. Setelah itu Jeannie dan Marian yang telah berada diluar rumah segera meminta tolong ke warga sekitar. Sementara George bersama kedua putranya mencari cara kembali masuk ke rumah yang telah dilalap api.

George yang saat itu nekat untuk kembali kedalam rumah ternyata gagal mencapai lantai 2 dimana kamar anaknya yang lain berada dikarenakan tangga penghubung saat itu penuh dengan api dan George berpikir bahwa tangga yang tidak dapat dilewati itulah yang membuat putra putrinya keluar rumah.

George kemudian mencari cara lain mencapai kamar dilantai 2 itu, dia memanjat tembok di sebelah rumah dan memecahkan kaca kamar tapi dia tidak melihat seorang pun di kamar itu. Mereka kemudian menjalankan truk untuk mempermudah masuk ke kamar melalui jendela yang telah dipecahkan tadi, namun truk tersebut tidak juga mau dinyalakan, mungkin akibat cuaca yang saat itu terlalu dingin. (bulan Desember merupakan musim dingin)

Marian yang saat itu meminta pertolongan, menuju rumah salah satu warga dan mencoba menelepon pemadam kebakaran Fayetteville, namun tidak ada jawaban. Lepas dari jam 1 dini hari, salah seorang tetangga pergi ke tempat pemadam kebakaran, namun sialnya adalah para petugas tidak ada disana.

F.J Morris, kepala pemadam kebakaran mengatakan bahwa dia kekurangan petugas karena Perang Dunia 2 dan petugas yang masih ada sedang berada di rumah untuk merayakan Natal esok hari.

Dengan tidak adanya bantuan dari pemadam kebakaran, tentu saja membuat rumah keluarga Sodder tidak tertolong lagi.

Pagi harinya George, George jr. dan John harus menjalani perawatan karena luka bakar yang mereka derita. Di lokasi kejadian para tetangga dan petugas pemadam kebakaran yang datang pukul 8 pagi langsung melakukan penyisiran dan pembersihan rumah itu untuk mencari 5 anggota keluarga Sodder yang di yakini berada di dalam rumah saat kebakaran terjadi.

Jam 10 pagi, kepala pemadam kebakaran melaporkan bahwa tidak ditemukan adanya tanda tanda korban (mayat, tulang dan organ lainnya) di TKP yang masih dapat diidentifikasi.

Kasus Keluarga Sodder, Misteri Hilangnya 5 Anggota Keluarga Sodder

Penyelidikan Setelah Tragedi

Beberapa kejanggalan setelah insiden mulai terkuak, mulai dari tidak ada tanda tanda mayat yang ditemukan di TKP hingga perkiraan bahwa kebakaran tersebut adalah rencana satu pihak untuk tujuan tertentu.

The Smithsonian Institution, yang dalam laporannya mengatakan "dalam kebakaran seperti itu seharusnya masih dapat ditemukan 5 tulang belulang atau paling tidak 4"

The Smithsonian juga turut membantu penyelidikan ini hingga 1949, saat itu dilakukan kembali penggalian di area rumah keluarga Sodder dan ditemukan sebuah tulang belakang, tapi ketika diteliti ternyata tulang tersebut bukanlah tulang anak-anak, tapi seorang dengan usia 19 - 22 tahun. Yang akhirnya diketahui bahwa tulang tersebut berasal dari sebuah pemakaman di Mount Hope, tapi siapa dan untuk tujuan apa tulang itu diletakkan disana tidak ada yang tahu.

Mengenai dugaan pemicu kebakaran, penyidik awalnya menyatakan berasal dari konsleting kabel kabel yang sudah tua, namun George Sodder segera membantahnya, karena dia belum lama merenovasi rumah dan membetulkan jalur jalur kabel tersebut. Laporan dari saksi saksi juga menegaskan bahwa tidak terjadi konsleting, karena pada saat rumah terbakar para warga yang datang membantu masih melihat lampu hias Natal dan lampu lantai 1 masih menyala.

Petugas telepon yang datang ke lokasi melaporkan bahwa kabel telepon rumah itu tidak terbakar, namun dipotong secara sengaja, dan titik potong kabel tersebut kurang lebih 4,2 m dari permukaan tanah. Jika melihat dari keterangan Jeannie diatas,maka dipastikan telepon diputus lewat tengah malam karena sebelumnya Jeannie terbangun oleh telepon yang salah sambung.

Lalu apa yang memicu kebakaran ? Jika konsleting bukan biang keladinya, maka ada sesuatu yang lain. Dari laporan supir bus malam Fayetteville - Charleston, dia melihat sesuatu yang terbakar lewat tengah malam dan menabrak atap rumah keluarga Sodder. Ini menjelaskan suara yang didengar Jeannie saat ia terbangun untuk kedua kalinya. Tapi apa itu belum diketahui pasti hingga 3 bulan setelah kejadian, Sylvia menemukan sebuah objek berwarna hijau tua, terbuat dari karet keras (seperti bola basket). Yang kemudian benda tersebut diyakini sebagai bom (molotov). Tapi lagi lagi siapa dan darimana benda tersebut dilemparkan tidak diketahui.Ini satu dari 2 misteri besar dalam kasus ini.

Pada tahun 1950, FBI mulai menutup kasus ini karena tidak juga mendapatkan jalan keluar dan tidak ada pembuktian yang mengarah pada kemungkinan kriminal satu pihak. Namun polisi setempat dan beberapa detektif swasta masih mencoba memecahkah kasus ini.

C.C. Tinsley, seorang detektif swasta dari Guley Brigde yang disewa oleh keluarga Sodder mengambil kesimpulan bahwa anak-anak itu diculik sebelum terjadinya kebakaran, Tinsley juga mengatakan kemungkinan pelakunya adalah seseorang yang pernah datang ke Fayetteville dan menawarkan untuk membeli asuransi darinya, namun tidak ada seorang pun warga Fayetteville yang menerima tawaran itu. Tinsley juga beragumentasi dengan menyatakan saat akan meninggalkan Fayetteville dia mengancam akan membakar dan menghancurkan kehidupan mereka. Tapi Tinsley tidak mengetahui identitas orang tersebut.

Kasus Keluarga Sodder, Misteri Hilangnya 5 Anggota Keluarga Sodder
Foto misterius yang diduga adalah Louis Sodder saat dewasa

20 tahun setelah tragedi, keluarga Sodder yang tersisa menerima sebuah surat yang didalamnya terdapat sebuah foto yang mirip dengan Louis Sodder. Dibelakang foto itu terdapat tulisan "Louis Sodder, i love brother Frankie, ilil boys A90132 or 35" siapakah yang dimaksud Frankie ? Siapa pula yang mengirim foto ini sama misteriusnya, tak ada alamat pengirim dan ini menjadi sebuah jalan buntu lagi untuk memecahkan kasus ini.

Keluarga Sodder membuka sebuah penawaran kepada siapapun sebesar 10.000 dolar untuk menemukan anak-anak mereka. George Sodder meninggal pada tahun 1969 dan Jeannie Sodder pada 1980.

Sedikit penjelasan dan hipotesa saya tentang kasus ini.

Keluarga Sodder semuanya terlelap tidur sebelum tengah malam karena tengah malam itu saat Jeannie terbangun dari tidur untuk menerima telepon yang salah sambung. Setelah itu Jeannie kembali tidur hingga 30 menit kemudian dia mendengar suara dari atap yang kemungkinan besar adalah bom/objek yang dilemparkan untuk menyulut kebakaran, jika dilihat disini, rentang waktu jeannie tidur kembali dan mendengar suara diatap hanya 30 menit. Jadi orang / beberapa orang yang diperkirakan "menculik" anak-anak keluarga itu hanya mempunyai waktu kurang dari 30 menit.

Disinilah juga sebuah pertanyaan besar, kamar anak-anak itu berada dilantai 2, jika menculik mereka bukankah sesuatu yang sangat sulit dilakukan tanpa diketahui anggota keluarga yang lain. Anak-anak itu juga pasti akan berteriak atau berontak, tapi kenapa tidak ada seorangpun anggota keluarga lain yang mendengar ?

Sebuah rumor yang muncul kepermukaan menyebutkan bahwa beberapa waktu sebelum tragedi, George Sodder sempat berselisih dan bermasalah dengan mafia Italia yang bekerjasama dengan George sebelumnya, dan juga indikasi keterlibatan orang yang menjual asuransi itu.

Jika Mafia itu yang melakukan, penculikan ini dapat dilakukan dengan lebih mulus, karena orang orang mafia / bayaran paling tidak telah terlatih dan ahli dalam hal seperti ini dan dengan menggunakan obat bius untuk menidurkan anak-anak itu maka kejahatan ini dapat dikerjakan.

1 hal yang pasti anak-anak itu diculik, tapi dibawa kemana itu misteri kunci dalam kasus ini. Beberapa laporan yang didapatkan memberikan sebuah petunjuk, anak-anak yang mirip dengan anak-anak itu terlihat di Charleston beberapa hari setelah insiden bersama seorang pemuda yang berbicara bahasa Italia. Hal ini juga diperkuat oleh kesaksian dari operator motel Halfway Fayetteville - Charleston yang melihat anak-anak itu pada pagi hari setelah kejadian.

Kemungkinan bahwa anak-anak itu dijual kepada keluarga lain atau mungkin dipekerjakan di suatu tempat adalah besar.

Kasus Keluarga Sodder, Misteri Hilangnya 5 Anggota Keluarga Sodder
Keadaan rumah keluarga Sodder sekarang ini setelah dibangun kembali.

Tapi ketika waktu terus berjalan hingga tiba waktunya mereka telah dewasa, mengapa tidak ada satupun yang mencoba datang kembali ke Fayetteville dan mencari keluarga Sodder yang tersisa ? Apakah mereka lupa akan keluarga yang sebenarnya ? Apakah mereka berada di luar Amerika hingga tak tahu jalan pulang ? Ataukah mereka telah meninggal terlebih dahulu ? Tidak ada yang tahu jawabannya kecuali 5 orang itu sendiri.

"Orang tua kita berharap suatu hari nanti usaha mereka akan membawa resolusi, bahkan jika itu datang setelah masa hidup mereka" itulah yang dikatakan oleh Sylvia Sodder ketika dia menginjak usia ke-64

Referensi:
  • http://associatedcontent.com/article/458853/mystery_haunts_fayetteville_west_virginia.html
  • http://npr.org/templates/story/story.php?storyId=5067563
  • http://register-herald.com/local/x519073643/Where-are-the-children
  • http://websleuths.com/forums/showthread.php?t=144117
  • http://blogs.smithsonianmag.com/history/2012/12/the-children-who-went-up-in-smoke/

sumber
Diubah oleh dragonroar 08-08-2013 15:12
nona212
nona212 memberi reputasi
1
9.6K
12
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan