KASKUS

Quote:Original Posted By Almarhum13


yang memiliki kuasa atas dunia ini gan


Ok gan
ada yang mau diskusi tentang panca sradha gak?
yuk para sesepuh disini

Sapta Loka Sapta Patala (6)

Sapta Loka, Tujuh Surga Atas - 1

Setelah mahluk-mahluk diciptakan (bersamaan dengan itu) akibat dari saling mendominasinya antara Satvam Rajas Tamas akibat sentuhan Purusha pada Prakerthi terbentuklah 14 realm (menurut Hindu) pada alam materi yang disebut Sapta Loka (surga atas) dan Sapta Patala (surga bawah) dengan masing-masing penghuni yang telah diceritakan sebelumnya

Keempatbelas realm ini berada pada lapisan satu brahmanda (satu telur Brahma) yang diliputi kelima unsur panca maha butha ditambah kecerdasan dan ego, brahmanda ini berdiam dalam sungai Karana, dimana satu brahmanda disokong oleh satu kepala Naga Anantasesa yang didasari Kurma (kura-kura), kali ini saya akan membahas Sapta Loka terlebih dahulu, mengapa loka-loka ini dikatakan sebagai surga atas krn mahluk-mahluk yang tinggal di realm ini adalah mahluk2 yang mengembangkan rohani dan spiritualisme (Satvam), jadi Sapta Loka terdiri dari Satyaloka, Tapoloka, Janaloka, Maharloka, Svargaloka (surga), Bhuvarloka, Bhurloka (alam kita). Setiap realm membentuk mandala, planet2 setiap loka diikat oleh satu titik bintang dimana disitu berdiamlah manifestasi dewa Brahma yang membuat pergerakan memutar dari timur ke barat seperti korosel kuda.

Spoiler for Gambaran Semesta:
Quote:Original Posted By Almarhum13


yang memiliki kuasa atas dunia ini gan


siapa yg memiliki kuasa itu gan???
Quote:Original Posted By pendeco


siapa yg memiliki kuasa itu gan???


alam ini diatur oleh rta (hukum alam menurut hindu) nanti mungkin akan dibahas, sedangkan pemilik kuasa ini bukan siapa, tetapi apa, tetapi juga bagaimana, lantas siapa yg bisa memahami itu jika demikian, Brahman bersifat acintya (tak terpikirkan), lalu apakah bisa dikatakan Ia pemilik kuasa? cukup ya

yang pasti Brahman berbeda dengan tuhan2 agama lain
dilanjut dong pembahasannya, sepi nih
menyimak sekalian nyundul gan
rahajeng rahina Saraswati semeton Hindu
hukumnya apa ya kalo pindah agama keluar hindu?
Quote:Original Posted By inoone
Ini dr sisi saya pribadi (yg kebetulan beragama hindu). menurut saya, konyol sekali berkelahi dg agama lain krn beda keyakinan. ahmadiyah dibantai itu salah satu yg paling konyol, sama sudara sendiir kok begitu.
D Hindu banyak kok sekte2, ada sai baba, hare khrisna, dll, bhkn antara hindu di kabupaten ini dg kabupaten sana sj bisa ada perbedaaan. Tp kita mah enjoy saja.

Justri di Hindu semboyan "untukmu agamamu, untukku agamaku" benar2 diamalkan.


justru makanya dalam Islam tidak dibenarkan ada ajaran Islam tapi yang menyimpang karena Islam sendiri adalah agama dari langit ...
Emang bener agana Budha itu pecahan dari agama Hindu? Lantas bedanya dibagian yang mana ?
Quote:Original Posted By tenglangfuk
Emang bener agana Budha itu pecahan dari agama Hindu? Lantas bedanya dibagian yang mana ?

bukan pecahan. banyak perbedaan budhism dengan hinduism
terutama dari keyakinan
Quote:Original Posted By amirlatif
nanya apakah dalam hindu punya peringkat dewa
klo ada bole di urutin ga (dari yg paling Kuasa)
trus apaka umat hindu menyemba dewa tsb


paling kuasa tolak ukurnya gmn?
tiap dewa punya peran berbeda-beda
Quote:Original Posted By yggsdrasill


alam ini diatur oleh rta (hukum alam menurut hindu) nanti mungkin akan dibahas, sedangkan pemilik kuasa ini bukan siapa, tetapi apa, tetapi juga bagaimana, lantas siapa yg bisa memahami itu jika demikian, Brahman bersifat acintya (tak terpikirkan), lalu apakah bisa dikatakan Ia pemilik kuasa? cukup ya

yang pasti Brahman berbeda dengan tuhan2 agama lain


iya gan,, kalau reinkarnasi menurut ane terkait dengan Hukum karmaphala,

dan hukum2 alam yang ada (Rta ya istilahnya?)

Konsep Ketuhanan ini ane gak gitu ngerti

Saya jadi terpikir dalam konteksnya apakah bisa dikatakan bahwa tujuan umat Hindu adalah menjadi Tuhan ?
Quote:Original Posted By romeo21


iya gan,, kalau reinkarnasi menurut ane terkait dengan Hukum karmaphala,

dan hukum2 alam yang ada (Rta ya istilahnya?)

Konsep Ketuhanan ini ane gak gitu ngerti

Saya jadi terpikir dalam konteksnya apakah bisa dikatakan bahwa tujuan umat Hindu adalah menjadi Tuhan ?


nah bagus sekali,
sy pribadi berpendapat terdapat dua pendekatan dalam Hindu
Hindu mengenal ada 4 jalan menuju Brahman (moksha) yang disebut Catur Marga yang terdiri dari Karma (jalan perbuatan) Bhakti (jalan pengabdian) Jnana (jalan pengetahuan) dan Tapa (jalan pengekangan), keempat jalan ini jika sy mengelompokkannya ke dalam dua pendekatan, bukan berarti satu dengan yang lain lebih utama, tetapi biasanya dijalankan bersamaan
pendekatan pertama adalah seseorang yang berada di prakerthi tetapi membicarakan purusha
pendekatan kedua seseorang yang berada di purusha tetapi membicarakan prakerthi
purusha adalah sesuatu yang bertanggungjawab thd hal2 yang abstrak namun bersifat sejati sedangkan prakerthi adalah alam materi ini, sesuatu yang sudah pasti (nyata) namun bersifat semu (menipu)
jalan karma dan bhakti masuk ke pendekatan pertama, seseorang akan mevisualisasikan Brahman sbg sesuatu yg abstrak tak terkenali tak terpikirkan (yang berada di purusha), Brahman dalam kondisi ini disebut Nirguna Brahman (Yang Tak Berwujud), puncak dari pendekatan pertama adalah Ishvara Pranidhana (berserah diri pada Iswara (Tuhan)), di sini ada dua poisisi subyek dan objek (Brahman dengan hambanya), pendekatan ini juga kita temui pada ajaran2 lain sprt Sufisme
jalan jnana dan tapa masuk ke pendekatan kedua, seseorang akan merasa sbg purusha (melalui pengenalan dan pengetahuan tentang dirinya dan semesta) yang sulit dimengerti tetapi dapat dijelaskan dengan gamblang, puncak pendekatan kedua adalah Aham Brahman Asmi (Aku adalah Brahman (Tuhan)), di sini tidak ada subyek dan obyek lagi (Brahman dan hambanya tiada berbeda) artinya menyadari bahwa dirinya adalah Brahman itu sendiri, sebagai penentu kehidupannya sendiri, pendekatan ini juga ditemukan pada ajaran lain seperti buddhisme
beberapa orang berpendapat bahwa jalan ini seperti jenjang dari karma > bhakti > jnana > tapa, di tapa manusia telah mencapai samadhi, tahap puncaknya adalah moksha, tetapi menurut saya keempat jalan ini sama posisinya, tergantung seseorang di jalan mana yang lebih dipilih, shg menurut Hindu perbedaan pada setiap kepercayaan adalah hal yang wajar yang tak perlu dipaksakan atau diseragamkan, semua akan berakhir ke Brahman akhirnya, demikian Om shanti shanti shanti Om
iya hukum alam menurut hindu disebut rta
nanti mungkin akan dibahas sedikit di sapta loka dan sapta patala
dan tipuan prakerthi thd loka2 ini thd purusha
tunggu, pokoknya seru

nb: sy menempatkan tulisan ini di debate club sbg bahan diskusi atau diperdebatkan, silahkan bagi rekan2 yg lain mau memberi masukan atau sanggahan, krn tulisan penulis terbatas pengetahuan penulis
Quote:Original Posted By Shinharuka

bukan pecahan. banyak perbedaan budhism dengan hinduism
terutama dari keyakinan


paling kuasa tolak ukurnya gmn?
tiap dewa punya peran berbeda-beda


maksud ane , apakah para dewa memiliki pemimpinnya
Quote:Original Posted By amirlatif


maksud ane , apakah para dewa memiliki pemimpinnya


mungkin ahli purana disini bisa jawab
Quote:Original Posted By yggsdrasill
iya hukum alam menurut hindu disebut rta
nanti mungkin akan dibahas sedikit di sapta loka dan sapta patala
dan tipuan prakerthi thd loka2 ini thd purusha
tunggu, pokoknya seru

nb: sy menempatkan tulisan ini di debate club sbg bahan diskusi atau diperdebatkan, silahkan bagi rekan2 yg lain mau memberi masukan atau sanggahan, krn tulisan penulis terbatas pengetahuan penulis



sorry gan OOT dikit....

gan..... gw pengen ngajak agan buad jadi tim debat
bukan maksud sok nge-lead.... cuman buat kordinasi aja
dan pemenang nya diusahakan buat jadi peserta prioritas perebutan tag DE tahun depan

debat dilaksanakan dg cara combat.... dan tentunya topik bukan cuman masalah agama tapi bisa topik sosial..ekonomi...hukum...kesehatan...politik..bla bla bla

untuk lebih jelasnya bisa baca2 disini gan http://www.kaskus.co.id/post/520f414...118e144000000a


Quote:Original Posted By bintankecil
Masbli2 sekalian, sy mau tnya nih
Di hindu kenal yg namanya dosa, surga dan neraka gak?

sepanjang yg gw tau kagak ada yg namanya dosa gan, yg ada itu karma atau tindakan [baik berupa pikiran, perbuatan dan perkataan] yg nantinya akan menghasilkan phala [buah]... nanti 'buah' ini yg mesti dinikmati yg kemudian berefek pada kehidupan lalu, sekarang dan masa yg akan datang.
point penting di Hindu itu adalah karma-phala, ini merupakan salah satu bagian dalam panca sradha... jadi bisa dibilang pondasi dasar di Hindu.

kemudian tentang surga [svarga] dan neraka [naraka], ada gan... tapi svarga dan naraka sama kek alam yg kita tempati sekarang,
yah... setiap alam kan beda2 karakternya, sama yg gw maksud adalah alam itu sama kek alam ini hanya merupakan pesinggahan aja dalam menikmati phala yg ada.

Quote:Original Posted By saw4mura
santai dong mas jawabnya.. trit ini ada tag [HOLY]

mengapa sapi sbg wujud manisfestasi dewa? bukan kambing atau hewan lainnya?

jawabnya slow aja, gak usah pake emosi..

sepertinya pertanyaannya kurang pas yah... jika yg dimaksud wujud manifestasi Dewa maka gw nyatakan bahwa semua mahluk adalah wujud manifestasi Dewa, tapi perlu dipahami bahwa tidak setiap mahluk mampu menyadari hal tsb sehingga mampu memunculkan "Div" dalam 'dirinya' sendiri. Dewa berasal dari "Div" [sinar], ini menurut gw merujuk pada atman yg merupakan "Div" dari Brahman.

jika yg ditanyakan tentang 'kendaraan' maka menurut gw "pengambilan" sapi ini sebagai contoh aja gan, banyak simbol yg termuat didalamnya, dalam Purana banyak memuat hal ini... selain sapi ada angsa juga sebagai "kendaraan" yg menyatakan sebagai simbol keanggunan, simbol angsa dipake biasanya pada yg melambangkan pengetahuan sehingga yg memiliki pengetahuan akan terlihat anggun. <--- hanya contoh aja.

Quote:Original Posted By ahli..kubur4


Yah kan udah ku bilang kau gak bakal dapat jawaban..kau kan udah pak kubur usir masih aja gak tau malu..pak kubur dsini perwakilan remaja2 hindu dimari

keren





Quote:Original Posted By patih.djelantik


penjelasan tentang ini wilayahnya Raksasha... biar dia yang menjelaskan apa itu Svarga, Naraka dan Dosah.

penjelasan dari ente sebetulnya ngak masalah kok...

Quote:Original Posted By ekamantep
Ijin bertanya nih gan,,, dalam Sapta patala dan Sapta Loka,, yg dimana Sapta Loka adalah wilayah yg belum terjamah,, apakah ada jalan menuju kesana? seperti Mantram penyatuan dll.. dan semua itu apakah ada Kaitan dengan Sapta Sunya..?? suksme gan,, saya sangat2 tertarik dan ingin belajar lebih lanjut,,,

sapta sunya...? info darimana gan?
jika 'cuman' sapta loka dan sapta petala sepertinya tri kaya parisudha aja cukup tuk ini tanpa perlu mantram2 segala... tapi klo sapta sunya sepertinya beda kasus, hubungi pembimbing terdekat