kaskujekAvatar border
TS
kaskujek
Pemboman kuil Budha India diduga terkait konflik Myanmar.
Sejumlah analis menilai rentetan ledakan bom di salah satu kuil paling suci agama Budha di India, kemungkinan berkaitan dengan bentrokan antara umat Budha dan Muslim di Myanmar.

Beberapa bom yang dipasang di kuil Maha Bodhi di negara bagian Bihar meledak pada Minggu pagi, melukai dua orang biksu.

Ini adalah serangan bom pertama terhadap umat Budha di India.

Pengamat Dr Acharya Arabinda mengatakan, serangan itu sudah diantisipasi setelah polisi New Delhi memperingatkan para pejabat lokal bahwa Kuil Maha Bodhi berada di bawah ancaman.

"Pada Oktober 2012, polisi New Delhi menangkap beberapa anggota Muhajidin India," kata Dr Arabinda, "Salah satu sasaran mereka adalah kuil ini."



Dr Arabinda berpendapat, serangan itu jelas berkaitan dengan bentrokan antara etnik Rohingya yang Muslim dan umat Budha di Myanmar.

"Banyak orang Muslim India pergi ke Bangladesh," katanya. "Mereka sudah tinggal di sana lebih dari 20 tahun sekarang, dan beberapa orang Muslim India itu telah bergabung dengan kelompok-kelompok garis keras."

Kingshuk Nag, editor koran Times of India mengatakan, terdapat beberapa kaitan dengan insiden pemboman itu, tapi masih terlalu dini untuk mengatakan siapa yang bertanggung-jawab.

"Ada yang bilang itu berkaitan dengan Rohingya, jadi ini dipandang sebagai pembalasan," kata Nag. "Lainnya menyebut kelompok teroris Mujahidin India. Ada lagi yang menduga, itu mungkin ulah kelompok-kelompok garis keras Hindu."

Dr Arabinda mengritik pemerintah dan kepolisian India yang dinilai gagal mencegah ledakan itu.

Menurutnya, pemerintah dan kepolisian seharusnya bekerja sama secara lebih efektif untuk mencegah serangan di masa depan.

Abhayanand, kepala kepolisian di Bihar mengatakan, pihaknya belum dapat menegaskan siapa yang bertanggung-jawab atas serangan itu.

Sembur: http://www.google.co.id/#q=mahabodhi...w=1024&bih=672

Komen: masih terlalu dini untuk menuding pihak tertentu..... Siapa tau ada memancing di air keruh.
0
2.8K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan