KASKUS

mau nanya lg yah...
klo minyak power steering apakah ok jika pake dextron 3?td saya beli shell Atf DIII krn yg IID ga ada..tanya ke sun motor, mrk jg pake DIII..
nah masalahnya saya ga tau user yg lama pk DII atau DIII...
klo dicampur bisa ga yah?
td iseng tanya di toko khusus chevrolet di kalimalang,fuel pump tanpa merk..hrgnya 350 rb..lumayan buat serep tuh...saya nanya yg rotax ga ada

salam kenal

Salam para madter suhu... saya nubie pengangon DOHC biru 97 dari solo... mohon bimbingannya
Quote:Original Posted By b6672ks
mau nanya lg yah...
klo minyak power steering apakah ok jika pake dextron 3?td saya beli shell Atf DIII krn yg IID ga ada..tanya ke sun motor, mrk jg pake DIII..
nah masalahnya saya ga tau user yg lama pk DII atau DIII...
klo dicampur bisa ga yah?
td iseng tanya di toko khusus chevrolet di kalimalang,fuel pump tanpa merk..hrgnya 350 rb..lumayan buat serep tuh...saya nanya yg rotax ga ada


Rotax memang sudah lama nggak ada di pasaran. Mungkin karena lebih mahal. Maklum konsumen kita kebanyakan sangat price sensitive.

Untuk minyak power steering, saya nggak ingat pasti, tapi rasanya kalau yang netral, bisa aja dicampur. (Yang ini harap cek sama mekanik).

Tanyaa gan..:D

Dear masta2 blazer owner sklian..ane mau tanya neh, ane ada niat mau nebus opel blazer 1.6 V DOHC taun 1996..nah,, karena ada bbrp hal yg ingin ane tnyain sblm beli ne mobil gan..

1. Pajak pertaun opel blazer taun 1996 brpa ya gan??
2. Kalo bensin,, kalo penggunaan di kota perbandingan 1 liter bs buat brp km ya gan?? Fyi ane tinggal di sby..

Yap,, pertanyaannya berhubungan ma duit gan..maklum ane masih kuliah n bisnis kecil2an,, jd pendapatan ga bs "rata" n ane kudu kalkulasiin harga pajak, bensin, perawatan ama harga cicilan mobil (ane mw belinya kredit gan, ga kuat kl cash coz ga dibantu duit ortu sama sekali )

Thanks bagi para agan2 blazer owner :beer
Quote:Original Posted By angga_c5
Dear masta2 blazer owner sklian..ane mau tanya neh, ane ada niat mau nebus opel blazer 1.6 V DOHC taun 1996..nah,, karena ada bbrp hal yg ingin ane tnyain sblm beli ne mobil gan..

1. Pajak pertaun opel blazer taun 1996 brpa ya gan??
2. Kalo bensin,, kalo penggunaan di kota perbandingan 1 liter bs buat brp km ya gan?? Fyi ane tinggal di sby..

Yap,, pertanyaannya berhubungan ma duit gan..maklum ane masih kuliah n bisnis kecil2an,, jd pendapatan ga bs "rata" n ane kudu kalkulasiin harga pajak, bensin, perawatan ama harga cicilan mobil (ane mw belinya kredit gan, ga kuat kl cash coz ga dibantu duit ortu sama sekali )

Thanks bagi para agan2 blazer owner :beer


Kalau pajaknya dulu ane bayar Rp1,1 juta, Montera th 2000. Kalau Blazer th 96 mungkin lebih murah lagi.
Kalau konsumsi bensin, yang penting mesin dalam kondisi sehat dan didukung cara mengemudi yang baik, maka bakal dapet tuh konsumsi bensin yang optimal. Di beberapa page depan sdh ada dibahas ttg ini oleh Mentari Motor. Browse aja gan.

OK. Moga-moga berjodoh dengan blazernya.
Quote:Original Posted By Djamboelz
Salam para madter suhu... saya nubie pengangon DOHC biru 97 dari solo... mohon bimbingannya
welcome aboard brad

Quote:Original Posted By angga_c5
Dear masta2 blazer owner sklian..ane mau tanya neh, ane ada niat mau nebus opel blazer 1.6 V DOHC taun 1996..nah,, karena ada bbrp hal yg ingin ane tnyain sblm beli ne mobil gan..

1. Pajak pertaun opel blazer taun 1996 brpa ya gan??
2. Kalo bensin,, kalo penggunaan di kota perbandingan 1 liter bs buat brp km ya gan?? Fyi ane tinggal di sby..

Yap,, pertanyaannya berhubungan ma duit gan..maklum ane masih kuliah n bisnis kecil2an,, jd pendapatan ga bs "rata" n ane kudu kalkulasiin harga pajak, bensin, perawatan ama harga cicilan mobil (ane mw belinya kredit gan, ga kuat kl cash coz ga dibantu duit ortu sama sekali )

Thanks bagi para agan2 blazer owner :beer


1. DOHC 2001 kena 1,1 juga
2. Dalem kota 1:6 / 1: 7 Luar Kota 1:8 s/d 1:11..tp bener kata om seno diatas gimana style driving & kondisi umum kebo-nya

need help : kebo ane mogok.....

jadi kemarin sore pas mau dipake, kebo pada saat distarter, mesinnya ga mau nyala..distarter beberapa kali tetep ga nyala...
cek aki, voltase bagus, apakah fuelpumpnya yah?
need help dong...
Quote:Original Posted By b6672ks
jadi kemarin sore pas mau dipake, kebo pada saat distarter, mesinnya ga mau nyala..distarter beberapa kali tetep ga nyala...
cek aki, voltase bagus, apakah fuelpumpnya yah?
need help dong...


Cobain gan rotax cadangannya dipasang...
hm.. kayaknya dengan berat hati ane perlu jual kebo nh.. th 1997 DOHC. Soalnya istri mulai ngantor lagi dan perlu mobil yg lebih praktis, mudaan, matic.. dan ngirit, kalo bisa diesel..

kira kira harga jualnya berapa ya..?
Quote:Original Posted By b6672ks
jadi kemarin sore pas mau dipake, kebo pada saat distarter, mesinnya ga mau nyala..distarter beberapa kali tetep ga nyala...
cek aki, voltase bagus, apakah fuelpumpnya yah?
need help dong...


Utk ngecek fuel pump, buka tutup pentil dekat batang injector, tekan pentilnya pada saat kunci kontak start, kalau bensin mau muncrat, berarti fuelpump OK.
Quote:Original Posted By senopati994


Utk ngecek fuel pump, buka tutup pentil dekat batang injector, tekan pentilnya pada saat kunci kontak start, kalau bensin mau muncrat, berarti fuelpump OK.

kunci kontak di ON kan atau posisi kayak mesin distarter?
posisi pentilnya yg sebelah mana yah? oya, saya montera lho om..
Quote:Original Posted By b6672ks
mau nanya lg yah...
klo minyak power steering apakah ok jika pake dextron 3?td saya beli shell Atf DIII krn yg IID ga ada..tanya ke sun motor, mrk jg pake DIII..
nah masalahnya saya ga tau user yg lama pk DII atau DIII...
klo dicampur bisa ga yah?
td iseng tanya di toko khusus chevrolet di kalimalang,fuel pump tanpa merk..hrgnya 350 rb..lumayan buat serep tuh...saya nanya yg rotax ga ada


Mending kuras sekalian ganti baru minyak power steeringnya, lebih aman tanpa was-was. Biayanya lebih murah dari menuhin tangki bensin kok.

Quote:Original Posted By b6672ks
jadi kemarin sore pas mau dipake, kebo pada saat distarter, mesinnya ga mau nyala..distarter beberapa kali tetep ga nyala...
cek aki, voltase bagus, apakah fuelpumpnya yah?
need help dong...


Bensin masih ada ato tinggal dikit? Kadang kalo bensin tinggal dikit dan posisi mobil nanjak suka mogok gak mau distarter, karna tangki miring bensin gak kesedot ama FP.

Bisa juga cek FP kayak saran agan seno. Di deket tempat minyak power steering ada tempat buat jumper test FPnya, trus lihat semburan bensinnya dari pentil fuel railnya, muncrat kencang gak bensinnya. Kalo masih muncrat berarti FP ok.

Spoiler for tempat jumper fuel pump:


Spoiler for Cara tes fuel pump:
mau tanya nih kawan2 pecinta kebo

rencana bapak saya mau beli blazer versi dohc LT

alasan saya minatnya:
-KATANYA DOHC lebih bertenaga
-KATANYA versi LT paling mewah
-KATANYA blazer terkenal kuat rangkanya,bumpernya,dll

nah tapi ada beberapa kekurangan yg saya tidak suka
-KATANYA blazer yang barisnya 3 deret hanya versi Montera
-KATANYA DOHC lebih boros dari SOHC
-KATANYA DOHC lebih susah perawatannya dan sparepartnya(lebih mahal)
-KATANYA AC nya suka rewel ya bawa an nya

nah pertanyaan saya...

1. Apakah versi DOHC LT bisa di modifikasi jadi 3 deret?? jika bisa berapa kira2 total ongkosnya+kursi+dll?

2.apakah benar DOHC lebih susah cari sparepartnya?lebih mahal dari SOHC?lebih susah rawatnya dari SOHC?

3.apakah benar DOHC lebih boros dari SOHC?? perbandingan DOHC dan SOHC dalkot dan lukot berapa sih??

4.denger2 kan blazer katanya beratnya hampir 2 ton. nah yg saya tanya blazer kuat ditanjakan gak?? bagaimana dengan sistem remnya? mesinnya?

5.apa bedanya ya Opel Blazer sama Chevrolet Blazer?? apakah jika Opel lebih susah cari sparepartnya? lebih mahal?

6.Blazer yang bisa di modifikasi head unit nya jadi TV/LCD itu tahun berapa ya?

7.katanya AC nya sering rewel,karena bawaannya merk Harisson,bener gak? kalau diganti merk Denso atau merk ternama lainnya bisa gak? totalnya kena berapa kalo bisa?

8.katanya mesinnya cepet panas kalau macet,bener gak?

9.apa yang membuat blazer beratnya 2 ton?? fortuner/hummer h3 saja yang sebesar itu gak sampai tuh 2 ton?

10.dapetin sparepartnya kebo ini chevrolet/opel/DOHC/SOHC di surabaya ada kan?? dimana ya??(kalo bisa sama alamat bengkel spesailis kebo)

10.ane jadi bingung gan milih versi kebo yang mana... banyak amat ada ls , lv ,dll.
sebenernya ane cari yang 3 deret ,terus yang mewah(kayak versi LT) ,tapi katanya versi LT gak ada yang 3 deret, dan yang paling saya incer di versi LT itu wood panelnya,keren... tapi saya sering lihat blazer versi LT ada yang ada wood panel ada yang gak, yang bener mana sih gan???

sori gan banyak tanya,maklum masih newbie di bidang kebo ,hehehe

tolong dijawab sebisa mungkin ya... 1 jawabanmu berharga untukku ‪#‎cieeee‬

Salam Blazer
Quote:Original Posted By Aripndut


Mending kuras sekalian ganti baru minyak power steeringnya, lebih aman tanpa was-was. Biayanya lebih murah dari menuhin tangki bensin kok.



Bensin masih ada ato tinggal dikit? Kadang kalo bensin tinggal dikit dan posisi mobil nanjak suka mogok gak mau distarter, karna tangki miring bensin gak kesedot ama FP.

Bisa juga cek FP kayak saran agan seno. Di deket tempat minyak power steering ada tempat buat jumper test FPnya, trus lihat semburan bensinnya dari pentil fuel railnya, muncrat kencang gak bensinnya. Kalo masih muncrat berarti FP ok.

Spoiler for tempat jumper fuel pump:


Spoiler for Cara tes fuel pump:


lha kok yg ini pake tespen, menurut bro senopati ga pake tes pen..yg bener yg mana yah?
trs bensin seperempat aja kurangnya alias hampir full..
tapi saya kok agak curiga sama sekring ECU nih..krn seingetku di sekringnya agak coklat kehitaman kyk debu gitu...tp kawatnya ga putus..
nah mungkinkah krn sekring terbakar maka distarter ga mau nyala?
Quote:Original Posted By TheAsset
hm.. kayaknya dengan berat hati ane perlu jual kebo nh.. th 1997 DOHC. Soalnya istri mulai ngantor lagi dan perlu mobil yg lebih praktis, mudaan, matic.. dan ngirit, kalo bisa diesel..

kira kira harga jualnya berapa ya..?

pic-nya dong ext sama int....ntar bisa ditaksir sm sepuh dimarih hehe
Quote:Original Posted By dhanijitu
mau tanya nih kawan2 pecinta kebo

rencana bapak saya mau beli blazer versi dohc LT

alasan saya minatnya:
-KATANYA DOHC lebih bertenaga
-KATANYA versi LT paling mewah
-KATANYA blazer terkenal kuat rangkanya,bumpernya,dll

- kalo di atas kertas mah emang power lbh keluar DOHC..tp gmn kondisi juga gan kalo dapet DOHC nya ngga sehat ya ngga ada powernya hehe
- LT lebih mewah? mungkin iya kalo di kondisi STD nya, tapi gan kalo dapet pemilik yg kebonya di modif interior/exterior bisa ngalahin mewahnya LT tuh hehe
- Nah kalo ini iya..becak sama tembok garasi ane sukses ditanduk dan tidak ada kerusakan berarti di bemper kebo ane...


Quote:Original Posted By dhanijitu

nah tapi ada beberapa kekurangan yg saya tidak suka
-KATANYA blazer yang barisnya 3 deret hanya versi Montera
-KATANYA DOHC lebih boros dari SOHC
-KATANYA DOHC lebih susah perawatannya dan sparepartnya(lebih mahal)
-KATANYA AC nya suka rewel ya bawa an nya

- ane mah enak 2 baris..bagasi lega--gelar kasur--udah deh jadi tempat fave-anak2 ane hahaha
- Bensin sih 1:7 s/d 1:10 lah kalo luar kota..kalo timing belt emang penggantian di DOHC lebih cepat dr SOHC..beda 30.000 km kalo ga salah CMIIW
- Alhamdulillah ane dapet dr pemilik yg apik masih merek DELPHI..pernah bunyi krosok2..dibersiin ama tk AC + isi Freon udah jalan ampe skrg hehe



Quote:Original Posted By dhanijitu

1. Pass
2.apakah benar DOHC lebih susah cari sparepartnya?lebih mahal dari SOHC?lebih susah rawatnya dari SOHC?
semenjak ngangon DOHC sparepart ganti --laher--timingbelt set--ngga susah

3. pass
Quote:Original Posted By dhanijitu

4.denger2 kan blazer katanya beratnya hampir 2 ton. nah yg saya tanya blazer kuat ditanjakan gak?? bagaimana dengan sistem remnya? mesinnya?
wah kuat banged..gi gi 3-nya powerfull--nafasnya panjaaaang... bis deret 2..tanjakan gentong ciawi tasik bisa sekali libas om..(asal ngatur gigi sebelum nyalip bener aja sih hehe)

5. pass


6.pass


7.pass

Quote:Original Posted By dhanijitu

8.katanya mesinnya cepet panas kalau macet,bener gak?
kalo sistem pendinginannya bener mah paling kalo di BANDUNG mentok di 80 C sih kalo yg anemah (kondisi AC jalan)

Quote:Original Posted By dhanijitu

9.apa yang membuat blazer beratnya 2 ton?? fortuner/hummer h3 saja yang sebesar itu gak sampai tuh 2 ton?
kulitnya tebel om wkwkwk

10. pass


Quote:Original Posted By dhanijitu

10.ane jadi bingung gan milih versi kebo yang mana... banyak amat ada ls , lv ,dll.
sebenernya ane cari yang 3 deret ,terus yang mewah(kayak versi LT) ,tapi katanya versi LT gak ada yang 3 deret, dan yang paling saya incer di versi LT itu wood panelnya,keren... tapi saya sering lihat blazer versi LT ada yang ada wood panel ada yang gak, yang bener mana sih gan???
apapun tipenya kalo kondisi nya sehat..sikaaat aja gan



Quote:Original Posted By angga_c5

1. Pajak pertaun opel blazer taun 1996 brpa ya gan??
2. Kalo bensin,, kalo penggunaan di kota perbandingan 1 liter bs buat brp km ya gan?? Fyi ane tinggal di sby..



ane pake montera 2001 1,2an gan. Plat B ya. Denger2 sih pajak di plat L lebih mahal.. hehehe..

Quote:Original Posted By pixelm
welcome aboard brad



1. DOHC 2001 kena 1,1 juga
2. Dalem kota 1:6 / 1: 7 Luar Kota 1:8 s/d 1:11..tp bener kata om seno diatas gimana style driving & kondisi umum kebo-nya



entah kenapa, setelah nyampe Lombok kok jadi berasa boros bgt ya kebo ane. Diitung2 sekitar 1:6. Padahal disini ga macet, dan jalanan mulus. Beda banget sama di bandung yang tiap hari macet dan jalan butut dimana2, tapi masih dapet 1:8-1:10

Quote:Original Posted By pixelm


wah kuat banged..gi gi 3-nya powerfull--nafasnya panjaaaang... bis deret 2..tanjakan gentong ciawi tasik bisa sekali libas om..(asal ngatur gigi sebelum nyalip bener aja sih hehe)


iya bener banget. nanjak di tawangmangu enak bgt ngelibas apanja inopa. Yang keliatan nempel di kaca spion cuman triton.. hehehe..

oya setelah ane cek akinya, dinyatakan sudah sekarat. Ganti aki Yuasa Hibrid ga nyampe 600rebu. Lumayan
Quote:Original Posted By b6672ks

kunci kontak di ON kan atau posisi kayak mesin distarter?
posisi pentilnya yg sebelah mana yah? oya, saya montera lho om..


Kalau nggak salah, dalam posisi ON pompa bensin sdh bekerja, tapi saya lupa, ini benar atau tidak. Kalau posisi start, sdh pasti pompa bensin bekerja.

Quote:Original Posted By b6672ks

lha kok yg ini pake tespen, menurut bro senopati ga pake tes pen..yg bener yg mana yah?
trs bensin seperempat aja kurangnya alias hampir full..
tapi saya kok agak curiga sama sekring ECU nih..krn seingetku di sekringnya agak coklat kehitaman kyk debu gitu...tp kawatnya ga putus..
nah mungkinkah krn sekring terbakar maka distarter ga mau nyala?


Bisa juga dengan jumper seperti pakai testpen modif kayak gini.
Saran dari saya kan cara yang sederhana alias tidak memakai alat bantu. Hasilnya sama aja kok.
Quote:Original Posted By CheonMaSinGun

entah kenapa, setelah nyampe Lombok kok jadi berasa boros bgt ya kebo ane. Diitung2 sekitar 1:6. Padahal disini ga macet, dan jalanan mulus. Beda banget sama di bandung yang tiap hari macet dan jalan butut dimana2, tapi masih dapet 1:8-1:10


Aneh juga ya gan? Apa ada perubahan driving style? mungkin di Lombok malah lebih sering stop and go?

Quote:Original Posted By CheonMaSinGun

oya setelah ane cek akinya, dinyatakan sudah sekarat. Ganti aki Yuasa Hibrid ga nyampe 600rebu. Lumayan


Itu memang khusus untuk Blazer gan? Yang ada cekungan di bawahnya?
Quote:Original Posted By dhanijitu

5.apa bedanya ya Opel Blazer sama Chevrolet Blazer?? apakah jika Opel lebih susah cari sparepartnya? lebih mahal?

Blazer itu aslinya memang salah satu serinya Chevrolet. Yang namanya Opel Blazer cuman ada di Indonesia. Coba aja cari Opel Blazer di Eropa sama Amerika, nggak akan ketemu. Opel itu kan produksinya mobil-mobil kecil.
Kok di Indonesia bisa ada Opel Blazer?
Pertama, Opel pada tahun itu (sekitar 95) sudah menjadi milik General Motor yang memiliki Chevrolet juga. Karena masih satu induk perusahaan, boleh aja dong General Motor memakai Opel untuk Blazer di Indonesia.
Kedua, masalah kesiapan ATPM di Indonesia untuk berproduksi.
Jadi spare partnya nggak ada bedanya. Pokoknya Blazer.


Quote:Original Posted By dhanijitu

7.katanya AC nya sering rewel,karena bawaannya merk Harisson,bener gak? kalau diganti merk Denso atau merk ternama lainnya bisa gak? totalnya kena berapa kalo bisa?

AC bawaannya kalau nggak salah merk Delphi. Masa sih sering rewel? Temen saya pakai Samba 2003, baru tahun ini ganti kompressor. 10 tahun kan sangat wajar.
Diganti merk lain bisa aja. Tapi jangan anggap bisa lebih murah kalau pakai Denso atau Sanden. Kalau pakai yang kapasitasnya sama, harganya ya hampir sama. Banyak yang mengganti menjadi Sanden 507 yang jauh lebih murah dari Delphi, tapi kalau pakai Sanden 510, jatuhnya ya hampir sama. (Sekarang tipe 507,508 dan 510 sdh diganti dg tipe baru).
Kalau mau ekonomis pakai Sanden SD7H15, walaupun masih kalah dingin dengan aslinya.

Quote:Original Posted By dhanijitu

8.katanya mesinnya cepet panas kalau macet,bener gak?

Ya jelas nggak bener. Mobil apapun kalau sistem pendinginannya beres pasti normal panasnya.
Fan, extra fan, radiator, waterpump, thermostat, pressure valve dan cairan pendingin kalau beres, pasti aman.

Quote:Original Posted By dhanijitu

10.ane jadi bingung gan milih versi kebo yang mana... banyak amat ada ls , lv ,dll.
sebenernya ane cari yang 3 deret ,terus yang mewah(kayak versi LT) ,tapi katanya versi LT gak ada yang 3 deret, dan yang paling saya incer di versi LT itu wood panelnya,keren... tapi saya sering lihat blazer versi LT ada yang ada wood panel ada yang gak, yang bener mana sih gan???

Memang ada distributor (apa ya namanya?) yang mengeluarkan beberapa varian Blazer. Nggak usah bingung sama versinya, kalau cocok di hati, sikat. Yang penting sehat.
Quote:Original Posted By senopati994


Kalau nggak salah, dalam posisi ON pompa bensin sdh bekerja, tapi saya lupa, ini benar atau tidak. Kalau posisi start, sdh pasti pompa bensin bekerja.



Bisa juga dengan jumper seperti pakai testpen modif kayak gini.
Saran dari saya kan cara yang sederhana alias tidak memakai alat bantu. Hasilnya sama aja kok.


malam om,
tadi saya coba on kan posisi kunci, lalu saya buka pentil yg kayak pentil ban di batang injector..saya pencet tengahnya, emang sih keluar bensin tp cuma dikit, trs ga keluar bensin lagi..saya lepas pencetan di tengahnya sebentar..trs saya coba pencet lagi..hasilnya: ga keluar bensin lagi...saya coba starter, ga nyala juga...dlm posisi masih ON saya coba pencet tengahnya lagi, keluar bensin lagi tp ga nyembur, cuma "meler" aja itupun dikit...
kira2 apakah itu fuel pump yg rusak yah?

go go
×