Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ndiphe13Avatar border
TS
ndiphe13
[Sharing & Tips] Pengalaman kehilangan saat kegiatan Outdoor
Pernahkah teman-teman mengalami kehilangan pada saat berpetualang (naik gunung, camping, caving, snorkel, rafting, dll) ? Kehilangan sesuatu yang berharga karena kecerobohan sendiri atau memang karena niat jahat orang lain tentunya meninggalkan perasaan galau yang cukup mendalam, apalagi kehilangan "gear dewa" agan. Berbulan-bulan menabung untuk membeli sebuah "gear dewa" ternyata raib hanya kurang dari semalam saja.

Berikut ini pengalaman kehilangan saat berpetualang yang pernah saya alami :

1. Akhir Des 2007, kehilangan tiang kamera alias tripod saat camp di pos 7 Gunung Slamet. Saat itu kondisi pos 7 memang sangat penuh karena pendakian tahun baru. Niatnya pakai tripod untuk membantu flysheet berdiri, eh ternyata raib entah siapa yang menelan.

2. Oktober 2012 Papandayan, kehilangan kamera dan 2 phonecell. Meskipun bukan saya langsung tetapi teman satu rombongan yang kehilangan, suasana galau cukup berhasil mencuri keceriaan camping kami saat itu. Kehilangan itu memang dikarenakan karena kelalaian kami. Pada saat istirahat di tanjakan terakhir sebelum Pondok Saladah, tas kecil berisi kamera dan phonecell dicantolkan di ranting oleh salah satu team kami, saat kami tiba di Pondok Saladah pemilik barang baru ingat kalau tas kecil tertinggal, setelah di check di TKP, barang sudah raib.

3. 29-31 Maret 2013 Gunung Guntur. Kehilangan trangia kesayangan di kompleks makam di bawah Puncak 2. Minggu pagi sebelum menyiapkan sarapan, baru sadar kalau 1 set trangia sudah hilang digondol pencuri, hanya gagang panci yang tersisa. Untung rombongan sebelah bersedia membagi sedikit sarapan buat kami. Saat turun sempat diadakan sweeping semua TAS pendaki di Masjid kampung karena banyaknya laporan kehilangan saat itu, tetapi tidak membuahkan hasil juga.

Tips pencegahan kehilangan dari saya, hehehe :
- Saat bermalam di tenda, jangan tinggalkan barang berharga apapun di luar tenda, usahakan untuk masukkan di teras berpenutup atau lebih baik di dalam tenda.
- Saat meninggalkan tenda ke tempat lain dalam waktu cukup lama (puncak, ambil air dll), usahakan untuk mengunci zipper tenda dengan gembok kecil (harga : gocengan)
- Kalau agan menyimpan STNK, SIM, Kartu Utang dll di dompet, kalau kira2 barang2 tersebut tidak terpakai di perjalanan ditinggal saja di rumah/kos.
- Dompet, handphone sebisa mungkin masukkan di kantong kecil di bagian dalam ransel agan. Biasanya di bagian tutup ransel bagian dalam terdapat zipper kecil bisa digunakan untuk menyimpan barang2 berharga ini.
- Tas kamera poket usahakan memakai yang model belt, jadi jarang kita lepas, jika SLR pakai tas yang kecil saja (cukup untuk body & 2 lensa) supaya gak terlalu berat dan usahakan jangan di cantol2kan. Kalau memang terpaksa dilepas, cantolkan saja di ransel agan.

Jika agan2 sekalian mempunyai pengalaman kehilangan atau ingin menambahkan tips pencegahan kehilangan silakan tambahkan di bawah.

Mencegah lebih baik daripada menyesal kemudian.

Terimakasih.
tata604
nona212
nona212 dan tata604 memberi reputasi
2
5.7K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan