guataulujelekAvatar border
TS
guataulujelek
4 Motor 2 stroke terbaik edisi di kelas 150 cc
bismillah , semoga trit ane ini bermanfaan gan
ane cuma mau nge share tentang motor spot 150 cc 2 tak yang pernah malang melintang di indonesia , karena ane sendiri pengagum motor motor ini juragan emoticon-Ngakak
okey check this out dari nomor 4 gan

4. Suzuki RG150R : Terlahir sebagai motor batangan dengan performa mumpuni dan kapasitas mesin tergalak dikelasnya, yupppp…Suzuki RG 150 menancapkan kukunya pertama kali didunia otomotif Indonesia khususnya segmen roda dua pada tahun 1989, dibawah naungan payung Indomobil Group pimpinan pak Subroto Laras. Motor yang awal mula kemuculannya hasil import dari negeri Gajah Putih tersebut, mendapat hati dibenak konsumen pecinta kecepatan. Bagaimana tidak dengan dipersenjatai kapasitas mesin terbesar dikelasnya, membuat motor sport murni pabrikan berlogo huruf S ini menjadi langganan kemenangan ditiap event Road Race tanah air waktu itu.
Dengan dipersenjatai dengan mesin tegak berkapasitas 147cc, 2 langkah, reed valve, berhorse power 26.5ps pada 9.500rpm, mempunyai torsi 2.1kg.m pada 8000rpm, bore x stroke = 59.0 x 54.0mm, kopling manual, 6 trasmisi perpindahan gigi, kick starter, shockbreker belakang monoshok dan depan telescopic, menggunakan lingkar roda spookwheel 18″-2.75 depan dan 18″-3.00 belakang, kapasitas tangki oli samping 1.2lt, kapasitas tangki bahan bakar 11lt, berpenghenti laju diskbrake depan sedangkan belakang mengandalkan tromol, mampu membawa sang pengendara melesat cepat sampai batas angka 160kph…wowww…sangat liar untuk ukuran motor sport lokal standar pabrikan pada masanya (awal tahun 90an).

Selama masa edarnya di Indonesia dari tahun 1989 sampai dengan tahun 1997, Suzuki RG 150 telah mengalami perubahan design body sebanyak 2 kali. Berikut detail perubahan yang terjadi

1. Saat pertama kali muncul dibelantika motor sport lokal yaitu pada tahun 1989 s/d 1992, Suzuki RG 150 (Sprinter) mempunyai design tidak seperti motor sport murni, hal ini bisa dilihat dari penggunaan half fairing yang tersemat dirangka bodynya. Ciri khas Suzuki RG 150 generasi pertama ini adalah model bentuk lampu belakang yang masih sangat mirip atau bahkan sama dengan motor bebek Suzuki Sprinter yang sudah saya kupas di artikel ini.
2. Generasi kedua dari Suzuki RG 150 (RGR) yang beredar dari tahun 1992 s/d 1995 mempunyai tampilan yang sudah condong kearah motor sport murni. Hal tersebut dapat dilihat dari detail penggunaan full fairing pada bodynya dan penambahan huruf R dibelakang huruf RG yang mempunyai arti Racing. Ciri khas dari Suzuki RGR genarasi 2 adalah model bentuk lampu belakang motor ini sangat mirip atau menyerupai motor bebek Suzuki Crystal.
3. Generasi terakhir dari varian Suzuki RG 150 yang beredar pada tahun 1995 s/d tahun 1997 adalah, hampir sama dengan sang kakak RGR 150 generasi kedua, yaitu pengaplikasian full fairing dan divarian ini juga sudah ada perbaikan sistem pelumasan mesin serta pengapian. Ciri khas dari motor sport flagship Suzuki waktu itu adalah model bentuk dari lampu belakangnya sangat mirip dengan sepeda motor bebek Suzuki Tornado.

Itulah beberapa evolusi dari Suzuki RG-150 yang sekarang ini bisa dikatakan hampir punah dari belantara jalanan Indonesia. Sama halnya dengan motor sport dari pabrikan lain yang masih menggunakan teknologi 2 langkah, pelan tapi pasti kejayaan mereka akan meredup seiring dengan diberlakukannya penarapan standarisasi EURO 2 pada urusan pelepas gas buang kendaraan dijalanan negeri ini.

Last…walaupun dulu motor-motor berteknologi tinggi pada masanya ini pernah merajai ajang arena road race, tapi semua itu sekarang tinggallah kanangan. But…ditangan para maniak motor dari pabrikan Suzuki, RG 150 (Sprinter) atau RGR 150 boleh dikatakan masih eksis, walaupun nafas hidupnya perlu ditopang dengan kanibalan part dari motor-motor yang beredar saat ini. So…bagaimana menurut sampean akan keeksotisan motor sport lokal dari Suzuki tersebut ???
Spoiler for :


3. Kawasaki Ninja 150 RR : ane ga usah jelasin tentang fakta fakta nya gan , motor masih di produksi dan masih seliwir seliwiran di jalan raya gan
ane kasih spec mesin aja gan
Suspensi Depan 41 mm Telescopic Fork
Suspensi Belakang Monoshock Suspension
Rem Depan Rem Cakram Twin Port
Rem Belakang Rem Cakram Twin Port
Ban Depan 90/90 - 17 49S Tube-Type
Ban Belakang 110/80 - 17 57S Tube-Type
Panjang x Lebar x Tinggi 1930 mm x 720 mm x 1095 mm
Jarak Poros Roda 1.305 mm
Jarak ke Tanah 145 mm
Berat 134 kg
Kapasitas Bensin 10.8 Liter
ENGINE
Tipe 2 - langkah, 1 silinder, Cranked case, Reed Valve,KIPS, HSAS
Maksimum Power 21 KW / 11.000 RPM, EURO II
Torsi Maksimum 20 Nm / 9.000 RPM, EURO II
Karburator Mikuni Vm 28
Diameter x Langkah 59,0 x 54,4 mm
Volume Silinder 149 cm3
Valve System -
Sistem Bahan Bakar -
Sistem Pengapian -
Sistem Pendinginan Pendingin dengan air
Perbandingan Kompresi 6,9 : 1
DRIVETRAIN
Jumlah Transmisi 6 - Speed
Rasio Gigi Ke-1 2.700 (27 / 10)
Rasio Gigi Ke-2 1.706 (29 / 17)
Rasio Gigi Ke-3 1.300 (26 / 20)
Rasio Gigi Ke-4 1.091 (24 / 22)
Rasio Gigi Ke-5 0.952 (20 / 21)
Rasio Gigi Ke-6 0.864 (19 / 22)
Tipe System Final Drive Chain Drive
Drive Rasio Keseluruhan 7.874 @ Top Gear
Kapasitas Oli Samping 0.8 Liter
Sistem Pelumasan Oli Oil Injection
Kapasitas Coolant 1.3 Liter

Spoiler for :


2. Yamaha TZM 150 : Memang tanpa cela melihat model serta power yang ada pada motor sport batangan satu ini. Cuma satu kelemahan dari produk unggulan pabrikan garpu tala tersebut, yaitu banderol harga yang tidak terjamah oleh sebagaian besar rakyat Indonesia. Tidak bisa dipungkiri, depresiasi nilai tukar mata uang asing terutama dollar di akhir tahun 90′an sangatlah gila-gilaan hingga mempengaruhi efek nilai jual dari Yamaha TZM 150. Benar!, TZM 150 kala itu hadir dengan sosok yang sempurna sebagai motor batangan dengan tema sporty tulen, tapi sayang sungguh sayang, kehadirannya dirasa kurang tepat karena imbas dari krisis moneter sangat berasa pada jumlah edar yang ada dinegeri ini.

Okeiii, sekarang kita tengok dari sisi penampilan. Secara garis besar, TZM 150 merupakan gabungan dari mode motor sport batangan 2 era, kenapa bisa begitu?. Tengok saja pada sektor fairing depan, sudut garis tajam meruncing dengan head lamp serta signal lamp yang menyipit, bisa disimpulkan bahwa design pada fairing depan mengadop modern style layaknya fairing kebanyakan motor sport keluaran era 2000′an keatas. Dan classy style pada motor ini diwakili pada design buritan. Penampakan stop lamp yang membulat dengan mode body yang agak tembem kurang slim, serta design jok yang masih menyatu antara rider dan boncenger sangat kentara dengan tampilan motor-motor sport era 90′an kebawah. So, bisa digaris bawahi bahwa TZM 150 mempunyai cita rasa transisi dari dua era, kerennnn!
Lantas bagaimana dengan performa? apakah dengan tampilan yang aduhai juga berimbas pada ouput daya yang super aduhai atau malah dibawah ekspektasi?. Jika menilik dari data yang ada, dengan daya kuda mencapai 36.0 ps @ 10.500 rpm, hmmm…bisa dikatakan TZM 150 hadir tanpa ada perlawanan yang berarti diantara motor sport yang ada kala itu. Coba bandingkan RGR 150 keluaran Indomobil Group, jelas jauh lebih superior si TZM 150, kalo dengan NSR 150 R keluaran AHM, ahhh…juga masih unggul diperforma oleh TZM 150, kalo dengan Ninja 150 nya KMI, yeah hampir bisa nempel tapi kesan eksotis masih tetap unggulan TZM 150 lahhh.

Dengan spek keseluruhan yakni mesin berteknologi 2 langkah, liquid cooler, berkubikasi 147cc (bore x stroke = 59.0 x 54.0 mm), dengan kompresi 6.0 : 1, serta masih mengandalkan karbu Mikuni bermoncong 30SS untuk mengolah pasokan bahan bakar ke ruang bakarnya, motor ini sanggup berlari layaknya jet darat. Tidak lupa fitur teknologi berupa YPVS (Yamaha Power Valve System) yang bisa dikatakan tugas kerjanya hampir mirip dengan RC-Valve nya NSR, dimana alat tersebut mengontrol lubang buang secara mekanis elektrik, maka lengkap sudah kedigdayaan motor tersebut dikancah adu kebut jalanan.
Last, itulah sedikit gambaran cerita mengenai Yamaha TZM 150. Yang walaupun jumlah keberadaanya tidak tergolong banyak di negeri ini, tapi pesona eksotisme dari motor tersebut tidak bisa terbantahkan. Bahkan menurut pandangan saya, aura sport tulen dari TZM 150 sampai detik ini belum bisa tergantikan oleh produk 4 tak YMKI yang ada, gimana YMKI mau kah ‘anda’ me reborn TZM 150 dengan versi yang lebih ramah lingkungan?

Spoiler for :


and the winners is
1. Honda NSR 150 SP ( Special Production ) : Masih ingat NSR150SP? motor legendaris keluaran Honda era 2000an. Walau sudah kemakan umur, tapi banyak biker menyatakan bahwa varian inilah raja 2tak sesungguhnya. Benarkah.?

Predikat NSR yang disematkan padanya memang bukan omong kosong. Banyak informasi yang menyatakan bahwa khusus versi SP, tenaga bisa tembus hingga 39,5@10,500rpm. Bandingkan dengan Ninja 150rr yang hanya berkisar diangka 30ps.

Muntahan power ini dihasilkan oleh mesin 150cc, bore x stroke : 59 x 54,5 gearbox 6 speed menjadikan NSR150SP langganan juara ASEAN CUP. Jambakannya gimana? jangan diragukan kalau itu dijamin maknyus top markotop. Dulu pernah jajal NSR150RR accelerasinya sudah nampol bener. Dan SP merupakan upgrade dari tipe RR. Lawong berat kosong hanya 122,4kg. badan pasti serasa dilempar.

Kelebihan NSR adalah torsi bawah hingga atas merata. Ini yang tidak bisa kita temui pada Ninja150rr dimana tendangan bawah masih kurang garang dibanding produk 2tak sekelas. Mungkin hanya Yamaha TZM serta Ninja 150krr SE yang bisa meladeni ketangguhannya. Bahkan kabarnya ketika ditest drag melawan CB400, NSR150SP bisa unggul tipis…..
tentunya dengan PRO ARM nya yang spesial kenapa ane jadiin peringkat pertama gan
Spoiler for :

Spesifikasi untuk HONDA NSR 150SP

Tipe Mesin: 2 tak berpendingin air dan teknologi RC valve
Volume Mesin: 149cc
Ratio Kompresi: 6.8 : 1
Tenaga: 39.5 ps/10,500 rpm
Torsi: 2.75 kg-m/ 10,000 rpm
Pengapian: System CDI
Busi: Plug B9 ECS (NGK)
Transmisi: 6 percepatan, tipe basah
Dimensi: 685 x 1,970 x 1,060mm
Sumbu roda: 1,335mm
Ban: 90/80/17 — 120/80/17
Suspensi Belakang: Monoshock
Rem: Cakram piston ganda depan belakang
Bobot Bersih (kg): 122.4 Kg

NB>spesifikasi diambil dari brosur

Spoiler for :


sekian trit ane gan , semoga bermafaat uat para kaskuser
ane hanya berharap supaya di emoticon-Rate 5 Star
dan mungkin yang udah ISO berbaik hati nimpuk ane pake emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
maaf bila thread nya berantakan maklum masih nubitol belajar bikin thread emoticon-Malu (S)
Diubah oleh guataulujelek 28-06-2013 11:48
0
27.5K
120
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan