Quote:Original Posted By BC13
Hahaha yaa tergantung motornya gan.. Kalo tuh motor cc nya di atas 250cc pake kenalpot racing contoh HarleyDavidson, ane rasa suaranya ga terlalu bising malah ane doyan banget tuh sama gaharnya kenalpot moge. walaupun suaranya menggelegar, tapi ga bikin kuping sakit gan

Kecuali motor motor **** gan yg CC nya di bawah 250cc contoh sup"ra hhhh itu maah razia aja!! ane sebel bgt kalo tuh motor udah ngtrek di jalanin,mending tuh motor kenceng, laaah! Ini engga. suaranya doang yg kenceng larinya mah kaga ada gan

Kesimpulan ane setuju sama pendapat ts TAPI harus ada batasan batasanya


aduh suara moge mah gimanaaa gitu... enak di denger walopun gede. itu yg cempreng2 ala2 orang kampungan itu yg harus di basmi
kalo ngak sesuai dicopot aja
setuju Gan...berisik bgt.
itu knalpot sebenernya punya pengaruh apa sih ke motor??
cuma dipake gaya2an aja kan???
tapi pengaruh negatifnya bising
Quote:Original Posted By blacklistz


wuih iya, yang penting puas dong, ngapain mikirin orang lain
dahsyat


coba ane balikin lagi, kalo di razia, knalpot-knalpot MAHAL kita siapa yang mau mikirin ganti ruginya ?

yang penting kuping ente tenang ya, ga mikirin orang lain yg di razia kehilangan UANG nya . DAHSYAT

sorry, ane pengguna R9 yang ane rasa ga pantes buat di razia, kalau razia ya equal lah, berisik ya sama ratain walaupun MOGE sekalipun,jangan pilih-pilih yang ini enak di dengernya, yg ini ngga, emangnya x factor ? berisik ya berisik, adem ya adem,jangan yg adem di berisik2in.
setuju bangeet
Quote:Original Posted By xalvinx


coba ane balikin lagi, kalo di razia, knalpot-knalpot MAHAL kita siapa yang mau mikirin ganti ruginya ?

yang penting kuping ente tenang ya, ga mikirin orang lain yg di razia kehilangan UANG nya . DAHSYAT

sorry, ane pengguna R9 yang ane rasa ga pantes buat di razia, kalau razia ya equal lah, berisik ya sama ratain walaupun MOGE sekalipun,jangan pilih-pilih yang ini enak di dengernya, yg ini ngga, emangnya x factor ? berisik ya berisik, adem ya adem,jangan yg adem di berisik2in.


ya resiko lah, apa ane nyuruh ente beli knalpot itu ? ngga
ane yakin dengan membeli kenalpot mahal itu ente udah tau resikonya pake di jalanan indonesia yang punya aturan
setuju kok R9 punya suara yang halus, adem di banding knalpot abal" yg laen
tapi tetep om, sehalus apapun knalpot racing ga bakal lebih halus dari knalpot standar
Quote:Original Posted By guoblokk


kalau gitu pertanyaannya , kenapa knalpot masih bebas di jual dan produsen bisa berbadan hukum ? hayo
modifikasi motor harus ada surat dari dit lantas ? ada berapa milyar motor yg harus di suratin karena modifikasi ? ganti jok motor aja itungannya udah modifikasi loh.


urusan produsen itu ada di Badan Perizinan Terpadu dan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan bukan dari Dit Lantas, produsen memproduksi knalpot tersebut sebenarnya untuk motor yang dikhususkan untuk disirkuit/ balapan.. bukan untuk pemakaian harian , disini konsumen yang salah menggunakannya,,

modifikasi pun memiliki aturannya gan,,agan sudah tau ada UU tersebut kenapa masih mencoba melawan hukum,bukannya malah menaatinya,, tujuannya bai buat agan dan buat pengendara lainnya..

Adapun mengenai modifikasi menurut Kententuan Pasal 1 angka 12 PP No. 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan (“PP No. 55/2012”), menjelaskan bahwa Modifikasi Kendaraan Bermotor adalah perubahan terhadap spesifikasi teknis dimensi, mesin, dan/atau kemampuan daya angkut Kendaraan Bermotor.

Setiap kendaraan bermotor yang dimodifikasi yang menyebabkan perubahan tipe berupa dimensi, mesin, dan kemampuan daya angkut akan dilakukan penelitian rancang bangun dan rekayasa Kendaraan Bermotor, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 52 ayat (1) UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (“UU No. 22/2009”) juncto Pasal 123 ayat (1) huruf b juncto Pasal 131 huruf (e) PP No. 55/2012. Adapun penelitian tersebut meliputi aspek:
1. rancangan teknis;
2. susunan;
3. ukuran;
4. material;
5. kaca, pintu, engsel, dan bumper;
6. sistem lampu dan alat pemantul cahaya; dan
7. tempat pemasangan tanda nomor Kendaraan Bermotor.

Khusus mengenai modifikasi sebagaimana tersebut di atas hanya dapat dilakukan setelah mendapat rekomendasi dari agen tunggal pemegang merek. Dan yang berhak untuk melakukan modifikasi adalah bengkel umum yang ditunjuk oleh menteri yang bertanggung jawab di bidang industri. Hal ini diatur dalam Pasal 132 ayat (5) dan ayat (6) PP No. 55/2012.

Artinya, modifikasi kendaraan yang dapat dilakukan, antara lain:
- modifikasi dimensi hanya dapat dilakukan pada perpanjangan atau pemendekan landasan (chassis) tanpa mengubah jarak sumbu dan konstruksi Kendaraan Bermotor tersebut;
- modifikasi mesin dilakukan dengan mengganti mesin dengan mesin yang merek dan tipenya sama;
- Modifikasi daya angkut hanya dapat dilakukan pada Kendaraan Bermotor dengan menambah sumbu bagian belakang tanpa mengubah jarak sumbu aslinya dan sumbu yang ditambahkan harus memiliki material yang sama dengan sumbu aslinya dan harus dilakukan perhitungan sesuai dengan daya dukung jalan yang dilalui.

Selain dari pada itu, merujuk pada Pasal 50 ayat (1) UU No. 22/2009 mensyaratkan bahwa setiap kendaraan yang dilakukan modifikasi dengan mengakibatkan perubahan tipe maka diwajibkan untuk dilakukan Uji Tipe. Uji Tipe dimaksud terdiri atas:

1. pengujian fisik untuk pemenuhan persyaratan teknis dan laik jalan yang dilakukan terhadap landasan Kendaraan Bermotor dan Kendaraan Bermotor dalam keadaan lengkap; dan

2. penelitian rancang bangun dan rekayasa Kendaraan Bermotor yang dilakukan terhadap rumah-rumah, bak muatan, kereta gandengan, kereta tempelan, dan Kendaraan Bermotor yang dimodifikasi tipenya.

Adapun Kendaraan Bermotor yang dimodifikasi sehingga mengubah persyaratan konstruksi dan material wajib dilakukan uji tipe ulang. Selain itu, dalam hal telah dilakukan uji tipe ulang kendaraan bermotor tersebut wajib untuk dilakukan registrasi dan identifikasi ulang, hal ini sesuai dengan ketentuan Pasal 50 ayat (3) dan ayat (4) UU No. 22/2009.

Persyaratan lain yang perlu untuk diketahui adalah setiap Modifikasi Kendaraan Bermotor tidak boleh membahayakan keselamatan berlalu lintas, mengganggu arus lalu lintas, serta merusak lapis perkerasan/daya dukung jalan yang dilalui, sebagaimana diatur dalam Pasal 50 ayat (2) UU No. 22/2009.

Selanjutnya, dalam hal kendaraan bermotor akan melakukan modifikasi maka wajib untuk mengajukan permohonan kepada menteri yang bertanggungjawab di bidang sarana dan prasarana lalu lintas dan angkutan jalan, sehingga apabila kemudian kendaraan dimaksud telah diregistrasi Uji Tipe maka instansi yang berwenang akan memberikan sertifikat registrasi Uji Tipe, dalam hal ini Kementerian Perhubungan.

Adapun Sertifikat Uji Tipe diterbitkan oleh menteri yang bertanggung jawab di bidang sarana dan prasarana lalu lintas dan angkutan jalan. Sedikitnya pada Sertifikat Uji Tipe nantinya memuat tentang identitas dari pemodifikasi dan hal-hal lain sebagaimana dimaksud dalam Pasal 129 ayat (1) PP No. 55/2012.

Berdasarkan hal-hal kami sampaikan di atas maka jelas bahwa setiap pihak yang hendak melakukan modifikasi atas kendaraan bermotornya, diwajibkan untuk memiliki izin atas modifikasinya sebagaimana dipersyaratkan dalam UU No.22/2009 dan PP No.55/2012.

Jika modifikasi dilakukan tanpa memiliki izin, maka berdasarkan Pasal 277 UU No.22/2009 pihak yang melanggar dapat dikenakan sanksi pidana berupa pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp24.000.000,00 (dua puluh empat juta Rupiah).

kami hanya mengingatkan tapi kalau agan tetap bersikeras ya ditunggu di jalan aja buat ditindak..


sekarang gini ya, yang di ributin orang ini apa sih ? berisik ? knalpot racing ngga semuanya berisik yang menyelekit di telinga kok, tergantung kelasnya yang beli.

kalau knalpotnya di bobok, atau custom nge las sendiri ya itu berisiknya pake banget.

coba kalau sekelas R9, emang R9 ori berisiknya pake banget ? engga kan.

sekarang balik lagi ke penggunanya,mau pake knalpot apapun kalau ngga punya etika berkendara,pake knalpot ori bawaan pun masuk gang pasti ngebut.

sekarang pedomannya saya lihat yg ini deh,



sekarang coba yang punya ipad atau apa lah install soundmeter / decibel 10th

ya ngga akurat banget sih,tapi buat lihat gambaran ajaa

Quote:Original Posted By blacklistz


ya resiko lah, apa ane nyuruh ente beli knalpot itu ? ngga
ane yakin dengan membeli kenalpot mahal itu ente udah tau resikonya pake di jalanan indonesia yang punya aturan
setuju kok R9 punya suara yang halus, adem di banding knalpot abal" yg laen
tapi tetep om, sehalus apapun knalpot racing ga bakal lebih halus dari knalpot standar


ya emang ane mau gan ane mauuuu buset dah hahahaha.
ya kalu masalah alus ya pastilah, nenek-nenek jadi DJ juga tau, masalahnya kan kenyamanan kuping di konteks knalpot racing.

ane yakin knalpot racing yang bikin agan-agan semua ga tenang di kuping itu knalpot yang murahan yg hasil anak alay ngelas-ngelas.

yg kayak gini nih

Spoiler for kanlpot:


pada dasarnya ane setuju di razia, tapi yg knalpotnya ga jelas. kalo mau pake knalpot racing ya pake yg ga terlalu menggaangu lah.

masa bunyi (knalpot gak jelas) saat di bawa 20km/H suaranya sama dengan knalpot R9 yang di tarik saat 100km/H

kan jadi ngga equal,
Quote:Original Posted By xalvinx



ya emang ane mau gan ane mauuuu buset dah hahahaha.
ya kalu masalah alus ya pastilah, nenek-nenek jadi DJ juga tau, masalahnya kan kenyamanan kuping di konteks knalpot racing.

ane yakin knalpot racing yang bikin agan-agan semua ga tenang di kuping itu knalpot yang murahan yg hasil anak alay ngelas-ngelas.

yg kayak gini nih

Spoiler for kanlpot:


pada dasarnya ane setuju di razia, tapi yg knalpotnya ga jelas. kalo mau pake knalpot racing ya pake yg ga terlalu menggaangu lah.

masa bunyi (knalpot gak jelas) saat di bawa 20km/H suaranya sama dengan knalpot R9 yang di tarik saat 100km/H

kan jadi ngga equal,


nah itu, ente yang mau sendiri, otomatis ente yang harus nanggung resiko kalo di rajia dan kehilangan uang, istilah sundanya mah "wayahna"
ngga, ane pribadi (dan ane yakin kebanyakan orang) keganggu juga kok sama knalpot mahal sekalipun kaya R9
di samping emang berisik (buat ane) plus anginnya yg ngehadep ke muka tiap ane di belakang motor yg pake knalpot racing, apalagi knalpot R9 rata" ngehadep keatas semua kan ?
sorry to say, just my 2 cents

ente boleh memperjuangkan hak ente pake knalpot mahal, tapi ane juga berhak memperjuangkan pendapat ane bahwa knalpot bising non ori wajib di sterilkan

case close deh, salam damai sesama biker
Quote:Original Posted By xalvinx


sekarang gini ya, yang di ributin orang ini apa sih ? berisik ? knalpot racing ngga semuanya berisik yang menyelekit di telinga kok, tergantung kelasnya yang beli.

kalau knalpotnya di bobok, atau custom nge las sendiri ya itu berisiknya pake banget.

coba kalau sekelas R9, emang R9 ori berisiknya pake banget ? engga kan.

sekarang balik lagi ke penggunanya,mau pake knalpot apapun kalau ngga punya etika berkendara,pake knalpot ori bawaan pun masuk gang pasti ngebut.

sekarang pedomannya saya lihat yg ini deh,



sekarang coba yang punya ipad atau apa lah install soundmeter / decibel 10th

ya ngga akurat banget sih,tapi buat lihat gambaran ajaa



ya emang ane mau gan ane mauuuu buset dah hahahaha.
ya kalu masalah alus ya pastilah, nenek-nenek jadi DJ juga tau, masalahnya kan kenyamanan kuping di konteks knalpot racing.

ane yakin knalpot racing yang bikin agan-agan semua ga tenang di kuping itu knalpot yang murahan yg hasil anak alay ngelas-ngelas.

yg kayak gini nih

Spoiler for kanlpot:


pada dasarnya ane setuju di razia, tapi yg knalpotnya ga jelas. kalo mau pake knalpot racing ya pake yg ga terlalu menggaangu lah.

masa bunyi (knalpot gak jelas) saat di bawa 20km/H suaranya sama dengan knalpot R9 yang di tarik saat 100km/H

kan jadi ngga equal,


intinya itu bukan knalpot ori dari pabrik yang mengeluarkan kendaraan tersebut.. kalau menurut agan itu benar ya itu hak agan tapi bagi kami tetap itu salah,knalpot racing ditujukan untuk motor khusus seperti motor sirkuit bukan motor dijalan raya..
Sekeras apapun digeber knalpot standar pabrikan itu tidak akan mengganggu pengguna jalan,berbeda dengan knalpot racing sepelan apapun di gebernya tetap itu modifikasi..
Jangan salahkan motor" gede,itu sudah sesuai dengan spesifikasi dari pabrikan yang mengeluarkan,lagipula motor gede punya batas kegunaan bukan sembarang jalan..

Hargai peraturan dan hargai pengguna jalan yang lain,semoga kita bertemu di jalan dan ane harap agan bisa menjelaskan mana itu knalpot standar pabrik dan mana modifikasi..
Setubuh untuk dirazia lah....kalo gak mau dirazia atau denda, bisa" digebukin satu kampung...
Quote:Original Posted By blacklistz


nah itu, ente yang mau sendiri, otomatis ente yang harus nanggung resiko kalo di rajia dan kehilangan uang, istilah sundanya mah "wayahna"
ngga, ane pribadi (dan ane yakin kebanyakan orang) keganggu juga kok sama knalpot mahal sekalipun kaya R9
di samping emang berisik (buat ane) plus anginnya yg ngehadep ke muka tiap ane di belakang motor yg pake knalpot racing, apalagi knalpot R9 rata" ngehadep keatas semua kan ?
sorry to say, just my 2 cents

ente boleh memperjuangkan hak ente pake knalpot mahal, tapi ane juga berhak memperjuangkan pendapat ane bahwa knalpot bising non ori wajib di sterilkan

case close deh, salam damai sesama biker

agan ini cerdas mengerti dengan apa yang ditujukan..
musnahin aje, bikin brisik, mending kalo dia arena balap, lha ini di jalan raya
setuju gan, bikin sakit telinga, mending hasrat mreka2 tsb disalurkan di wadah yg semestinya...
setuju gan
norak
apalagi ada yang sengaja dimainin gas nya
setuju si gan, tp keberandalan hampir g bisa dimusnahkan di dunia ini, ada baik, pasti ada buruk
setuju nbanget iutu,,, bikin emosi aja kenalpot gt

jangan knalpotnya doang gan di rajia.. tokonye noh rubuhin daah
Ane setuju banget gan, bagi pengguna sepeda motor yang memakai knalpot brong suaranya itu membuat telinga sakit di dengar orang lain yang berada di sekitarnya kalo bisa di razia aza.
suruh pake' knalpot yang ori atau yang tidak membuat telinga sakit
selain yang bising gan, yang angin knalpot nya kenceng yang sampe bikin mata kedip harus di razia juga...
karena membahayakan pengendara lain...
ane udah beberapa kali hampir nabrak gara2 knalpot model gitu...
ngeselin banget...
ane mah setuju gan knalpot knalpot racing dirazia karna suaranya yang bising apalagi kalo yang pake knalpot ini ABG bisa sok sok'an digeber geber gasnya malah jadi berisik