Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

offspringsAvatar border
TS
offsprings
Kuil Mahabodhi di india diserang ledakan 9 bom
Kuil Mahabodhi diserang ledakan bom

Kuil Mahabodhi di india diserang ledakan 9 bom



Sembilan bom berdaya ledak rendah kemarin menghantam Kuil Mahabodhi di Bodh Gaya, di Negara Bagian Bihar, sebelah utara India. Serangan yang baru pertama kali terjadi di tempat di mana Siddharta Gautama mencapai pencerahan dan menjadi Buddha itu telah melukai seorang warga Tibet dan seorang warga Myanmar yang sedang bermeditasi.

Surat kabar the Indian Express melaporkan, Senin (8/7), struktur kuil dikabarkan tidak rusak dalam insiden serangan itu. Sementara tiga bom masih aktif kemudian berhasil dijinakkan yang berada di dekat kuil.

Empat bom yang meledak di dalam kompleks Kuil Mahabodhi diletakkan di kedua sisi bangunan. Ledakan pertama terjadi di dekat Pohon Bodhi, tempat di mana Buddha Gautama bersemedi dan memperoleh pencerahan, pada pukul 05.25 waktu setempat sesuai rekaman kamera CCTV.

Namun, dua menit kemudian, tiga bom kembali meledak, di Candi Maa Tara yang terletak di depan pintu masuk kuil, di dekat pohon pipal yang menuju ke arah utara kuil, serta di dalam ambulans yang diparkir di dekat Rumah Lampu Mentega.

Sementara bom lainnya meledak di dekat kompleks kuil, antara pukul 05.40 dan 07.45 waktu setempat.

GGA Vilasa (26 tahun), seorang peneliti yang juga sarjana dari Akademi Pusat Buddha Myanmar yang berbasis di Bodh Gaya, dan Tenzing Dorjee (60), seorang pegawai Candi Nigma, terluka dalam serangan ledakan pertama. Mereka menderita luka-luka akibat serpihan yang diakibatkan dari ledakan bom. Namun, keduanya dalam kondisi baik.

Semua bom memiliki perangkat jam, dengan petunjuk untuk menempatkan bom-bom itu yang ditulis dalam bahasa Urdu buat para pelaku.

Sedangkan bom kelima ditargetkan di patung Buddha setinggi 24,3 menter, yang terletak satu kilometer dari Kuil Mahabodi.

Sebagian besar ledakan disebabkan oleh bom silinder.Semua bom dikemas dalam kantong plastik. Masing-masing berat bom sekitar 1 kilogram.

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan ini, meskipun para pejabat intelijen India menduga serangan ini didalangi kelompok Mujahidin India. Sebelumnya, beberapa anggotaMujahidin Indiatelah ditangkap saat berencana meledakkan serangan ke Kuil Mahabodhi. Sketsa wajah dari dua tersangka kemarin malam kemudian diluncurkan pihak kepolisian.
[fas]

Spoiler for link ::


siapa yah yg bertanggung jawab ?? untung intelejen india sudah mengantongi informasi kelompok mana yg bertanggung jawab terhadap aksi brutality ini emoticon-Big Grin
0
5.5K
64
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan