ciulapenAvatar border
TS
ciulapen
Yuk, Ngintip Cara Pembuatan Kopi Luwak


Spoiler for cek cek cek:


Agan pasti tahu yang namanya kopi kan..? Bagi para pecintanya pasti takkan terlewati setiap harinya dengan secangkir kopi.. Hmmm.. aromanya,, rasanya.. kenikmatannya.. Naah.. adalah Kopi Luwak, salah satu jenis kopi dari berbagai jenis kopi yang ada di pasaran. Kopi luwak ini bukan merek produk tertentu lho gan. Namun dikarenakan proses pembuatannya melalui bantuan hewan Luwak ( Musang ).

Kopi Luwak adalah seduhan kopi menggunakan biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak/musang kelapa. Biji kopi ini diyakini memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak. Kemasyhuran kopi ini di kawasan Asia Tenggara telah lama diketahui, namun baru menjadi terkenal luas di peminat kopi gourmet setelah publikasi pada tahun 1980-an.

Biji kopi luwak adalah yang termahal di dunia, mencapai USD100 per 450 gram. Gimana? Kebayang gak kalo agan minum kopi yang satu ini..? Patut dicoba.. mmmm...

Mungkin bagi agan yang penasaran tentang bagaimana caranya proses pembuatan kopi ini.. yuukk,, mari kita intip gan..

1. Proses Pertama
Pada dasarnya buah kopi yang dipilih dari pohonnya adalah buah yang sudah matang, berwarna merah ranum. Dimana buah kopi dipetik satu-persatu,dan hanya buah kopi yang sudah matang saja yang boleh dipetik karena sang luwak hanya mau memakan dan menyukai biji yang matang saja.
Spoiler for Proses Pertama:


2. Proses Kedua
Setelah terkumpul, maka buah kopi akan disortir lagi untuk dipilih kondisi buah kopi yang paling bagus, matang sempurna bulat utuh dan mulus (tidak busuk atau keropos), itulah buah kopi terbaik diantara yang lainnya.
Spoiler for Proses Kedua:


3. Proses Ketiga
Buah kopi yang telah disortir tadi dicuci bersih,kemudian disajikan kepada sang Luwak ( Musang ) sebagai makanannya. Pemberian buah kopi ini dilakukan pada sore hari sekitar jam 5 hingga jam 6 sore,karena luwak merupakan binatang nokturnal dimana akitivitas makan nya dimalam hari.(karena pada siang hari luwak kerjaanya tidur,..)
Spoiler for Proses Ketiga:


4. Proses Keempat
Nahh ini gan,, setelah Luwak tadi memakannya, maka buah kopi akan berproses di dalam tubuh luwak. Tubuh luwak hanya akan mencerna daging buahnya saja, sementara bijinya nanti akan tetap utuh saat dikeluarkan kembali dalam bentuk feces.
Spoiler for Proses Keempat:


5. Proses Kelima
Pada malam hari luwak memakan buah kopi yang disajikan. Dari jam 6 sore hingga jam 6 pagi.(sekitar 8 sd 12 jam pemrosesan), Maka esok pagi nya kopi luwak sudah bisa dipanen. Inilah bentuk feces luwak yang terkenal itu, seperti sudah disebut di atas, bijinya tetap utuh kan? Secara fisik, biji kopi luwak dan kopi lain bisa dibedakan dari warna dan aromanya. Biji kopi luwak berwarna kekuningan dan wangi, sedangkan biji kopi biasa berwarna hijau dan kurang harum.
Spoiler for Proses Kelima:


6. Proses Keenam
Selanjutnya biji kopi yang tercampur dalam feces, dipisahkan, dikumpulkan, dibersihkan, kemudian dijemur, disangrai sampe gosong, kemudian ditumbuk menjadi bubuk kopi, dan jadilah biji kopi luwak yang terkenal mahal itu. Bisa dipastikan, ini adalah biji kopi terbaik, sebab hanya buah kopi matang yang dipilih Luwak (musang) sebagai makanannya.
Spoiler for Proses Keenam:


7. Ketujuh : Kopi Luwak Siap Disajikan..
Kopi luwak memiliki keistimewaan khasiat dan manfaat diantaranya :
Low Cafein(rendah cafein), Low Acidity (rendah kandungan kadar asam), Low Fat (rendah lemak), Low Bitter (smoothy rendah rasa pahit), sehingga kopi luwak ini dijuluki sebagai kopi ternikmat di dunia,..bahkan telah memecahkan rekor tercatat dalam buku Guinness Book of Reccord sebagai ” The 1st Excellent & Most Expensive Coffee in the Word ” Kopi No.1 Terbaik & Kopi Termahal di Dunia”
Spoiler for Istimewa:


Bagaimana gan.. Kopi ini luar biasa,, patut agan coba.. kalo ane cukup ngopi disini gan..
Spoiler for Coffee Shop:

Kopinya ini gan..
Spoiler for Coffee:


Mohon bantu emoticon-Rate 5 Stardan emoticon-Blue Guy Cendol (L)




Sumber :
Spoiler for Sumber:
0
6.9K
83
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan