Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Beragama atau tak beragama, Manakah yang paling normal ? (Tinjauan Saintis)
Ada kerusakan otak pada orang beragama



Para peneliti di Duke University telah mengidentifikasi adanya atrofi (kerusakan) lebih besar dalam hippocampus dari orang yang mengidentifikasi dirinya dengan agama tertentu.

Sebuah studi yang dipublikasikan di PLoS ONE oleh Amy Owen dan rekan-rekannya di Duke University menunjukkan adanya atrofi yang lebih besar dalam hippocampus dari orang yang mengidentifikasi dirinya dengan agama tertentu, serta orang-orang yang tidak mengidentifikasi dengan agama apapun, demikian Geekosystem.

Sesungguhnya para subyek yang mengalami atrofi pada bagian otak tersebut adalah kaum religius, atau orang atheis, tetapi bukan mereka yang biasa-biasa saja dalam bidang keagamaan, demikian website tersebut.

Faktor-fakot yang dikaji adalah pengalaman keagamaan yang mengubah kehidupan, keanggotaan untuk sebuah kelompok keagamaan dan praktek-praktek spiritual. Tim peneliti menggunakan MRI untuk mengukur volume hippocampus pada 268 pria dan wanita usia 58 ke atas, dan pada mereka itu sebelumnya telah dites tingakat depresi usia senja.

Menurut Tim Owen, penyusutan itu bisa saja terjadi berhubungan dengan stres, bukan oleh kekuatan agama tak terlihat yang menyerang otak manusia. Karena orang-orang religius itu kecil jumlahnya dan mungkin saja mereka berjuang dengan segala keyakinannya (atau tanpa keyakinan apapun), dan hormon-hormon stres itu diperintahkan untuk menyusutkan volume hippocampus dari waktu ke waktu.

http://indonesia.ucanews.com/2011/06...rang-beragama/

VERSUS

Spiritualitas tanpa agama menyebabkan sakit mental



Orang yang memiliki kehidupan spiritual, tetapi tidak memiliki agama yang mungkin menderita kesehatan mental yang buruk, demikian sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Psychiatry.

Michael King dari University College London dan koleganya meneliti 7.400 warga Inggris melalui wawancara, di antaranya 35 persen memiliki pemahaman tentang kehidupan keagamaan, 19 persen tentang kehidupan spiritual, dan 46 persen baik kehidupan spiritual maupun keagamaan.

Dari penelitian itu dibuat sebuah kesimpulan bahwa “orang-orang yang memiliki kehidupan spiritual tanpa agama akan menjadi rentan terhadap gangguan mental, ketergantungan pada obat-obatan, kecemasan, fobia dan frustrasi.”

Semua kelemahan yang biasa berhubungan dengan individu terkait seberapa peran agama, seperti yang diakui para penulis, meskipun, studi ini menimbulkan sejumlah spekulasi.

Sentuhan spiritual adalah sebuah aspek yang menjiwai manusia, bagi mereka yang merasakannya. Krisis pribadi dengan mencari penghiburan rohani karena orang itu sendiri tidak mampu mengatasi tekanan psikologis yang kuat.

Pertanyaan yang muncul, apakah organisasi keagamaan di Inggris saat ini memiliki cukup wawasan psikologi dan, sebaliknya, membentuk kelas-kelas terapi spiritual? Sebagai psikolog dan juga imam, Pastor Fraser Watts menjelaskan, terapis spiritual di Amerika, tampaknya jauh lebih baik ketimbang rekan-rekan mereka di Inggris.

Banyak perbedaan budaya menjadi sebuah dorongan tersendiri. Di AS, agama cenderung mengemban asosiasi-asosiasi kebebasan. Saya ingat seorang pendeta Amerika pernah mengatakan kepada saya, ketika saya menyatakan kagum dengan prevalensi religiusitas di AS, lalu ia mengatakan karena orang Amerika berasal dari Eropa yang melarikan diri akibat penganiayaan agama. Dua kata “agama” dan “kebebasan” secara alami bersama-sama menjiwai orang Amerika.

Di Inggris, meskipun, hal itu tampak bahwa banyak individu memandang agama sebagai pemuasan rohani mereka.

Jika memang demikian, penelitian baru itu menunjukkan kegagalan Gereja Inggris yang tidak hanya memenuhi kebutuhan spiritual. Orang tidak datang ke gereja, sejumlah mereka menjadi sakit mental sebagai akibat dari kegagalan agama.

http://indonesia.ucanews.com/2013/01...-sakil-mental/

Jadi bingung emoticon-Bingung emoticon-Bingung
0
12.2K
112
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan