Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

anakthehokAvatar border
TS
anakthehok
Haruskah Baju Baru?
Bila saat lebaran (Idul Fitri) tiba, pasti kita akan menyambutnya dengan gembira karena berkaitan dengan baju lebaran baru, dapat uang dari ortu, banyak makanan dan lain sebagainya. Lebaran Idul Fitri adalah suatu momentum dimana masyarakat menunjukkan perilaku konsumsi yang meningkat drastis dibandingkan dengan bulan-bulan biasanya. Momentum ini sangat jelas terlihat di Indonesia. Komoditas paling laku saat puasa menjelang lebaran selain bahan makanan adalah pakaian.

Fakta menunjukan bahwa pakaian baru atau yang dikenal dengan istilah baju lebaran sudah seperti menjadi kewajiban sebagian besar masyarakat Indonesia. Bukan hanya pada kalangan berduit tetapi juga di kalangan miskin. Jika lebaran tiba, mereka berusaha sekuat tenaga untuk membeli pakaian baru atau pakaian yang masih bau toko. Hal ini bisa dibuktikan dengan semakin padatnya pusat perbelanjaan, mal-mal, butik-butik pada H - 7 hingga malam takbiran. Dari fenomena ini terkesan baju baru pada saat lebaran seakan-akan menjadi keharusan bagi mereka. Padahal pola pikir ini salah besar.

Hal yang sangat miris dan merupakan efek dari sebuah pola pikir masyarakat yang menganggap harus mempunyai baju baru saat lebaran adalah meningkatnya tingkat pencurian di swalayan-swalayann atau mall yang menyediakan berbagai macam pakaian. Yang pasti, mereka memberanikan diri mencuri pakaian yang dijual di toko atau swalayan tersebut demi bersenang-senang pada saat lebaran. Hal lain yang membuat kita mengkerutkan dahi dan mengelus dada adalah mayoritas pelaku pencurian tersebut adalah kaum miskin. Ada rasa kasihan, terkadang juga geleng-geleng kepala akibat fenomena ini. Ini adalah sebuah fakta efek negatif dari sebuah pola pikir yang salah yang menganggap bahwa sebuah keharusan memiliki baju baru saat lebaran.

Bukan hanya pencurian pakaian di swalayan atau toko pakaian, akan tetapi sudah merambah kekampung-kampung. Mejelang lebaran, tepatnya pada bulan puasa, tingkat pencurian pada rumah warga meningkat. Hal senada diungkapkan oleh Kasat Resmob Polda Metro Jaya AKBP RC Gumay, yang saya kutip dari Pelita.or.id, “sejak memasuki bulan puasa angka kejahatan khususnya pencurian cendrung meningkat. Dibanding hari biasa, menjelang lebaran aksi pencurian diperumahan warga meningkat“, ujarnya.

Untuk mengatasi berbagai macam efek negatif dari sebuah pola pikir bahwa harus memakai baju baru saat lebaran adalah dengan menanamkan sebuah pola pikir baru yang dikemas dengan istilah BAJU TAKWA atau PAKAIAN TAKWA.

Setelah berpuasa sebulan penuh demi memperoleh kemenangan hakiki, tentu nilai takwa harus ditanamkan dalam diri seorang muslim. Suatu tolak ukur berhasil tidaknya puasa seorang muslim bukan hanya dinilai dari sampainya kita menahan lapar dan haus hingga bedug magrib, akan tetapi tolak ukur utamanya adalah bagaimana kondisi keimanan dan ketakwaan kita setelah puasa Ramadhan tersebut. Secara otomatis, alangkah baiknya dan mulianya jika setelah selesai puasa Ramadhan, diri setiap muslim ditutupi dengan Baju takwa.

Yang dimaksud dengan pakaian taqwa disini bukanlah baju ghamis baru atau baju muslim yang baru, akan tetapi keimanan. Baju yang bisa menutupi dan membentengi kita dari berbagai macam godaan syaitan setelah selesai berpuasa Ramadhan. Rasanya percuma jika pada saat puasa Ramadhan, Anda rajin sholat, mengaji dan lain sebagainya, akan tetapi setelah selesai berpuasa Anda hanya memikirkan baju baru kemudian bersenang-senang tanpa mempedulikan perintah dan larangan tuhan. Jadi jika Anda berpikir bahwa baju baru saat lebaran itu suatu keharusan, maka rubahlah pola pikir itu menjadi baju takwa adalah suatu keharusan dalam menyambut lebaran . Jika Anda bisa mempunyai baju takwa, maka bersyukurlah Anda karena baju takwa adalah baju termahal, lebih mahal dari pada baju baru yang dibeli di mall atau supermarket terdekat. Semoga bermamfaat. Terima kasih.
Info lainnya: Belajar Bahasa Inggris Gratis
0
1.5K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan