agungajadech10Avatar border
TS
agungajadech10
10 Pulau Terbesar dan Terluas di Dunia
Berikut ini merupakan urutan 10 pulau terbesar yang ada didunia, 3 di antaranya ada di Indonesia dan 3 diantaranya ada di Kanada :




BANTU emoticon-Rate 5 StarYA GAN



1. Greenland




Greenland atau Tanah Hijau (nama resmi: Kalaallit Nunaat dan bahasa Denmark: Grønland), adalah sebuah pulau di Samudra Atlantik bagian utara di arah timur laut Kanada. Luas wilayahnya adalah 2.166.086 km² dan merupakan pulau terbesar di dunia. Pulau ini termasuk wilayah Kerajaan Denmark dan merupakan bagian dari Amerika Utara. Sejak tahun 1979, Greenland diberi kemandirian dan sejak tahun 1985 tidak lagi menjadi anggota Uni Eropa. Akan tetapi, Ratu Denmark masih tetap menjabat sebagai kepala negara. Ibukota Greenland adalah Nuuk. 80% dari seluruh wilayah tertutup es dan hanya daerah pesisir selatan dan barat yang bisa didiami manusia.
Penduduk asli Greenland adalah orang Inuit atau Eskimo. Sementara ada pula orang Denmark dan campuran antara orang Inuit dan Denmark yang disebut sebagai orang Greenland. Agama yang paling banyak dianut penduduknya adalah Kristen Protestan aliran Luther, sama seperti di Denmark.

2. Nugini (Papua)



Pulau Papua atau Guinea Baru (Bahasa Inggris: New Guinea) atau yang dulu disebut dengan Pulau Irian adalah pulau terbesar kedua di dunia yang terletak di sebelah utara Australia. Luas wilayahnya adalah 890.000 Km². Pulau ini dibagi menjadi dua wilayah yang bagian baratnya dikuasai oleh Indonesia dan bagian timurnya merupakan negara Papua Nugini. Di pulau yang bentuknya menyerupai burung rajawali ini terletak gunung tertinggi di Indonesia, yaitu Puncak Jaya (4.884 m).
Nama Irian digunakan sampai tahun 2001 dimana pulau beserta provinsinya kembali dinamakan Papua. Name Irian yang awal mulanya disukai oleh penduduk asli Papua, sekarang dianggap sebagai nama yang diberikan oleh Jakarta Istilah "Papua" digunakan untuk merujuk kepada pulau ini secara keseluruhan. Nugini berasal dari kata New Guinea, nama yang diberikan oleh orang Barat, yang di-Indonesiakan. Mereka dahulu berpendapat bahwa tanah Papua mirip Guinea, sebuah wilayah di Afrika. Jadi mereka sebut Guinea baru.

3. Kalimantan



Kalimantan adalah pulau terbesar ketiga di dunia yang terletak di sebelah utara Pulau Jawa dan di sebelah barat Pulau Sulawesi. Luas pulau Kalimantan adalah 743.330 km². Pulau Kalimantan dibagi menjadi wilayah Brunei, Indonesia (dua per tiga) dan Malaysia (sepertiga). Pulau Kalimantan terkenal dengan julukan "Pulau Seribu Sungai" karena banyaknya sungai yang mengalir di pulau ini.
Pada zaman dahulu, Borneo -yang berasal dari nama kesultanan Brunei- adalah nama yang dipakai oleh kolonial Inggris dan Belanda untuk menyebut pulau ini secara keseluruhan, sedangkan Kalimantan adalah nama yang digunakan oleh penduduk kawasan timur pulau ini yang sekarang termasuk wilayah Indonesia. Wilayah utara pulau ini (Sabah, Brunei, Sarawak) untuk Malaysia dan Brunei Darussalam. Sementara untuk Indonesia wilayah Kalimantan Utara, adalah provinsi Kalimantan Utara. Dalam arti luas "Kalimantan" meliputi seluruh pulau yang juga disebut dengan Borneo, sedangkan dalam arti sempit Kalimantan hanya mengacu pada wilayah Indonesia.

4. Madagaskar



Republik Madagaskar (bahasa Malagasy : Repoblikan'i Madagasikara) adalah sebuah negara pulau di Samudra Hindia, lepas pesisir timur Afrika. Pulau Madagaskar adalah pulau terbesar keempat di dunia. Luas wilayahnya adalah 587.041 Km². Selain pulau utama, beberapa pulau kecil di sekitarnya juga menjadi klaim republik ini, yaitu Pulau Juan de Nova, Pulau Europa, Kepulauan Glorioso, Pulau Tromelin Island, dan Bassas da India. Walaupun secara geografis berdekatan dengan Afrika, sejarah geologi, biologi, dan demografi Madagaskar berbeda dengan wilayah daratan utama benua itu. Untuk menyebut bahasa dan bangsanya dipakai nama "Malagasy".
Secara geologi, Madagaskar berada pada lempeng yang terpisah dari benua utama Afrika. Pertama kali terpisah dari anak benua India, pulau ini bergerak makin mendekati benua itu. Pulau ini adalah daratan tua, sama seperti Australia, sehingga tanahnya kahat bahan mineral akibat tidak adanya aktivitas vulkanik. Kebanyakan tanahnya berwarna merah, menunjukkan keadaan tanah yang telah melapuk.
Akibat isolasi ratusan juta tahun tersebut, flora dan fauna Madagaskar sangat khas dan banyak spesies endemik ditemukan di sana. Keadaan ini mirip dengan yang terjadi pada Pulau Sulawesi. Manusia pertama yang menghuni Madagaskar berasal dari Nusantara dan diperkirakan akibat hubungan dagang masyarakat Nusantara ke pantai timur Afrika pada awal-awal abad Masehi. Etnis pribumi sendiri seperti Merina dan Betsileo adalah penutur bahasa Austronesia dengan fenotipe yang sering serupa dengan penduduk Indonesia dan Filipina. Seiring dengan peningkatan perdagangan, masyarakat dari pantai timur Afrika bermigrasi ke pulau ini.

5. Pulau Baffin



Pulau Baffin (bahasa Inuktitut : Qikiqtaaluk ) adalah salah satu dari Kepulauan Artik di wilayah Nunavut, bagian utara Kanada. Ia merupakan pulau terbesar di Kanada sekaligus pulau kelima terbesar di dunia, dengan luas 507.451 km². Pada 2004, penduduknya berjumlah 11.000 jiwa. Nama pulau ini diambil dari nama akhir penjelajah Britania, William Baffin. Iqaluit, dahulunya bernama Teluk Frobisher, ibu kota Nunavut, terletak di pesisir selatan Pulau Baffin.
Di sebelah selatan Pulau Baffin terdapat Selat Hudson dan Quebec di daratan Kanada. Di sebelah timur terdapat Selat Davis, Teluk Baffin dan Greenland. Di arah barat dan utara, Paparan Foxe, Teluk Boothia dan Lancaster Sound memisahkan Pulau Baffin dari kepulauan lainnya.

6. Sumatera



Sumatera atau Sumatra adalah pulau keenam terbesar di dunia yang terletak di Indonesia, dengan luas 443.065,8 km2. Penduduk pulau ini sekitar 42.409.510 jiwa (2000). Pulau ini dikenal pula dengan nama lain yaitu Pulau Percha, Andalas, atau Suwarnadwipa (bahasa Sanskerta, berarti "pulau emas"). Kemudian pada Prasasti Padang Roco tahun 1286 dipahatkan swarnnabhūmi (bahasa Sanskerta, berarti "tanah emas") dan bhūmi mālayu ("Tanah Melayu") untuk menyebut pulau ini. Selanjutnya dalam naskah Negarakertagama dari abad ke-14 juga kembali menyebut "Bumi Malayu" (Melayu) untuk pulau ini. Asal nama Sumatera berawal dari keberadaaan Kerajaan Samudera (terletak di pesisir timur Aceh). Secara umum, pulau Sumatera didiami oleh bangsa Melayu, yang terbagi ke dalam beberapa suku.

7. Honshu



Honshū (本州) adalah pulau terbesar Jepang. Ia terletak di selatan Hokkaido, utara Shikoku di seberang Laut Dalam Negeri, dan timur laut Kyushu di seberang Selat Shimonoseki. Honshu merupakan pulau terbesar ketujuh di dunia dan pulau terpadat kedua di dunia setelah Jawa. Panjang Honshu sekitar 1.300 km dan lebarnya bervariasi antara 50 hingga 230 km. Total wilayahnya adalah 230.500 km², sekitar 60% total luas wilayah Jepang. Garis pantainya sepanjang 5.450 km. Honshu yang bergunung dan banyak mempunyai gunung berapi sering dilanda gempa bumi, puncak tertingginya ada di Gunung Fuji (3.776 m). Terdapat banyak sungai termasuk Sungai Shinano, sungai terpanjang di Jepang.
Jumlah penduduknya adalah 98.352.000 (pada 1990, 89.101.702 (1975)); kebanyakan bermukim di dataran rendah, terutama di Hamparan Kanto di mana 25% dari seluruh penduduk tinggal dan di sekitar Tokyo dan Yokohama. Kota lainnya termasuk Kyoto,Osaka, Kobe, Hiroshima, Sendai, dan Nagoya. Pulau ini biasanya dibagi menjadi lima daerah dan berisi 34 prefektur, termasuk Tokyo metropolitan.
Daerah-daerah tersebut adalah Chubu (tengah), Chugoku (selatan), Kanto (timur), Kinki (selatan, di atas Chugoku), dan Tohoku (utara). 3/4 dari kota-kota besar dan modern Jepang, termasuk 23 distrik khusus Tokyo, Yokohama, Osaka, Nagoya, Kobe, Kyoto, Akita, Sendai, Fukushima, Niigata, dan Hiroshima. Pusat budaya juga terletak di Honshu, seperti Kyoto (yang modern namun juga menyimpan bersifat kebudayaan), Nara, dan Kamakura.

8. Britania raya



Britania Raya adalah sebuah pulau yang terletak di lepas pantai Eropa Barat sebelah barat laut. Pulau ini memiliki luas 218.595 km² dan secara keseluruhan merupakan wilayah Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara. Di pulau ini terletak tiga negara bagian atau wilayah negara kesatuan ini yaitu: Skotlandia, Inggris dan Wales.
Britania Raya disebut Raya untuk membedakannya dengan Britania yang lain yaitu régionBretagne di Perancis. Nama Britania Raya berasal dari bahasa Perancis Grand-Bretagne. Dan karena bahasa resmi pemerintahan Inggris mulai dari tahun 1066 adalah bahasa Perancis, maka nama ini dipakai terus sampai bahasa Inggris menjadi bahasa resmi kembali. Oleh para sejarawan nama "Bretayne the grete" dipakai pada tahun 1338. Namun secara resmi nama ini baru dipakai oleh raja James I (James VI of Scots and I of England and Ireland) pada 20 Oktober 1604. Kala itu ia menyatakan sumpah bahwa ia adalah "Raja Britania Raya" dan tidak hanya "Skotlandia" dan "Inggris" saja sebab Wales juga termasuk wilayahnya.

9. Pulau Victoria



Pulau Victoria merupakan salah satu dari Kepulauan Arctic Kanada di Nunavut dan Northwest Territories, Kanada. Merupakan pulau terbesar ke sembilan di dunia, dan dengan ukuran 217,291 Km² menjadikannya pulau kedua terbesar di Kanada, dua kali besarnya Newfoundland. Sepertiga bagian barat dari pulau ini merupakan bagian dariInuvik, Northwest Territories dan sisanya merupakan bagian dari Kitikmeot, Nunavut. Selat Lebar Melville terletak di sebelah utara, dan Kanal Clintock serta Selat Victoria di sebelah timur. Bagian Teritori Northwest berlanjut ke daratan di seberang selatan, Selat Pease. Di barat terdapat Gurun Amundsen dan Pulau Banks.
Populasi penduduk pulau ini adalah 1,707; 1,309 di Nunavut dan 398 di Teritori Northwest (2001). Kependudukan terbesar, Semenanjung Cambridge, terletak di pesisiran sebelah tenggara. Holman ada di pesisiran sebelah barat. Walau Pulau Victoria terletak di Kanada, ini bukan berarti pulau ini dekat kota Victoria, British Columbia, Kanada; Kota tersebut terletak di Pulau Vancouver yang juga sebaiknya tidak disamakan dengan letak dari Vancouver, British Columbia ataupun dengan letak dari kota Vancouver, Washington, A.S., yang juga tidak jauh dari sana.

10. Pulau Ellesmere



Pulau Ellesmere (Inuit: Umingmak Nuna, yang berarti "tanah Muskox") merupakan bagian dari Daerah Qikiqtaaluk dari wilayah Kanada Nunavut. Berada dalam Kepulauan Arktik Kanada, itu dianggap bagian dari Kepulauan Ratu Elizabeth, dengan Cape Columbiamenjadi titik paling utara tanah di Kanada. Ini terdiri dari area seluas 196.235 km2 (75.767 mil ²) dan panjang total pulau adalah 830 kilometer (520 mil), sehingga pulau terbesar kesepuluh di dunia dan pulau terbesar ketiga di Kanada. Arktik Cordillera adalah sistem gunung meliputi banyak di Pulau Ellesmere, sehingga yang paling bergunung-gunung di kepulauan Arktik Kanada. Pohon willow Arktik adalah jenis tumbuhan berkayu hanya untuk tumbuh di Pulau Ellesmere.


pendapat dari komentator tentang Pulau Terbesar dan Terluas di Dunia


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:




Quote:


Quote:


Quote:




Quote:



Spoiler for TS ingin menerima cendol:



Spoiler for Tidak menerima BATA:


SUMBER
Diubah oleh agungajadech10 13-07-2013 10:25
0
10.4K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan