ghoarzAvatar border
TS
ghoarz
Klasifikasi Kendaraan Roda 4 Berdasarkan Modelnya, Termasuk manakah punya agan?


Tidak ingin kalah saing dengan industry sepeda motor, hingga medio 2013 ini pabrikan kendaraan roda 4 atau mobil terus mengeluarkan model yang sangat variatif, mulai dari city car macam Etios, Mirage, Brio hingga model van seperti El grand atau Vellfire. Dari sekian banyak model yang diluncurkan, sebenarnya semua itu maish bisa dikelompokkan ke model dansub model yang lebih sempit. Apa saja? Yuk kita simak selengkapnya :

1. Sedan
Spoiler for sedan:

Mungkin semua sudah paham bener nih sama model ini, mobil yang depan ada moncongnya biasa buat mesin dan belakang juga ada ekornya yang biasa buat bagasi. Relatif banyak berkeliaran dijalanan. Yang termasuk model sedan tuh kaya Toyota Corolla, Vios, Hyundai Honda Accord, mercy S 600, C 350, BMW 3 series sedan dll.


2. Coupe
Spoiler for coupe:

Model coupe kebanyakan diadopsi oleh mobil dengan jenis sedan, ciri khasnya adalah dua pintu, dan mobil itu Cu
ma bisa dinaiki 2 orang (1 supir+1 penumpang). Kalo ane bilang sih ini mobilnya orang kaya, masa udah beli mahal mahal Cuma muat 2 orang, sama aja kaya motor dong kalo gitu hihihi… yang termasuk jenis ini gak terlalu banyak so wajar kalo kita jarang liat seliweran dijalanan, misalnya aja nih BMW series 6 coupe dan grand coupe, mercy E, S, C class Coupe. Pokoknya yang ada embel embel “coupe”nya deh emoticon-Ngakak (S)


3. Sport Cars
Spoiler for sport:

Ada lagi nih sub varians dari sedan, buat penggila kecepatan pasti pengen banget punya mobil ini, sport cars emang mobil yang kenceng biasanya modelnya sedan coupe, identik keren kece dan udah pasti MAHAL. Yang masuk model ini ya merk merk eksklusif macam Ferrari, Lamborghini, BMW M5, Nisan Skyline GT-R, Dodge, dll.


4. City Car / Hatch Backs
Spoiler for city car / hatch backs:

Nah balik lagi ke jenis mobil yang lumayan pasaran, hampir tiap RT setidaknya ada yang punya 1 gitu lah, gak percaya? Mobil mungil yang mirip sedan tapi gak punya buntut, ringkas, irit tempat parker, biasanya muat 4-5 orang emang pasaran banget, siapa deh yang gak kenal Toyota Yaris, Honda Jazz, Brio, Mitsu Mirage, Hyundai Avega, sampai Kia Rio, Ford Fiesta dll
Nb. Ada yang bilang kalo diluar negeri yang namanya city car itu punya CC lebih kecil dari hatchback (<1000 cc) tapi kalo di Indonesia sih biasanya yang disebut city car ya itu emoticon-Ngakak (S))


5. MPV (multi Purpose Vehicle)
Spoiler for MPV:

Katanya sih kendaraan untuk segala kebutuhan, modelnya agak mirip sedan tapi kalosedan kan cuma 2 saf bangkunya, kalo MPV tuh umumnya 3 saf so daya tampungnya jauh lebih banyak. yang masuk MPV tuh kaya Hyundai Trajet, Honda Stream , Odyssey, Kia Carnival, Suzuki Ertiga, dll


6. SUV (Sport Utility Vehicle)
Spoiler for SUV:

Termasuk keluarga off roader dengan model gabungan antara sedan dan jeep, seperti off roader pada umumnya dengan menggunakan penggerak 4 roda/ 4 whell drive dan ground clearance/ jarak ke tanah yang relative tinggi. Boleh dibilang ini semi off roader, lihat saja Toyota Rush, Daihatsu Terrios, Honda CRV, Kia Sorento, Fortuner hingga Range Rover pun masih masuk SUV loh...


7. Off Roader
Spoiler for offroad:

Dengan penggerak 4 roda (4WD), jarak ketanah yang tinggi, kalo yang murni tuh pake ban “tahu” khusus offroad. Dengan model yang laki banget membuat mobil ini lumayan digemari oleh para penghobi, yang masuk kategori ini antara lain jeep CJ7, cherokee, feroza, taft, katana, dan lain lain.


8. Van / Mini Bus
Spoiler for van:

Bayangin aja, bus tapi punya ukuran / kapasitas kecil ya itulah penjelasan dari mini bus. Yangtermasuk mminibus antara lain Suzuki APV, Daihatsu Grand Max, Carry, VW Combi, Alphard, El Grand, Vellfire dan lain lain, pokoknyayang bentuknya begituan lah emoticon-Ngakak (S)


9. Pick Up
Spoiler for pick up:

Kalo jaman dulu sih mobil pick up identik dengan mobil niaga, macam Suzuki Carry, L300 yang biasa buat angkut sayur atau material toko besi, tapi sekarang kesan mobil niaga udah sedikit terkikis dengan munculnya mobil “mahal” dengan model ini, agak sedikit berbeda sih kaya Mitsubishi Strada, ford ranger yang punya model double cabin yaitu mobil pick up tapi ada 2 saf bangku di depan, beda sama pick up lawas yang diusung carry dll yang Cuma ada satu baris kursi.


10. Convertible
Spoiler for convert:

Convertible, juga termasuksalah satu cirri khas mobil mahal, atap yang bisa dibuka kaya di filem filem, ga cuma sedan yang make teknologi ini, mobil off road juga pake. Baik manual maupun pake mekanik. Yang masuk model ini antara lain BMW M3, M^ Convertible, Mecy E class Cabriolet, Honda S2000, dll

so model mana mobil punya agan? mana mobil impian agan? komeng ya emoticon-Malu (S)

Spoiler for closing:



Spoiler for plis:



Spoiler for bata:


Diubah oleh ghoarz 03-07-2013 23:46
0
34.2K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan