garrykurAvatar border
TS
garrykur
Fenomena ini menghancurkan Jakarta sebentar lagi gan !!!!
Sebelumnya ane mau jelasin dulu fenomena apa yg ane maksud.

Fenomena ini disebut Bystander Effect.

Apa sih Bystander Effect itu ?? kenapa berkontribusi besar bagi kerusakan tatanan sosial di jakarta ?

Menurut John Darley dan Bibb Latane

Bystander effect itu adalah fenomena psikologis sosial yg terjadi di dalam masyarakat dimana adanya ketidakmampuan dari masyarakat untuk memberikan pertolongan karena beberapa alasan tertentu, beberapa penelitian membuktikan semakin banyaknya variabel bystander atau orang yg terlibat maka akan semakin sedikit orang yg akan membantu.

dapat disimulasikan seperti ini, di suatu jalan malam hari ada sebuah penodongan bersenjata, ada 10 orang saksi yg menyaksikan sang korban sedang dianiaya oleh pelaku, tapi karena merasa akan ada yg menolong, atau takut untuk mengambil resiko maka tidak ada yg berani membantu.

ada beberapa kasus yg terkenal tentang fenomena ini, contohnya kasus pembunuhan Kitty Genovesse tahun 1964 (cari di google utk detail)

kasus yg TS alamin ada beberapa cthnya gini gan, di bus kota ada penodongan, dalam keadaan bus kota full, akhirnya ane teriak sok berani aja ada rampok di bus ini, spontan semua terdiam dan tau gak gan ????? satupun gk ada yg bergeming, akhirnya TS kena rampok jg untung gk bawa benda penting krn cuman deket aja perginya.

TS jg pernah gan ngelakuin penelitian ini, pertama pas liat ada org berantem gara2 tabrakan, yg nonton ada puluhan kali gan, trus ane cb tanya ajak pelan2 para penonton untuk melerai dan damai in gitu jawabannya adalah :

1. "jangan ikut2an deh bukan urusan kita mas"
2. "ngapain repot2 kenal aja kagak"
3. "kalo saya kena batunya situ mau tanggung jawab ?"
4. "nanti ada juga yg bantuin lah"

jujur dari 4 sample diatas ane udh miris banget gan, dan akhirnya pergi tinggalin TKP.

Maksud TS disini gan mau mengajak agan2 sekalian utk sama2 memerangi bystander effect gan, dari beberapa kejadian yg udh TS liat dan alami sendiri dari tahun 2009 sampe 2013 semakin parah gan.

gejala sosial ini harus sama2 kita basmi gan sebelum makin parah sampe tingkat akut, ayok gan kita sama2 jadi motor penggerak untuk nanganin ini, jujur ane udh beberapa kali kena getahnya sendiri untuk melawan bystander effect ini gan, tapi kalo gak kita mulai mau kapan lagi Jakarta bisa aman sejahtera gan. Satu kalimat yg harus agan2 jawab dalam hati

WOULD YOU SAVE A STRANGER?


Semoga kalo suatu saat ada yang terkena musibah trus ada yg inisiatif membantu kita harus bantuin juga gan.

itu aja sih gan curhatan ane. kalo jelek threadnya maaf yah gan maklum ngetik pake HP.

Quote:


Boleh gan dibuat, ane pasti bergabung..

Quote:


Setuju ama agan ini, kita ini zoon politicon, mahluk sosial, tapi sekarang kayak robot. Dulu ada pelajaran PPKN yg nilai2 nya luntur sekarang.

Quote:


Ane takut yg bgini nih gan.. fokus ane di jakarta gan, tp ternyata semarang juga begitu yah.

Quote:


Ini ada benernya juga gan, tapi utk memerangi bystander effect ini kt harus cerdas jg gan, kalau kondisi rawan utk kita, sebaiknya telpon polisi atau kumpulkan org2 sekitar dulu utk bantu agan. Jadi kita gak sendirian, krn biasanya orang2 sekitar butuh penggerak gan.

Makasih buat agan2 yg udh kasih cendol yah, terima kasih gan.
Diubah oleh garrykur 24-07-2013 06:51
0
15.8K
199
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan