AanmediaAvatar border
TS
Aanmedia
Semua Emas di Bumi Berasal dari Tabrakan Bintang
Penelitian mengungkap bahwa semua materi emas yang ada di planet yang kita tinggali saat ini berasal dari tabrakan kosmis dari bintang-bintang yang mati.

Emas adalah sesuatu yang misterius karena asal-usulnya tidak diketahui. Namun sebuah penelitian mengungkap bahwa pembentukan logam berharga tersebut mungkin berasal dari tabrakan dari dua neutron bintang, atau bagian kecil dan padat dari bintang yang meledak.

"Kami memperkirakan bahwa jumlah emas yang muncul selama benturan dari dua neutron bintang mungkin sangat besar seperti 10 massa bulan," ungkap peneliti Edo Berger dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics (CfA), seperti dilansir Live Science.

Berger dan rekan-rekannya meneliti ledakan sinar gamma pendek yang sempat terlihat oleh NASA di awal Juni 2013 yang disebut GRB 130603B.

Ini adalah ledakan sinar gamma yang terjadi sekitar 3,9 miliar tahun cahaya dari bumi, yang berlangsung selama kurang dari dua persepuluh detik. Ledakan tersebut secara bertahap meredupkan cahaya yang didominasi oleh cahaya inframerah.

Para peneliti itu menyimpulkan bahwa cahaya ledakan berasal dari elemen radioaktif eksotis, yang dapat memunculkan materi kaya neutron ke bumi dari tabrakan bintang.

Emas adalah logam berharga paling langka di muka Bumi. Peneliti tersebut mengatakan bahwa dengan menggabungkan perkiraan emas yang dihasilkan dari ledakan gamma pendek, kemungkinan jumlah seluruh ledakan yang telah terjadi selama alam semesta ini ada, semua emas mungkin berasal dari ledakan sinar gamma.

INILAH

Gimana menurut Agan-agan?
nona212
nona212 memberi reputasi
1
2K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan