Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

uletbulu88Avatar border
TS
uletbulu88
Taman Nasional Baluran
Sebutan Afrika Van Java adalah nama lain dari Taman Nasional Baluran, Kawasan Tanam Nasional Baluran terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Propinsi Jawa Timur dengan batas – batas wilayah sebelah utara Selat Madura, sebelah timur Selat Bali, sebelah selatan Sungai Bajulmati, Desa Wonorejo dan sebelah barat Sungai Klokoran, Desa Sumberanyar.

Hanya dengan Membayar Rp. 2.500,- untuk setiap orang dan Rp. 3.000,- untuk kendaraan roda 2. sangatlah murah untuk menikmati exotisme alam yang begitu lengkap. jum'at malam saya start dari kota surabaya selepas pulang kerja tapi mampir dulu ke trabas adventure gear (jl. Juwingan) dan di rumah om beno sidoarjo. sekitar jam 12 malam saya langsung berangkat dr rumah om beno dengan tujunan TNB. bersama si BeTe menjelajah pekat malam dan sampailah di baluran sekitar jam 6 pagi (riding santai).



pintu gerbang taman nasional baluran


Memasuki kawasan taman nasional baluran ini memang lumayan panjang alias jauh untuk sampai pos bekol kita harus menempuh jarak 9km dan 12 km ke pantai bama. dan selepas pintu gerbang jalan yang harus kita lewati adalah aspal rusak dengan krikil krikil liarnya yang bisa membuat roda terpeleset kalau kita tidak berhati hati dan 3 km menuju pantai bama dari bekol kita melewati jalan bebatuan. Kawasan Taman Nasional Baluran ini merupakan wisata alam yang bisa di katakan sangat lengkap, yaitu :

Hutan

Kawasan hutan akan menyambut kita selepas pintu gerbang Taman Nasional Baluran sepanjang 5 Km sebelum pos bekol, hutan ini di kenal sebagai evergreen forest yang tak pernah kering sepanjang tahun, alias selalu nampang hijau walaupun musing kemarau.






Pegunungan

Di dalam kawasan ini terdapat gunung yang di sebut gunung baluran, dengan ketinggian 1.247 Mdpl. juga merupakan gunung paling timur di jawa timur. karena itu pula nama nya juga di gunakan sebagai nama taman nasional ini.






Savana

Savana ini bisa kita nikmati di pos bekol, dengan menara pandang kita bisa melihat luasnya savana taman nasional baluran. dan di savana ini lah taman nasional baluran seakan berubah menjadi suasana ala afrika.







Laut

taman nasional baluran ini berada di daerah pesisir laut dan pantai yang menjadi tujuan utama adalah pantai Bama karena bisa di akses dengan kendaraan. untuk ke pantai yang lain bisa menggunakan perahu atau jalan kaki menyusuri pepohonan bakau.







Sekian dulu cerita tentang Taman Nasional Baluran, setelah ini saya sambung kelanjutannya di part 2
0
4.3K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan