Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

humashegaswanaAvatar border
TS
humashegaswana
Kisah Pendakian Wajib 3 Orang AM HEGA'S WANA


H - 1

Rencananya kami akan berangkat ke Gn. Lawu dalam rangka pendakian wajib untuk naik pangkat jadi AB setelah Acara Reuni Akbar selesai. Yap ..!! Baru saja kami mengadakan acara Reuni Akbar untuk para ALB - ALB yang jarang bertemu karena ada di luar kota atau ada keperluan lain. Tetapi karena semua panitia telah kecapekan untuk packing hari ini akhirnya kami undur packingnya jadi esok hari di rumah Kak Uppo Jam 14.00.

Senin, 7 Januari 2013

Bagus, Bagas dan Faris (BBF), yang baru pertama kali mendaki, masih pesimis untuk berangkat, Tetapi karena dukungan dari Ladju, Ira JeddenK, Bescik, dan Angga yang menjelaskan bahwa gunung itu tak sekejam seperti yang kami kira, akhirnya kami jadi berangkat malam ini pukul 8 malam/20.00 naik Bus dengan jurusan Solo, Jawa Tengah.
Spoiler for packing:


Jam 15.00 Selesai Packing, kami makan siang di kamar Kak Uppo yang terletak di lantai dua rumahnya. Kamarnya sejuk, hingga sebagian dari kami terlelap tidur di kamarnya setelah makan siang tadi.
Spoiler for Makan Siang di Rumah Kak Uppo:


Sebagian Tim dari kami ada juga yang menuliskan kata-kata cintanya untuk sang kekasih ketika di puncak nanti.
Spoiler for Ladju sedang Menulis Kata Untuk Sang Kekasih:


Jam 19.00 Kami berangkat ke depan Perumahan Griya Mangli Permai untuk menunggu Bus yang telah kami pesan. Setelah menunggu cukup lama, tenyata bus datang pukul 21.00/Jam 9 Malam dan Kita langsung duduk di kursi penumpang paling belakang supaya anggota tim tidak terpisah saat turun nanti.

Spoiler for Menunggu Bus:


Spoiler for 3 Orang Sesepuh Kita:


Selasa, 8 Januari 2013

Jam 06.00 Kami sampai di Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah. Di terminal kami santai sejenak untuk ke kamar mandi dan sholat.

Spoiler for Terminal Tirtonadi, Solo:


Jam 06.30 Setelah kami ke kamar mandi dan istirahat sejenak, kami pun melanjutkan perjalanan menuju Terminal Tawangmangu menggunakan Bus Kecil. Dengan jalan yang berkelok-kelok dan kecepatan bus yang cukup tinggi tas carier kami, yang di letakkan di sebelah pintu belakang bus hampir jatuh. Tapi akhirnya kami bawa ke tempat duduk masing2 supaya tidak jatuh dan lebih aman.

Spoiler for Depan Terminal Tawangmangu:


Jam 08.30 sampai juga di Terminal Tawangmangu, sambil menunggu ada angkutan yang menuju Cemoro Sewu. Kami bersantai sejenak menghilangkan rasa capai yang ada dengan makan gorengan dan minum teh anget di depan terminal Tawangmangu.

Spoiler for Makan Gorengan:


Setelah mobil yang menuju Cemoro Sewu datang. Kami langsung menghampirinya dan tawar menawar harga. Disepakati Rp.14.000/kepala. Kemudian salah seorang dari kami bertanya kepada sang driver "Pak, bagasinya dimana ?", Sang driver menjawab "Itu diatas,neng." Setelah kejadian tadi, Kami rada was-was juga, ketika Tas Caries kami di letakkan di atap mobil.

Spoiler for Tas Carier di atas atap:


Spoiler for Persiapan ke Cemoro Sewu:


Jalanan dari Terminal Tawangmangu menuju Cemara Sewu benar-benar tanjakan curam. Bahkan ada beberapa tanjakan yang kami perkirakan kemiringannya sekitar 70 derajat.Kami yang duduk di tengah sampai takut untuk melihat keluar. Takut kalo tuh, angkutan umum bakal tidak bisa nanjak. Tapi karena itu angkutan umum, sudah biasa melewati jalanan seperti itu, kita akhirnya bisa sampai di Cemara Sewu dengan sehat walafiat...

Spoiler for Tawangmangu - Cemoro Sewu:


Diperjalanan kita disuguhkan keindahan alam yang terawat, mulai dari sawah dan pepohonan yang tertata rapi sampai mendengarkan burung2 yang terbang berkelompok bernyanyi.

Spoiler for Keindahan Alam:


Akhirnya, kami sampai juga di Pos Pendaki Gn.Lawu. Setelah sedari tadi melewati perjalanan yang cukup menegangkan.

Spoiler for Pos Pendaki:


Kita sarapan dulu terus buka tenda di dekat kamar mandi (biar gampang ngambil airnya). Kita makan di warung depan pos pendaki sambil diskusiin jadwal buat besok.

Spoiler for Discuss:


Kelar ngurus administrasi kami langsung mulai buka tenda.

Spoiler for Daftar Administrasi:


Abis, buka tenda kami ngambil air di pancuran kamar mandi dekat tenda, bwat ngupi-ngupi.

Spoiler for Yang lain lagi beberes dia malah action:


Setelah diterpa angin yang cukup kencang dan diderai hujan yang cukup deras, Akhirnya kami tertidur juga dimalam yang penuh dengan nyanyian alam.

Spoiler for Setelah Hujan:


Spoiler for Tidur melek dalam tenda:


Rabu, 9 Januari 2013

Jam 05.00 Kita bangun pagi2 bwat beberes dan santai menikmati dinginnya Gn. Lawu.

Spoiler for Dinginnya Gn. Lawu:


Spoiler for Suasana Gn. Lawu di pagi hari:


Jam 05.30 Kita juga packing yang belum selesai dan sarapan pagi.Sekitar jam 06.00 - 07.00 kami jogging di sekitar area Gn.Lawu untuk streching, ya, sekalian jalan2 jga.

jam 08.00 akhirnya kami siap-siap untuk memulai pendakian. Untuk memudahkan kami, kami titipkan salah satu tas carier yang berisi tenda ke Pos Pendaki, Karena kami sudah tau jika diatas ada warung, jdi tidak perlu repot2 lagi bwa tenda.

Spoiler for Siap Nge-JOS:


Bagi yang sudah biasa naik gunung mungkin trek Lawu sudah tidak ada hambatan lagi untuk menaikinya, Tapi bagi 3 Mas Ketir kita yang baru pertama kali naik gunung, Lawu masih menjadi hal Expert. "Aduuhh.. Akhirnya sampai juga di Pos 1 " ujar Faris. Ditimpalinya pertanyaan itu oleh Ladju "Wedhos, Iki uduk Pos 1, iki sek totok Pos Bayangan, madth. Ayo est ! ngadek2, ben ndang totok Pos 1.(Ini bukan pos 1, ini masih sampai di Pos Bayangan. Ayo ! berdiri2, biar cepet sampe ke Pos 1).

Spoiler for Pos Bayangan:




Perjalanan kita lanjut ke pos 1, kita cuman rest bentar di Pos Bayangan, Gk bleh lama2, biar tepat sama waktu yang udah di jadwal.

Spoiler for Pos 1:


Perjalanan menuju pos 2 udah mulai nanjak. Tapi kita tetep nyantai biar ngga terlalu capek. Tapi ada beberapa dari kita yang berlari menuju Pos 3 karena staminanya yang masih kuat (Gara2 minum Pil Cobra, kali tuh). Nyampe pos 2 kita istirahat bentar.

Spoiler for Perjalanan menuju Pos 2:


Spoiler for Masih Semangat:


Salah satu 3 Mas Ketir kita ada yang tertidur di perjalanan (mungkin karena kecapekan kli)

Spoiler for Ketiduran:


Jam 11.00 Perjalanan dilanjut menuju pos 3. Nyampe pos 3 kami istirahat, di Pos 3 keadaannya shelternya tidak terawat banyak sampah. Karena stamina 3 Mas Ketir kita sudah terkuras di perjalanan dari Pos 2 menuju Pos 3. Kami buatkan mereka mie instan dan makan Pia YULI (sponsor utama kita he..he..he) utk mengisi kembali tenaga mereka.

Spoiler for Pos 3:


Spoiler for Bau:


Stamina sudah terisi kami lanjut ke pos 4. Disini jalannya udah mulai menanjak. Dengkul udah mulai pegel, punggung udah terasa sakit, dan kepala udah uyeng-uyengan.Di perjalanan mw msuk Pos 4, Eh.. kita disambut hujan ama petirnya, untung aja gak sampe badai. Kita percepat perjalanan, biar cepet sampe Pos 4.

Spoiler for Mulai Mendung:


Spoiler for Hujan:


Jam 13.00 Nyampe Pos 4. Kita istirahat bentar sambil nunggu temen2 yang ada di belakang. Mulai dari sini kita kaya diikutin burung gagak gtu, katanya, sih. Klo msalnya dlam perjalanan, kita gak diikutin burung itu berarti kita udh salah jalan.

Nyampe Pos 4 langsung lanjut ke Mbok Yem (Warung tertinggi yg pernah ane liat) tanpa ngetem dulu di Pos 5, Biar cpet nyampe trus istirahat. Jalanan ke warung Mbok Yem udah lumayan landai meskipun msih ada tanjakannya dikit, sih.

Spoiler for Mbok YEM:


Kita sampe juga di Mbok YEM. Kita datang paling pertama disana jdi masih banyak tempat buat kita Ngupi-ngupi. Ada hal menarik ketika Ladju membuka kaos kakinya yg basah setelah hujan tadi. Ketika ladju membuka kaos kakinya, dia ngomong kalo ada yang bau disekitarnya, padhal yang bau ada di depannya sendiri yaitu kaos kakinya sendiri yg telah basah sedari tadi karena hujan.

Spoiler for Kaos Kaki Bau:


Kamis, 10 Januari 2013

Jam 04.30 Kita bangun Pagi - pagi, Siap - siap buat summit attack dan nulis pesan buat BanlenK yang sedang operasi. Udara disini dingin banget. Kaki kita sempet gemeteran waktu mau jalan keluar warung buat liat Sunrise. Tapi sayangnya hari ini cuaca kurang cerah, Jadi kita gak bisa liat sunrise.

Spoiler for Sunrise:


Spoiler for Kaga Nahan Dinginnya LAWU:


Baru jalan setengah jam kita jalan, Eh. udah ada di puncak, Tapi sempet nyasar juga, sih, nyari jalan buat summit. Abis.. tulisan di depan jalan mau ke puncak, kaga diliat, sih, mlah asyik ngrumpi, msalah gebetan.

Spoiler for Mau ke Puncak, nih.:


Spoiler for Nyasar:


Kami sampai di Puncak Hargo Dumilah ( Puncak LAWU ).

Spoiler for Puncak Hargo Dumilah:


Ada sekitar 1 jam lebih kami dipuncak, akhirnya kami memutuskan untuk turun menuju warung Mbok YEM. Juga karena cuaca dipuncak sudah kurang bersahabat.

Jam 07.00 Kita lanjut turun. Rencana hari ini adalah turun langsung dari Mbok YEM menuju Pos Pendaki. Jadi, abis muncak, kita packing, sarapan, trus langsung meluncur. Karena 2 sesepuh kita sudah menunggu di Pos Pendaki.

Spoiler for Kangen Rumah:


Kita nginep semalem di Pos Pendaki (biar kga usah bka tenda lgi) breng sma 2 Sesepuh kita yaitu Kak Uppo & Bang Jay, breng 2 tmen Kak Uppo yg lain. Bsoknya abis sarapan kita langsung cabut pulang ke Jember.

Jum'at, 10 Januari 2013

Singkat cerita akhirnya jam 00.30 malam kami sampai juga di Jember dan langsung menuju rumah masing-masing. ALHAMDULILLAH...
Diubah oleh humashegaswana 13-07-2013 08:04
0
5.6K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan