hedgehogmanAvatar border
TS
hedgehogman
Perkenalan Optimal dengan Elevator Speech

Suatu hubungan , baik itu hubungan pribadi maupun hubungan bisnis selalu diawali dengan proses perkenalan. Seringkali proses perkenalan dibatasi oleh waktu, seperti saat kita bertemu dengan seseorang yang menarik di sebuah seminar, kelas, kursus bahkan saat menunggu kendaraan umum. Waktu yang tersedia mungkin kurang dari 5 menit bagi kita untuk memperkenalkan diri. Tentunya waktu ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Elevator Speech adalah sebuah tehnik berkenalan secara optimal dalam waktu yang singkat, dimana kita memperkenalkan diri secara efektif dengan menyediakan informasi yang penting. Langkah dalam Elevator Speech adalah sebagai berikut :

1. Memperkenalkan Nama


Sebutkan nama Anda dengan jelas dan penuh percaya diri. Senyuman yang alami dan sikap tubuh yang terbuka (bahu agak ditarik ke belakang) akan memberikan pencitraan yang kuat.

2. Sebutkan Bisnis , Studi atau Pekerjaan


Sebutkan usaha Anda atau dimana Anda berkuliah secara jelas. Disini Anda tidak perlu menanyakan kembali apakah lawan bicara Anda pernah mendengarnya atau tidak, juga Anda tidak perlu menunggu reaksi atau pengakuan dari lawan bicara. Dengan begitu Anda akan terlihat lebih percaya diri dan pekerjaan Anda lebih meyakinkan.

3. Lokasi Aktivitas

Jelaskan sedikit mengenai daerah atau lokasi dimana Anda biasa beraktifitas. Tentunya hal ini akan menambah informasi mengenai diri Anda. Lokasi Anda yang jauh dari lawan bicara terkadang bisa menjadi suatu keuntungan bila lawan bicara Anda sedang membutuhkan perwakilan disana. Atau dengan lokasi yang berbeda, nantinya akan ada banyak bahan pembicaraan yang bisa Anda bahas di kemudian hari.

4. Keunikan

Terakhir, Anda bisa menutup perkenalan dengan menyebutkan 1-2 aktifitas yang agak berbeda dengan orang-orang lainnya. Ingat bila Anda tidak menunjukkan keunikan atau kelebihan, Anda akan lebih mudah dilupakan, baik dalam perkenalan untuk pekerjaan, bisnis atau sebagai bentuk pertemanan. Keunikan bisa dalam bentuk "saya baru saja ikut kompetisi basket" atau "saya sedang mendalami desain grafis" atau "saat ini saya memelihara beberapa kelinci Rex", dan lain-lain

Sumber
Spoiler for tehnik keren lainnya, dibaca boleh aja:
0
1.1K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan