tsavo_dracoAvatar border
TS
tsavo_draco
DPR Tak Sepakat FPI Dibubarkan


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi III, Gede Pasek Suardika kurang sepakat dengan wacana pembubaran Front Pembela Islam (FPI). Alasannya, pembubaran FPI secara institusi belum tentu menghilangkan aksi kekerasan para anggotanya.

"Jangan terlalu lembaga sentris. Memang kalau dibubarkan tidak bisa buat (lembaga) baru lagi?" kata Pasek ketika dihubungi wartawan, Jumat (19/7).

Pasek mengatakan, menyelesaikan masalah kekerasan FPI mesti mengacu pada perilaku oknum anggotanya, bukan terjebak pada organisasinya. "Cara berpikirnya seharusnya kepada perilaku yang dilakukan manusia, bukan terjebak pada organisasinya semata," lanjut dia.

Pasek menyatakan, aparat harus tegas menindak pemicu dan pemacu konflik sosial. Ketidaktegasan aparat hanya akan merembet pada hukum rimba di masyarakat. "Pelakunya terus ditindak lama-lama organisasinya juga akan surut," katanya.

Selama ini Pasek melihat proses hukum terhadap kekerasan FPI masih terlalu ringan. Dia menyatakan penegak hukum mesti bekerja profesional. "Tapi kalau hukumnya setengah-setengah jalannya maka sampai kapanpun akan begini saja," ujar politisi Partai Demokrat tersebut.
Reporter : Muhammad Akbar Wijaya
Redaktur : Mansyur Faqih

tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
3.9K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan