putroephangAvatar border
TS
putroephang
LIPI: Prabowo Menang Lawan Siapa pun, Kecuali Jokowi
JAKARTA - Survei yang digelar LIPI memunculkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menjadi capres paling potensial menggungguli Prabowo Subianto. Faktanya, hanya Jokowi yang bisa mengalahkan Prabowo.

"Prabowo dan Jokowi secara konsisten berada di atas daftar tokoh yang paling banyak dipilih oleh responden survei ini, baik dalam daftar terbuka maupun dalam short list tokoh-tokoh potensial yang maju dalam pilpres 2014," kata koordinator tim survei LIPI Mei 2013, Wawan Ikhwanudin, mengawali pemaparan temuan survei di Gedung Widya Graha lantai 1, Jakarta, Kamis, (27/6/2013).

Survei dilakukan pada tanggal 10-31 Mei 2013, dengan jumlah responden 1.799 orang. Survei dilakukan terhadap responden dengan usia di atas 17 tahun atau sudah menikah dengan wawancara tatap muka. Survei ini memiliki margin of error 2,31% pada tingkat kepercayaan 95%.

Namun kini Prabowo tak lagi digdaya. Utamanya setelah kemunculan Jokowi, kader PDIP yang fenomenal setelah sukses menumbangkan Fauzi Bowo di Pilgub DKI Jakarta.

"Prabowo selalu unggul ketika berhadapan dengan tokoh lain manapun, kecuali jika Jokowi hadir, Jokowi selalu di peringkat pertama, dengan margin yang cukup signifikan, tidak kerkecuali saat nama Megawati Soekarnoputri masuk ke dalam daftar calon," katanya.

Temuan lainnya, responden ternyata masih berpendapat capres dan wapres harus beragama Islam. Hanya sekitar 20% responden yang mengharuskan presiden harus orang Jawa.

Hampir sepertiga responden masih berpendapat bahwa presiden harus laki-laki. 40% responden tidak mempermasalahkan latar belakang presiden baik dari sipil maupun militer.

Berikut hasil survei LIPI menyangkut elektabilitas tokoh jika Pilpres digelar saat ini:

1. Joko Widodo: 22,6%
2. Prabowo Subianto: 14,2%
3. Aburizal Bakrie: 9,4%
4. Megawati Soekarnoputri: 9,3%
5. Jusuf Kalla: 4,2%
6. Rhoma Irama: 3,5%
7. Wiranto: 3,4%
8. Mahfud MD: 1,9%
9. Hatta Rajasa: 1,2%
10. Sultan HB X: 1,2%
11. Surya Paloh 1,2%
Lainnya: 4,4%
Tidak menjawab: 22,9%

(sumber)

Akankah Rakyat Indonesia Sejahtera di tangan Prabowo yang notabennya sama2 dari militer kayak om BEYE??? emoticon-Bingungbingung
0
2.3K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan