kemphoenkAvatar border
TS
kemphoenk
SHARE :: Sejarah Islam di Siberia


Permisi mimin, momod dan kaskuser....
mudah-mudahan trit ini tidak emoticon-Repost
udah ane cek, dan hasilnya...
Spoiler for No Repost:


Quote:


Oke gan/wati, langsung aja:
ane copas dari sini gan
sumber



Siberia, mendengar nama itu, orang akan langsung terbayang dalam benak mereka sebuah wilayah yang mengerikan, wilayah yang merupakan padang es terbesar di dunia, di mana dulunya telah menjadi tempat pembuangan dan kerja paksa bagi orang yang menentang negara Uni Soviet khususnya negara-negara yang berpenduduk mayoritas Islam yang banyak wilayahnya di aneksasi oleh Uni Soviet.

Diperkirakan secara statistik tidak resmi penduduk Siberia berjumlah 28 juta orang, dan 4 jutanya adalah umat Islam, terdiri dari penduduk berkebangsaan Tatar ataupun Mongol, serta Urdu dan beberapa kebangsaan lain seperti muslim Turkistan.

Menurut sumber sejarah, Islam masuk ke Siberia pada paruh kedua abad pertama hijriah, lewat tangan para da’i dari wilayah Samarkand, Bukhara, dan Kazan di Asia Tengah, para da’i tersebut juga sempat mendirikan sebuah negara Islam di wilayah Siberia pada tahun 978 H/ 1570 Masehi pada masa pemerintahan Kaisar Cochem Khan, dan pemerintahan Islam di sana berlangsung selama sepuluh tahun sampai akhirnya Rusia menduduki ibukota negara tersebut Trsar Sibir, dan sejak saat itu Siberia menjadi entitas terpisah namun masih tetap menjadi wilayah kekuasaan Rusia.

Mereka yang mengatakan bahwa Islam mencapai tempat-tempat seperti Siberia oleh kekuatan pedang tidak mengatakan yang sebenarnya, karena daerah itu sendiri adalah tidak subur, dan pada waktu itu bahkan tanpa hewan, kecuali ikan, dan penduduk manusia hanya sedikit dan jauh antara mereka. Dan ketika aturan Komunis didirikan di negara ini, rezim berturut-turut membuat Siberia tempat pengasingan bagi mereka yang tidak setuju dengan pemerintah hari ini.

Apa yang Muslim awal lakukan adalah untuk membujuk penduduk untuk memeluk Islam, dan dalam kaitan ini mereka membangun masjid, dan fakta bahwa masjid dapat ditemukan di bagian terpencil daerah, adalah indikasi yang jelas bahwa umat Islam terlibat di daerah tersebut tidak hanya dalam arti agama, tetapi juga budaya dan sosial.

Wilayah Muslim, meski kemiskinan mereka dan kondisi yang sengsara di mana mereka hidup, terus mempertahankan karakter dan identitas Islam mereka, dan sholat mengarah (Kabah) kiblat lima kali sehari, ketika datang hujan datang matahari bersinar. Ada kalanya kondisi dingin begitu besar, dan suhu berjalan serendah 61 derajat di bawah nol.

Selama era Komunis, banyak masjid di kota-kota dan desa-desa di Siberia entah dihancurkan oleh rezim atau dikonversi menjadi hal-hal seperti ruang tari atau kantor. Tetapi dengan berakhirnya era komunis, banyak telah dikembalikan ke umat Islam, yang pada gilirannya, dimulai tugas memperbaiki dan memulihkan mesjid mereka, sejauh bahwa banyak dari mesjid yang sekarang terisi penuh dengan jamaah.

Namun, ketika Asisten Sekretaris-Jenderal Dunia Islam Makkah berbasis League (MWL), Sheikh Muhammad Nasser Al-Abboudy, mengunjungi kawasan itu belum lama ini, ia mencatat bahwa tidak ada cukup sekolah-sekolah Islam atau pusat kebudayaan Islam disana, dan ada Al-quran atau majalah untuk kaum Muslim untuk membaca dan mengetahui lebih banyak tentang iman mereka dan saudara-saudara mereka di bagian lain dunia. Dia menambahkan bahwa fakta bahwa sekalipun tidak semua komponen penting, umat Islam di wilayah ini masih tetap teguh pada iman mereka, menambahkan bahwa ini adalah indikasi yang jelas tentang seberapa dalam Islam tertanam dalam pikiran mereka.

Demikian thread dari ane gan, semoga bermanfaat...
jangan lupa gan untuk berbagi emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
atau bisa juga emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Stardan jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L)

Quote:
0
2K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan