pria.pendiamAvatar border
TS
pria.pendiam
Perang saudara di Suriah semakin melebarkan keretakan
Perang saudara di Suriah semakin melebarkan keretakan di petinggi ulama Syiah di Irak dan iran terkait pengiriman relawan ke suriah


Kompetisi kepemimpinan masyarakat Syiah telah meningkat sejak invasi yang dipimpinan Amerika tahun 2003 yang menggulingkan Saddam Hussein, memberdayakan mayoritas Syiah melalui kotak suara dan mengembalikan keutamaan kota suci Najaf Irak.

Di kota suci Qom Iran, ulama senior Syiah, atau Marjiiya, telah mengeluarkan fatwa memerintahkan pengikutnya untuk berperang di Suriah, dimana kaum muslim disana berperang melawan pemerintahan assad yang berasal dari kaum syiah allawite.
Pemimpin militan Syiah yang bertempur di Suriah dan yang bertanggung jawab atas perekrutan di Irak mengatakan jumlah relawan (syiah) telah meningkat secara signifikan sejak fatwa dikeluarkan..

Dukungan Teheran atas assad telah menarik berbagai dukungan dari kelompok syiah lainnya termasuk hizbullah dari libanon
intervensi terbuka Hizbullah awal tahun ini menuatkan indikasi pergeseran arah konflik dari protes secara damai terhadap keluarga assad yang telah berkuasa selama 4 dekade menjadi konflik sektarian

Perang Suriah tidak hanya mempolarisasi syiah dan sunni di timur tengah - tetapi juga telah menyoroti perpecahan di dalam masing-masing dua denominasi utama Islam, menempatkan Qom dan Najaf dalam hubungan pertentangan yang rumit

Di Najaf, Ayatollah Ali al-Sistani yang mempunyai pengikut setia dari sebagian besar Syiah Irak dan banyak lagi di seluruh dunia, menolak untuk ikut serta dalam perang dan ia melihat ini sebagai politik ketimbang agama.

Meskipun sistani mengambil sikap demikian, namun beberapa pihak syiah di irak yang bersumpah setia kepada Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, telah menjawab panggilan untuk terjun dalam konflik dengan mengirim murid-murid mereka ke dalam pertempuran di Suriah.

"Mereka yang pergi berperang di Suriah tidak taat," kata seorang ulama Syiah senior yang merupakan salah satu dari empat Marjiya yang berada Najaf.


"TANDUK SYIAH/BULAN SABIT SYIAH "

Perpecahan ini berakar pada perbedaan pendapat yang fundamental atas sifat dan lingkup kewenangan ulama.

MARJIIYA DI Najaf melihat peran ulama dalam urusan publik terbatas, sedangkan di Iran, ulama adalah Pemimpin Tertinggi dan memegang otoritas spiritual dan politik tertinggi dalam "Velayet e-Faqih" system ("perwalian ahli hukum").

"Ketegangan antara kedua Marjiiya sudah ada dalam waktu yang lama, tapi sekarang memiliki dampak pada posisi Irak terhadap krisis Suriah," seorang ulama syiah senior dengan link ke Marjiiya di Najaf mengatakan pada kondisi anonimitas.

"Jika kedua Marjiiya bersepakat untuk bersatu (menuju Suriah), kita akan menyaksikan posisi dukungan pemerintah irak terhadap rezim Suriah".

Pemerintah pimpinan-Syiah di Baghdad mengatakan tidak mengambil posisi dalam perang sipil ini, namun aliran milisi Irak melintasi perbatasan ke Suriah mendapat kompromi dari otoritas setempat.

Khamenei beserta pendukung setianya di irak dan iran memandang Suriah sebagai link penting dalam sebuah "Syiah Crescent" membentang dari Teheran ke Beirut melalui Baghdad dan Damaskus
Menjawab pertanyaan diposting di website-nya oleh salah satu pengikutnya mengenai legitimasi pertempuran di Suriah, ulama Syiah senior irak Kadhim al-Haeari, yang berbasis di Iran, menggambarkan pertempuran di Suriah sebagai "tugas" untuk membela Islam.

Para Militan mengatakan bahwa sekitar 50 Syiah Irak terbang ke Damaskus setiap minggu untuk mendukung pasukan Assad melawan para pemberontak, atau untuk melindungi kuil Sayyida Zeinab di pinggiran ibukota, tempat yang sangat suci bagi kaum Syiah.

"Saya mengikuti Marjiiya saya. Pemimpin spiritual saya telah mengatakan pertempuran di Suriah adalah tugas yang sah. Aku tidak memperhatikan apa yang orang lain katakan," kata Ali, seorang mantan militan Mehdi tentara yang sedang mengepak tasnya untuk melakukan perjalanan dari Irak ke Suriah .

"Tidak seorang pun punya hak untuk menghentikan saya. Saya membela agama saya, tempat doaku Imam putri Sayyida Zeinab itu."
emoticon-Malu (S)
Petinggi ulama Syiah salah satu dari empat Marjiiya yang berkantor di Najaf mengatakan perlindungan kuil; syiah di Suriah digunakan sebagai dalih oleh Iran untuk menggembleng orang2 syiah dalam pertempuran.

"PROYEK SYIAH"

Dalam 10 tahun sejak jatuhnya Saddam, pengaruh Iran di Irak telah tumbuh dan telah berusaha untuk mendapatkan pijakan di Najaf pada khususnya.

Ulama senior Iran telah membuka kantor di Najaf, serta organisasi non-pemerintah, badan amal dan lembaga kebudayaan, yang sebagian besar didanai langsung oleh Marjiiya di Iran, atau Kedutaan Besar Iran di Baghdad, kata pejabat setempat.

Bendera Iran terbang di atas sebuah bangunan dua lantai di lingkungan kelas atas dari Najaf, "Imam Khomeini Institution", tempat yang dinamai dengan nama pendiri Republik Islam iran, Ayatollah Ruhollah Khomeini.

Institute Imam Khomeini adalah salah satu dari banyak entitas Iran yang telah terlibat dalam kegiatan sosial di Irak, dengan fokus pada laki-laki muda, membantu mereka menikah, dan membayar tunjangan rutin kepada para janda, anak yatim dan beasiswa agama.

Politisi syiah mengatakan bahwa beberapa lembaga juga mendukung ulama muda dan mendanai perjalanan gratis bagi mahasiswa untuk mengunjungi kuil Syiah di Iran, termasuk kunjungan resmi ke kantor Khamenei di Teheran,
"Kami memiliki proyek besar di Irak bertujuan menyebarkan prinsip-prinsip Velayet e-Faqih dan anak muda adalah target kami," seorang pemimpin Syiah berpangkat tinggi yang bekerja di bawah naungan Khamenei mengatakan pada kondisi anonimitas.

"Kami tidak ingin mendirikan sebuah Negara Islam di Irak, tapi setidaknya kita ingin membuat entitas revolusioner yang akan siap berjuang untuk menyelamatkan proyek Syiah".


SUMBER GAN

alhamdulillah semakin terang kenapa syiah mati-matian membela si jagal assad....sesuai dengan prediksi awal para mujahiddin di awal konflik bahwa ini terkait dengan proyek tanduk syiah iran.....sayang baru sekarang ada sumber yang dianggap valid ama BPLN emoticon-Malu (S)

BIAR LAMBAT ASAL TAU emoticon-Big Grin

yang di bold ijo....ternyata tempat sucinya bukan di mekah atau yerusalem emoticon-Malu (S)
Diubah oleh pria.pendiam 21-07-2013 12:39
0
5.1K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan