Quote:Original Posted By merkapa
maafkan untuk pertanyaan oon ini

menurut agan2 4 rem cakram non ABS (seperti ANC) atau 4 rem cakran plus ABS (Sportage LX) apa lebih baik dr 2 disc brake plus ABS,EBD dan BA +2 tromol di ANGL(grand livina)?

thx agan2 sekalian


paling minimal ventilated disc brake roda depan + ABS & drum trailing roda belakang.

yang pake ABS - EBD - BA itu kebanyakan di mobil yang 4 rodanya pake disc brake. roda depan ventilated & diameter rotor cakram lebih gede dibanding roda belakang (rotor cakram roda belakang kebanyakan solid non ventilated buat mobil non performance oriented).

FYI, rem cakram paling buluk ada di xenia kembar 1.0 & 1.3 karena pakek rotor solid non ventilated kaya mobil era 70-80an kalah sama carry futura yang kopongan tapi pake ventilated rotor disc brake
-----dobleh-----
Quote:Original Posted By CaptainSlow


paling minimal ventilated disc brake roda depan + ABS & drum trailing roda belakang.

yang pake ABS - EBD - BA itu kebanyakan di mobil yang 4 rodanya pake disc brake. roda depan ventilated & diameter rotor cakram lebih gede dibanding roda belakang (rotor cakram roda belakang kebanyakan solid non ventilated buat mobil non performance oriented).

FYI, rem cakram paling buluk ada di xenia kembar 1.0 & 1.3 karena pakek rotor solid non ventilated kaya mobil era 70-80an kalah sama carry futura yang kopongan tapi pake ventilated rotor disc brake


jadi kalo Carens baru make 4 disc brake itu apa udah setara ama ANGL untuk keamanannya? thx

atau malah lebih ama yg make 4 disc brake aja non abs ?

Quote:Original Posted By merkapa


jadi kalo Carens baru make 4 disc brake itu apa udah setara ama ANGL untuk keamanannya? thx

atau malah lebih ama yg make 4 disc brake aja non abs ?



beda fungsi
rem cakram itu untuk jarak pengereman
ABS itu fungsinya buat kontrol selama pengereman
EBD + BA itu buat bantu kedua fungsi

kalau harus milih si buat mobil daily gw mendingan 2 rem cakram + 2 rem drum dengan ABS dkk, drpd 4 cakram tp non ABS
siang gan, numpang nanya dong, rencana mw beli mobil second gan dengan budget 60 juta kalau bisa itu sudaha siap pakai, faktor yang dipertimbangkan kurang lebih:
1. nyaman dikendarai
2. irit atau tidak relatif gan
3. biaya service tidak bikin kantong bolong

kira-kira apa yang bisa direkomendasikan, terima kasih agan
Quote:Original Posted By CaptainSlow


paling minimal ventilated disc brake roda depan + ABS & drum trailing roda belakang.

yang pake ABS - EBD - BA itu kebanyakan di mobil yang 4 rodanya pake disc brake. roda depan ventilated & diameter rotor cakram lebih gede dibanding roda belakang (rotor cakram roda belakang kebanyakan solid non ventilated buat mobil non performance oriented).

FYI, rem cakram paling buluk ada di xenia kembar 1.0 & 1.3 karena pakek rotor solid non ventilated kaya mobil era 70-80an kalah sama carry futura yang kopongan tapi pake ventilated rotor disc brake


masa xenia blom ventilated bro cakramnya
Quote:Original Posted By CaptainSlow


paling minimal ventilated disc brake roda depan + ABS & drum trailing roda belakang.

yang pake ABS - EBD - BA itu kebanyakan di mobil yang 4 rodanya pake disc brake. roda depan ventilated & diameter rotor cakram lebih gede dibanding roda belakang (rotor cakram roda belakang kebanyakan solid non ventilated buat mobil non performance oriented).

FYI, rem cakram paling buluk ada di xenia kembar 1.0 & 1.3 karena pakek rotor solid non ventilated kaya mobil era 70-80an kalah sama carry futura yang kopongan tapi pake ventilated rotor disc brake


Taunya ventilated atau engga itu drmn sih? Bentuknya? Yg solid itu yg cuma piringan besi gt? Yg ventilated yg ada rongga ditengah2nya bukan?

Klo iya, brarti all new avanza jg msh pake solid donk?
Quote:Original Posted By merkapa


ane rasa kalo irit ya masih menang luxio atau apv, namun kalo muat full rasanya sama



oo
begitu gan
makasih ya gan atas sarannya
Quote:Original Posted By Krisstianto


oo
begitu gan
makasih ya gan atas sarannya


sama2 nanti di tes drive dulu gan ketiganya ajak keluarga juga jadi bisa ambil keputusan maklum bukan duit dikit dan makenya untuk jangka lama khan (lebih dr setaon)

Quote:Original Posted By CaptainSlow

paling minimal ventilated disc brake roda depan + ABS & drum trailing roda belakang.

yang pake ABS - EBD - BA itu kebanyakan di mobil yang 4 rodanya pake disc brake. roda depan ventilated & diameter rotor cakram lebih gede dibanding roda belakang (rotor cakram roda belakang kebanyakan solid non ventilated buat mobil non performance oriented).

FYI, rem cakram paling buluk ada di xenia kembar 1.0 & 1.3 karena pakek rotor solid non ventilated kaya mobil era 70-80an kalah sama carry futura yang kopongan tapi pake ventilated rotor disc brake


setuju om, dulu pertama dapat unit avanza gen 1 setelah 6 bulan inden di garasi paman ane waktu liat" rem cakramnya bulukan, kae mobil sedan jadoel yang mulai mengaplikasikan rem cakram.

emang kalah ama carry 1.0 mobil sejuta umat suzuki yang dipake buat nguli cari makan saja sudah cakram ventilasi

kalau bisa dapat mobil dengan sistem rem ABS EBD lebih baik walau rem belakang tromol. daripada rem cakram semua tapi ga ada ABS EBD. soalnya beda injekan antara mobil yang 4 rem cakram dengan 2 rem cakram.

Quote:Original Posted By deepoceanblue


beda fungsi
rem cakram itu untuk jarak pengereman
ABS itu fungsinya buat kontrol selama pengereman
EBD + BA itu buat bantu kedua fungsi

kalau harus milih si buat mobil daily gw mendingan 2 rem cakram + 2 rem drum dengan ABS dkk, drpd 4 cakram tp non ABS

biasa untuk mobil niaga rata-rata cakram depan dan belakang tromol. lebih mumpuni karena tujuannya bukan ngejar speed IMHO

Quote:Original Posted By satria 120s

Taunya ventilated atau engga itu drmn sih? Bentuknya? Yg solid itu yg cuma piringan besi gt? Yg ventilated yg ada rongga ditengah2nya bukan?

Klo iya, brarti all new avanza jg msh pake solid donk?

yup begitu gan.

di bagian tengah ada celah untuk pembuangan panas. kalau mau yang lebih wah biasanya beli piringan rem untuk yang performance. selain tengahnya ada celah, di piringannya pun ada lubang" seperti rem cakram motor.

all new avanza sekarang ane kurang perhatikan, kalau tidak salah yang mesin 1.5 sudah ventilated. yang 1.3 masih solid. untuk avanza 1.5 yg dulu sih walau sudah ABS tapi rem cakram masih solid. CMIIW....
Quote:Original Posted By satria 120s


Taunya ventilated atau engga itu drmn sih? Bentuknya? Yg solid itu yg cuma piringan besi gt? Yg ventilated yg ada rongga ditengah2nya bukan?

Klo iya, brarti all new avanza jg msh pake solid donk?


yup... ventilated rotor itu yg berongga di tengah piringan rotor.. fungsinya buat cepet ngelepas panas sewaktu mobil ngerem.


ada lagi yang namanya ventilated + drilled rotor disc, sesuai namanya di sisi cakram itu berlubang, fungsinya tetep sama buat ngelepas panas sewaktu mobil ngerem... banyak dipake di mobil high performance.

kalo di motor atau skuter itu solid drilled rotor disc.

and yes... sekali lagi gue ketik kalo xenia kembar 1.0 & 1.3 pake solid single disc brake di roda depan.
Quote:Original Posted By CaptainSlow


paling minimal ventilated disc brake roda depan + ABS & drum trailing roda belakang.

yang pake ABS - EBD - BA itu kebanyakan di mobil yang 4 rodanya pake disc brake. roda depan ventilated & diameter rotor cakram lebih gede dibanding roda belakang (rotor cakram roda belakang kebanyakan solid non ventilated buat mobil non performance oriented).

FYI, rem cakram paling buluk ada di xenia kembar 1.0 & 1.3 karena pakek rotor solid non ventilated kaya mobil era 70-80an kalah sama carry futura yang kopongan tapi pake ventilated rotor disc brake


Quote:Original Posted By CaptainSlow


yup... ventilated rotor itu yg berongga di tengah piringan rotor.. fungsinya buat cepet ngelepas panas sewaktu mobil ngerem.


ada lagi yang namanya ventilated + drilled rotor disc, sesuai namanya di sisi cakram itu berlubang, fungsinya tetep sama buat ngelepas panas sewaktu mobil ngerem... banyak dipake di mobil high performance.

kalo di motor atau skuter itu solid drilled rotor disc.

and yes... sekali lagi gue ketik kalo xenia kembar 1.0 & 1.3 pake solid single disc brake di roda depan.


si kembar masih pake solid disc?
oooo pantes....





HAPPY IED MUBARAK 1434H
MINAL AIDIN WAL FAIDZIN
Mohon Maaf Lahir dan Batin
# andhihonda

www.mazdamobil.net

www.belimobilhonda.com
Misi gan numpang tanya dong..
ane lg nyari mobil nih utk keperluan kuliah diluar Jkt.. tepatnya di Surabaya..
walopun ane blom tau tu medan di Surabaya ky gmn tapi ya gk ada salahnya lah ane cari" info u/ kendaraan sebagai refrensi nantinya he3x.. mohon bantuannya ya..
kebetulan ane diperbolehkan oleh bokap utk punya mobil u/ kuliah nanti asalkan sekitaran 20jeti.. maksimal 30jt lah gk lebih.. setelah surfing kesana kemari dapet bberapa kandidat sbb:
Corbet (corolla taon 1970an)
Corolla DX (dapet lwt internet rata" kondisinya krg sesuai harapan maklum terbatas budget)
Fiat Uno I & II (perawatan & konsumsi bbmnya gmn yaa?)
udah itu doang starlet dapet dgn budget segitu ya kondisinya gitu deh takut malah banyak PR malah makin makan biaya ujung"nya
atau mungkin punya masukkan lain dr agan" expert disini hehehe.. asalkan memenuhi kriteria ini ya:
1. IRIT so pasti banget bro
2. Bengkel/sparepart dimana" mudah utk digapai
3. Dgn budget segitu kalo bisa dapet yg mulus dong biar PEDE bawa cewe
4. Mungkin apa yg ada di pikiran anda yg sdh expert dibanding sy masih kroco
okeh, trims semuanya
Quote:Original Posted By AdiSatria
Misi gan numpang tanya dong..
ane lg nyari mobil nih utk keperluan kuliah diluar Jkt.. tepatnya di Surabaya..
walopun ane blom tau tu medan di Surabaya ky gmn tapi ya gk ada salahnya lah ane cari" info u/ kendaraan sebagai refrensi nantinya he3x.. mohon bantuannya ya..
kebetulan ane diperbolehkan oleh bokap utk punya mobil u/ kuliah nanti asalkan sekitaran 20jeti.. maksimal 30jt lah gk lebih.. setelah surfing kesana kemari dapet bberapa kandidat sbb:
Corbet (corolla taon 1970an)
Corolla DX (dapet lwt internet rata" kondisinya krg sesuai harapan maklum terbatas budget)
Fiat Uno I & II (perawatan & konsumsi bbmnya gmn yaa?)
udah itu doang starlet dapet dgn budget segitu ya kondisinya gitu deh takut malah banyak PR malah makin makan biaya ujung"nya
atau mungkin punya masukkan lain dr agan" expert disini hehehe.. asalkan memenuhi kriteria ini ya:
1. IRIT so pasti banget bro
2. Bengkel/sparepart dimana" mudah utk digapai
3. Dgn budget segitu kalo bisa dapet yg mulus dong biar PEDE bawa cewe
4. Mungkin apa yg ada di pikiran anda yg sdh expert dibanding sy masih kroco
okeh, trims semuanya


saran sih gan
kalo fiat uno mnurut ane lebih susah bengkelnya dan sparepartnya disini.. msh enakan bmw mercedes atau pug..

kalo mau mudaan saran ane daihatsu ceria , cari aja yg taun 2000an awal keknya ada deh harga 30jt bro, atau daihatsu charade (mirip kek starlet kotak tp starlet kotak msh 40 kalo d tmpt ane)

timor juga dpt keknya gan, tp yg ex taxi kali yah, cuma asal perawatannya oke sih gpp

corolla juga oke sih tp takutnya kita kan kuliah, susah gak ada waktu dan mobil cadangan kalo tiba2 mobil ngadat, kek ane dulu gitu, makanya nyerah deh miara mobil tua kalo gak dirumah.. gak ada kendaraan cadangan soalnya

cmiiw
omong-omong soal rem di atas, kaliper rem juga ngaruh, terutama kalo udah buat performance
contohnya rem oem mobil umum (rata" 2 piston) kurang mumpuni buat diajak upgrade stage 1 n/a

jadi ya kalo urusan safety bukan cuma disc/kaliper doang, tapi 1 paket braking systemnya
makin bagus (venti/slotted venti, lebih banyak piston kaliper, abs, ebd, ba) -> makin dikit jarak pengereman -> makin minimal kecelakaan
lebih bagus lagi kalo nyetirnya aman ga brutal

Quote:Original Posted By andhihonda





HAPPY IED MUBARAK 1434H
MINAL AIDIN WAL FAIDZIN
Mohon Maaf Lahir dan Batin
# andhihonda

www.mazdamobil.net

www.belimobilhonda.com


om linknya diapus om, termasuk advertising itu link

Quote:Original Posted By AdiSatria
Misi gan numpang tanya dong..
ane lg nyari mobil nih utk keperluan kuliah diluar Jkt.. tepatnya di Surabaya..
walopun ane blom tau tu medan di Surabaya ky gmn tapi ya gk ada salahnya lah ane cari" info u/ kendaraan sebagai refrensi nantinya he3x.. mohon bantuannya ya..
kebetulan ane diperbolehkan oleh bokap utk punya mobil u/ kuliah nanti asalkan sekitaran 20jeti.. maksimal 30jt lah gk lebih.. setelah surfing kesana kemari dapet bberapa kandidat sbb:
Corbet (corolla taon 1970an)
Corolla DX (dapet lwt internet rata" kondisinya krg sesuai harapan maklum terbatas budget)
Fiat Uno I & II (perawatan & konsumsi bbmnya gmn yaa?)
udah itu doang starlet dapet dgn budget segitu ya kondisinya gitu deh takut malah banyak PR malah makin makan biaya ujung"nya
atau mungkin punya masukkan lain dr agan" expert disini hehehe.. asalkan memenuhi kriteria ini ya:
1. IRIT so pasti banget bro
2. Bengkel/sparepart dimana" mudah utk digapai
3. Dgn budget segitu kalo bisa dapet yg mulus dong biar PEDE bawa cewe
4. Mungkin apa yg ada di pikiran anda yg sdh expert dibanding sy masih kroco
okeh, trims semuanya


dx agak gelap sih pasarannya
coro yang lebih tua dari dx kurang tau, fiat uno I/II agak suram kayaknya di Surabaya
di Jakarta gue jarang banget nemu itu Uno I/II, apalagi di luar, kecuali mau sibuk hunting parts di ebay/online store lain yang posisinya di luar negeri

Ford Laser/Lancer SL mungkin masuk buat jadi opsi lain
sepengetahuan gue 2 itu dibawah DX harganya (efek lambang Toyota)
Quote:Original Posted By desenkaret
siang gan, numpang nanya dong, rencana mw beli mobil second gan dengan budget 60 juta kalau bisa itu sudaha siap pakai, faktor yang dipertimbangkan kurang lebih:
1. nyaman dikendarai
2. irit atau tidak relatif gan
3. biaya service tidak bikin kantong bolong

kira-kira apa yang bisa direkomendasikan, terima kasih agan


mau nyarinya minibus, apa sedan? atau jeep ?

kalo minibus:
-kijang kotak, biaya service bengkel manapun paham sm mobil ini, sparepart murah, gampang, kenyamanan yaa lumayan gan dibanding carry..

-apv gan, yg taaun 2005 mungkin ya, mesin sama kek carry tp ya kenyamanan lumayan dibanding carry. udh ada power window (tipe L) tipe X udh ada pw, +ac double blower

-daihatsu espass 1600, mnurut ane mobil ini lumayan nyaman, kalo dibanding minibus tanpa kap lainnya

-nissan serena yg bulet taun 97an kalo gak salah juga udh dpt, fasilitas mewah

sedan atau compact car, city car:
-honda civic LX th 89-90 ya kalo gak salah taunnya, mnurut ane nyaman sih, tp msalah service ane blm tau, cuma pernah make slama bbrp hari soalnya

-honda genio, ini keknya msk di budget agan cuma ane gak tau mslaha service nya eace

-hyundai accent dapet gak ya?
-baleno 97 dapet keknya, cuma 60 lebih dikit mungkin gan
-starlet kapsul yg S.E.G keknya dapet
-soluna
-hyundai atoz/kia visto (iritnya gak nahan )
dll

kalo jeep:
-feroza (lebih enak drpd katana/jimny, tp boros )
-katana GX taun 95up udh dpt power steering

maap nubie sotoy cuma numpang jawab gan eace
Quote:Original Posted By desenkaret
siang gan, numpang nanya dong, rencana mw beli mobil second gan dengan budget 60 juta kalau bisa itu sudaha siap pakai, faktor yang dipertimbangkan kurang lebih:
1. nyaman dikendarai
2. irit atau tidak relatif gan
3. biaya service tidak bikin kantong bolong

kira-kira apa yang bisa direkomendasikan, terima kasih agan


bimantara accent / hyundai cakra, baenol 1.6, siti z (tau dapet apa enggak), soluna, 306 (mungkin)... etc...

Quote:Original Posted By AdiSatria
Misi gan numpang tanya dong..
ane lg nyari mobil nih utk keperluan kuliah diluar Jkt.. tepatnya di Surabaya..
walopun ane blom tau tu medan di Surabaya ky gmn tapi ya gk ada salahnya lah ane cari" info u/ kendaraan sebagai refrensi nantinya he3x.. mohon bantuannya ya..
kebetulan ane diperbolehkan oleh bokap utk punya mobil u/ kuliah nanti asalkan sekitaran 20jeti.. maksimal 30jt lah gk lebih.. setelah surfing kesana kemari dapet bberapa kandidat sbb:
Corbet (corolla taon 1970an)
Corolla DX (dapet lwt internet rata" kondisinya krg sesuai harapan maklum terbatas budget)
Fiat Uno I & II (perawatan & konsumsi bbmnya gmn yaa?)
udah itu doang starlet dapet dgn budget segitu ya kondisinya gitu deh takut malah banyak PR malah makin makan biaya ujung"nya
atau mungkin punya masukkan lain dr agan" expert disini hehehe.. asalkan memenuhi kriteria ini ya:
1. IRIT so pasti banget bro
2. Bengkel/sparepart dimana" mudah utk digapai
3. Dgn budget segitu kalo bisa dapet yg mulus dong biar PEDE bawa cewe
4. Mungkin apa yg ada di pikiran anda yg sdh expert dibanding sy masih kroco
okeh, trims semuanya


esteem / starlet / corolla gl / charade (classy) / laser / gemini nggak dapet di bujet 30 ?

baruan dikit bisa incer santro / visto dari jakarta bawa ke surabaya.

Quote:Original Posted By selthyzer
omong-omong soal rem di atas, kaliper rem juga ngaruh, terutama kalo udah buat performance
contohnya rem oem mobil umum (rata" 2 piston) kurang mumpuni buat diajak upgrade stage 1 n/a

jadi ya kalo urusan safety bukan cuma disc/kaliper doang, tapi 1 paket braking systemnya
makin bagus (venti/slotted venti, lebih banyak piston kaliper, abs, ebd, ba) -> makin dikit jarak pengereman -> makin minimal kecelakaan
lebih bagus lagi kalo nyetirnya aman ga brutal



setuju.... soalnya mobil & printilannya bukan barang yang lolos uji idiotproof
Quote:Original Posted By Sport250
Gan udh ada yg review vw polo blm ya?dibanding fiesta enak mana ya...


dua2nya enak gan, tp catatan extra kalo mau vw polo harus bensin setara pertamax plus. Temen ane pake pertamax aja bisa ngelitik, harus kuat biaya bensinnya gan

kalo fiesta premium ga masalah
gan minta tolong dong, mau beli mobil second, budget 150-200jt

1. kebutuhan buat mobil keluarga MPV
2. yang irit bahan bakar
3. resale value nya tinggi
4. spart part dan service fee nya standar

yang penting dengan rentang harga yang sekitaran itu yang worth beli apaan ya gan..thanks sebelumnya