Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jakartapeduliAvatar border
TS
jakartapeduli
Ini Kata Para Sopir: Uji Kir Lebih Mudah Lewat Calo, Pasti Lulus!
Jakarta - Puluhan kendaraan roda empat terpakir rapi di Balai Pengujiaan Kendaraan Bermotor (BPKB) Ujung Menteng, Jaktim. Mereka ngetem di tempat itu guna menjalani uji kelaikan kendaraan atau kir. Namun apa yang didapat, para sopir mengeluh, setelah berkali-kali ikut tes secara 'halal' tak pernah lulus. Alhasil jalan pintas, cara 'haram' dipakai.

Berdasarkan pantauan di Balai Pengujian Kendaraan Bermotor di Ujung Menteng, Cakung, Rabu (31/7/2013), jasa calo untuk uji kir bertebaran. Mereka siap membantu para sopir mengurus perizinan. Jangan ditanya hasilnya, pasti lulus!

Memang di bagian pintu masuk atau di loket uji kir terdapat beberapa spanduk kecil yang bertuliskan imbauan untuk tidak menggunakan jasa calo. Selain imbauan tersebut, ada juga spanduk yang bertuliskan "Terima uang = Pecat". Tapi spanduk ya hanya sekedar spanduk.

Safrudin (45) supir KWK mengaku terpaksa menggunakan jasa calo dibandingkan mengikuti layanan resmi. Meski lebih mahal dari tarif resmi, setidaknya kendaraan yang ia miliki mendapat kepastian lulus uji kir.

"Emang mahal, tapi angkot kita pasti lulus uji Kir, dari pada kita sendiri bisa 2 sampai 3 kali nggak lulus, udah gitu waktu kita banyak yang terbuang," ujar Safrudin saat ditemui halaman parkir PKB, Ujung Menteng, Cakung

Safrudin menjelaskan, sudah hampir 5 tahun terakhir ini, ia menggunakan jasa calo. Walau ada sistem pelayanan drive thru yang diusulkan KPK, tetap tidak efektif.

"Sekarang mobil kita masuk terus di cek ini, itu ujung-ujungnya nggak lulus, padahal mobil sering diservice," imbuhnya.

Keberadaan calo di kantor urus uji kir ini memang tidak sulit untuk ditemui. Pasalnya belum masuk ke halaman parkir saja sudah ada orang yang menawarkan jasanya. Tidak begitu sulit membedakan orang-orang yang beprofesi calo, dengan teguran dan gaya bicara yang luwes dapat dipastikan kalau itu adalah calo.

"Biasanya kalau siang-siang gini pada nongkrong dibawah pohon, mereka lebih sering berkelompok," sambung Safrudin.

Hal yang sama juga di ceritakan Rahmat (35) supir mobil pickup, meski telah terbiasa menggunakan jasa calo untuk menguji kendaraannya. Ia menuding kalau tidak mengunakan jasa tersebut dirinya akan dikerjai oleh oknum petugas Dishub.

"Sekarang kalau kita sendiri saja bisa berkali-kali, misal kemarin-kemarin saya bisa sampai 8 kali bolak balik kesini buat dapat lulus kir, sementara kendaraan saya udah saya rawat baik-baik," kata Rahmat.

[url]http://news.detik..com/read/2013/07/31/132753/2320033/10/ini-kata-para-sopir-uji-kir-lebih-mudah-lewat-calo-pasti-lulus[/url]

waduh, kalo begini berarti uji KIR cuma formalitas aja ya.. semoga dh pak ahok segera benahi ini.. berantas para calo...

salam Jakarta
0
2K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan