BillyBoenAvatar border
TS
MOD
BillyBoen
Sukses Lewat Kolaborasi
Kalau zaman dulu, pola pikir kebanyakan orang, “Kalau gua punya uang dan kemampuan, gua kerjain sendiri. Ngapain ngajak orang lain untuk bermitra dan ngebagi profit?”

Ya, itu pemikiran zaman DULU!

Di beberapa kesempatan, ketika saya, Yoris Sebastian, dan Rene Suhardono ketemuan, kita selalu coba bahas apa yang bisa kita kolaborasikan. Kita percaya bahwa sekarang zamannya berkolaborasi. Kami bertiga (dan saya yakin banyak lagi teman-teman kami yang ngga mungkin disebutin satu-satu namanya di sini) percaya bahwa dengan berkolaborasi, kita akan bisa meraih hal-hal besar yang mungkin sangat sulit atau bahkan mustahil untuk kita raih kalau kita sendirian.

Beberapa waktu yang lalu saya pernah tulis di Kaskus, bagaimana cara saya membuat Young On Top (YOT) yang awalnya adalah sebuah buku, kini menjadi sebuah brand. YOT sudah tidak bisa lagi dibilang sebuah buku, karena YOT juga adalah sebuah program mingguan di Tv nasional (Metro Tv), sebuah mentorship program yang sudah berjalan 3 tahun, sebuah rangkaian seminar dan workshop, sebuah academy yang fokus ke kepemimpinan, sebuah rubrik setengah halaman koran nasional (Koran Sindo), sebuah komunitas di Kaskus dan di 38 kota di seluruh Indonesia, dan juga radio program (akan segera ‘reborn’).

Yang saya mau tekankan di sini, bagaimana saya bisa melakukan itu semua? Saya tidak punya Tv nasional. Saya tidak punya koran nasional. Saya bukan pemilik Kaskus. Saya ngga punya stasiun radio. Jangankan pemilik media yang saya sebut di atas, untuk bayar ke mereka supaya YOT bisa ada di media-media tersebut aja tidak saya lakukan. Jadi, gimana caranya? Jawabannya: dengan berkolaborasi.

Saya punya visi dan misi yang jelas; yang kebetulan mereka semua juga percaya dengan visi dan misi saya, sehingga mereka justru yang nawarin saya untuk berkolaborasi. Mereka mau YOT ada di media-media itu.

Saya punya mitra bisnis di semua bisnis yang saya miliki dan akan saya mulai dalam waktu dekat ini. Kalau bisa punya mitra bisnis dan berkolaborasi dengan banyak pihak, sehingga saya bisa capai hal-hal besar yang mungkin sulit atau bahkan mustahil untuk diraih.. dan bisa saya raih dalam waktu yang cepat, kenapa tidak?

Sekarang bukan lagi zamannya berkompetisi. Sekarang zamannya berkolaborasi. Yuk achieve BIG things.. thru collaboration!

See you ON TOP!

Billy Boen
CEO, PT. YOT Nusantara
Shareholder, Rolling Stone Cafe Jakarta
Director, PT. Jakarta International Management (JIM)

@billyboen
facebook.com/billyboenYOT
www.youngontop.com

***Saksikan YOTMetro setiap hari Sabtu pukul 13.30-14.00

Baca tulisan saya di youngontop.com: "Bedanya PASSION dan HOBBY" >> https://www.youngontop.com/buddies/b...hobby-lzvtts1a
Diubah oleh yotkc 29-06-2013 06:23
0
34.4K
471
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan