Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nra.rockillAvatar border
TS
nra.rockill
Yuk Lihat, Masjid Pertama Di Beberapa Negara Dunia


POSTINGAN INI BUAT NAMBAH PENGETAHUAN AGAN-AGAN

Masjid Pertama Di Beberapa Negara Dunia

Sumber dari tulisan ini
Spoiler for buka:


Masjid Pertama Di Jepang


Spoiler for bb:


Spoiler for bb:


MESJID KOBE

Jepang yang mayoritas masyarakatnya menganut Shinto, ternyata juga telah memiliki masjid. Dan masjid pertama yang ada di Jepang yang berada di Nakayamate Dori, Chuo-ku, Kota Kobe, Prefektur Hyogo, Jepang. Masjid ini telah ada sejak tahun 1928 silam atas prakarsa seorang pedagang Muslim asal India yang membentuk Islamic Committee for Kobe bernama Abdul Karim Bochia dan ia juga yang merancang tempat ibadah tersebut yang dibuka secara resmi untuk umum pada tanggal 11 Oktober 1935.


Masjid Pertama Di Amerika

Spoiler for bb:


Spoiler for bb:


MESJID MOTHER MOSQUE

The Mother Mosque of America terdaftar dalam National Center for Historic Places of America. Mother Mosque adalah masjid tertua yang dapat bertahan hingga kini. Masjid ini mulai dibangun pada 1929, dan secara resmi diresmikan pada 1934 di Cedar Rapids, Iowa. Pada awal dibangun, terdapat tulisan “Moslem Temple” di pintu masuk, di sisi lainnya terdapat tulisan “Al-Nadi Al-Islami” yang berarti “Islamic Club”.


Masjid Pertama Di India

Spoiler for bb:


Spoiler for bb:


MESJID CHERAMAN

Raja India itu bernama Raja Cheraman perumal atau Chakrawati Farmas atau Rama Varma Kulashekhara dan setelah memeluk Islam berganti nama menjadi Tajudin. Nama beliau kemudian di abadikan oleh para sahabat nya menjadi nama masjid yang pertama kali dibangun di anak benua India, masjid yang masih berdiri dan digunakan hingga kini oleh muslim India. Masyarakat setempat menyebut masjid itu dengan nama Cheraman Juma Masjid.


Masjid Pertama Di Jerman

Spoiler for bb:


Spoiler for bb:


Masjid Schwetzingen

Keberadaan bangunan masjid di di Kota Schwetzingen, Jerman sudah ada sejak akhir abad ke-18. Merupakan masjid pertama yang dibangun di Jerman. Pada 1740, Raja Frederick II,
Dirancang dan dibangun pada 1779 oleh arsitek berkebangsaan Prancis, Nicolas de Pigage (1723-1796). Proses pembangunan kompleks Masjid Schwetzingen sendiri memakan waktu 15 tahun lamanya (1779-1796).


Masjid Pertama Di Spanyol

Spoiler for bb:


Spoiler for bb:


Masjid Cordoba

Terletak sekitar 166 km di sebelah tenggara Madrid, ibukota Spanyol, Masjid Cordoba berdiri megah di kaki bukit Siera de Montena pada sisi barat Sungai Guadalquiver.
Masjid Cordoba, adalah bangunan peninggalan bangsa Umayyah, yang kini berubah menjadi Kathedral Mezquita.
Masjid ini pertama kali dibangun oleh Khalifah Muslim Abdurahman I pada tahun 787, pembangunannya terus dilakukan oleh khalifah-khalifah penerusnya, dan bangunan masjid ini selesai pada tahun berikutnya. (1779-1796).


Masjid Pertama Di China

Spoiler for bb:


Spoiler for bb:


Masjid Huaishenga

Orang menyebutnya Masjid Huaisheng. Letaknya di Jalan Guang Ta Lu, Kota Guangzhou, Provinsi Guangdong. Dari bentuk bangunannya, masjid tersebut tidak seperti tempat ibadah. Ia dikelilingi tembok berwarna merah dengan gapura bertuliskan berhuruf China. Tidak ada kubah sebagai penanda adanya masjid.
Satu-satunya yang bisa menunjukkan bahwa tempat itu benar-benar masjid adalah menara atau dalam bahasa China disebut 'Minaret'. Dan kebetulan, itulah benda yang tersisa dari masjid yang dibangun pada abad ke-7 M ini.


Masjid Pertama Di DUNIA

Spoiler for bb:


Spoiler for bb:


Masjid Quba

Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wassalam. pada tahun 1 Hijriyah atau Senin 8 Rabiul Awwal (23 September) 622 Masehi di Quba, sekitar 5 km di sebelah tenggara kota Madinah.
Alquran surat At-taubah 108 mencatat bahwa Masjid Quba didirikan atas dasar takwa. “Sesungguhnya masjid itu yang didirikan atas dasar takwa (Masjid Quba) sejak hari pertama adalah lebih patut bagimu (Hai Muhammad) bersembahyang di dalamnya. Di dalamnya terdapat orang-orang yang ingin membersihkan diri”. (Surat At-taubah : 108)


Masjid Pertama Di Indonesia

Spoiler for bb:


Spoiler for bb:


Masjid Saka Tunggala

Masjid Saka tunggal terletak di Desa Cikakak Kecamatan Wangon dibangun pada tahun 1288 sebagaimana terukir di Guru Saka (Pilar Utama) masjid. Tapi dalam membuat masjid ini lebih jelas ditulis dalam buku-buku kiri oleh para pendiri masjid ini adalah Kyai Mustolih. Tapi buku-buku ini telah hilang bertahun-tahun yang lalu. Setiap tanggal 27 rajab diadakan ziarah di masjid dan membersihkan makam Kyai Jaro Mustolih. Masjid ini terletak ± 30 km dari kota purwokerto. Disebut saka tunggal untuk membangun tiang yang digunakan untuk membentuk hanya satu tiang (tunggal). Yang menurut bpk Sopani salah satu pengurus masjid adalah bahwa pilar tunggal melambangkan bahwa ALLAH adalah hanya satu ALLAH swt.


Spoiler for bb:

Diubah oleh nra.rockill 13-04-2014 16:44
0
11K
145
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan