Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pazzorangeAvatar border
TS
pazzorange
22 Tahun 2 Bulan dan 22 Hari, Untuk membangun Indonesia
Dua puluh dua tahun dua bulan dua puluh dua hari ayat – ayat Al-Qur’an diturunkan secara berturut – turut. Dan selama itu pula Nabi Muhammad SAW dan para sahabat tekun da gigih mengajarkan Al-Qur’an, Menbimbing dan membangun masyarakat dengat segala keterpaduan ilmu yang terkandung dalam Al-Qur’an.

Mengapa dalam rentang waktu 20 tahun?
kenapa lebih dari 20 tahun Al-Qur’an diturunkan, selesai dan berhasil?

Dalam bidang pendidikan, Al-Qur’an menuntut bersatunya kata dengan sikap. Karena itu keteladanan para pendidik dan tokoh masyarakat. Pada saat Al-Qur’an mewajibkan seorang anak untuk menghormati orang tuanya, pada saat itu pula ia mewajibkan orang tua mendidik anak – anaknya. Pada saat masyarakat diwajibkan menaati Rasul dan para pemimpin, pada saat yang sama Rasul dan para pemimpin diperintahkan menunaikan amanah, menyayangi yang dipimpin sambil bermusyawarah dengan mereka.

Demikianlah Al-Qur’an menuntut keterpaduan orangtua, masyarakat, dan pemerintah. Tak mungkin keberhasilan dapat tercapai tanpa keterpaduan, dan tidak mungkin kita berhasil kalau beban pendidikan hanya dipikul oleh satu pihak, atau hanya ditangani oleh guru dan dosen tertentu tanpa melibatkan seluruh unsur kependidikan.

Oleh karena itu Al-Qur’an membutuhkan waktu selama 20 tahun lebih untuk mengiplementasikan nilai – nilai yang terkandung didalamnya dan memberikan efek kemajuan yang luar biasa dan tak lekang oleh zaman.

Berikut adalah hasil riset yang mendukung kenapa dibutuhkan waktu 20 tahun lebih Al-Qur’an diturunkan. Seorang guru besar di Harvard university melakukan penelitian pada 40 negara untuk mengetahui factor kemajuan atau kemunduran suatu Negara (Butuh Koreksi).
Salah satu factor utamanya adalah materi bacaan dan sajian yang disuguhkan kepada generasi muda. Dan ditemukan bahwa dua puluh tahun menjelang kemajuan atau kemunduran suatu Negara adalah karena selama kurun waktu tersebut, para generasi muda dibekali sajian bacaan tertantu, berperan dalam berbagai aktifitas sesuai dengan hakikat dari bahan bacaan tersebut. Demikian pula proses merasuknya nilai – nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an selama lebih dari 20 tahun.

Dan satu lagi bukti sejarah, ideologi Republik Indonesia lahir pada sebuah buku karangan Tan Malaka - Naar de Republiek Indonesia (Menuju Republik Indonesia, 1924). Peran para pemuda membara dan menyatu pada sumpah pemuda 1928. Moh. Hatta menulis Indonesia Vrij (1928), disusul Soekarno Menuju Indonesia Merdeka (1933). dan Indonesia lahir sebagai sebuah Negara berdaulat pada kurun 20 tahun setelah pertama kali ideologi itu lahir.

Kebetulankah?

Jika memang benar demikian adanya, kemerosotan nilai – nilai luhur bangsa ini juga mampu diperbaiki dengan pola dan kurun waktu yang sama, masa depan ditangan pemuda, mungkin seseorang telah memulai rekondisi moral bangsa ini seperti yang dilakukan Muhammad Saw, atau seperti motivasi merdeka dalam karya Tan Malaka. Atau mungkin belum sama sekali?


Semoga Tulisan ini bermanfaat.
0
952
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan