aku mau mengurus paspor online gan
Total biaya berapa gan, masih ada pungli ga nih
penting nih, bookmark dolo ya gan kalo perlu
Quote:Original Posted By M0jit0


Emang mantap pelayanan imigrasi sekarang. Ane coba share juga pengalaman ane mumpung masih fresh. Beberapa hari yang lalu ane baru perpanjang paspor lewat program ODS (one day service) di jakarta pusat, dan memang beneran sehari jadi. Tanpa calo, 255 rb. 

Dengan panduan trit ini, ane mulai petualangan ane ke kantor imigrasi (kanim), ane sampe jam setengah tujuh pagi di kanim jakpus kemayoran tanpa online. Pagi itu, kuota sudah habis, karena penghitungan kuota sudah dimulai dari jam 5 pagi, sedangkan orang yang antri banyak. Malah banyak yang sudah mulai antri dari jam 4 pagi. Akhirnya ane malah ngobrol sama satpam nan ramah. Dan diajarin untuk daftar online aja. Sehubungan dengan uji coba program ODS, pendaftaran secara online bisa dilakukan di:

Https://onlinedpri*imigrasi*go*id

(ganti [*] dengan [.])

Terus ane buru2 pulang buat daftar online. Cepat dan mudah, ga pakai scan2an segala. Cukup isi data sesuai KTP aja. Waktu yang tersedia pas ane daftar itu paling cepat 2 hari setelahnya. Ane daftar hari selasa pagi, waktu yang tersedia mulai bisa dipilih dari hari kamis pagi. Kuota per hari untuk pengurusan online adalah 50 paspor, sedangkan walk in (yang ngantri dari subuh) disediakan untuk 175 paspor saja. Saat daftar online, kuota yang tersisa juga dapat langsung dilihat. Langsung saja ane daftar untuk Kamis pagi jam 8.00-9.00 dan email bukti pendaftaran (pdf) langsung terkirim ke alamat yang ane daftarkan, langsung ane print.

Hari kamis pagi ane balik lagi ke kanim jakpus untuk urus perpanjangan paspor. Langsung ambil map di koperasi dan cek kelengkapan data di petugas depan. Ga usah pakai isi form lagi gan, biarin kosong aja, karena data agan sudah tersimpan di database milik kantor imigrasi.

Masih banyak yang tidak tahu, kalau mulai dari februari kemaren, kanim jakpus dan jakbar terpilih sebagai kanim kelas satu untuk uji coba program ODS. Dan oleh karenanya khusus hanya melayani perpanjangan paspor NON TKI, dan juga tidak melayani pembuatan paspor baru. 

Ini kronologis saat ane perpanjang paspor kemaren.

07.30: Sampai kanim jakpus, ambil map di koperasi.
07.35: Cek kelengkapan data di petugas depan.
08.15: Konter buka, Validasi dokumen + Ambil no. antrian (ane nomer 1)
08.30: Bayar 255 rb di kasir (paspor biasa, buku 48 hal. Dapet kwitansi)
09.05: Wawancara, cap jari, tanda tangan & foto.
09.20: Ambil tanda bukti ambil paspor baru (katanya baru jadi jam 15.30)
15.15: Ambil paspor baru.
15.16: Fotokopi paspor baru di koperasi
15.18: Serahkan fotokopi paspor baru untuk ambil paspor lama.

Selama foto dan wawancara selesai sebelum makan siang jam 12, katanya paspor baru bisa diambil dihari yang sama, kalo wawancara dan foto setelah jam 12, paspor baru bisa diambil besoknya. Paspor lama boleh diambil boleh engga, tergantung kebutuhan, soalnya ada beberapa kedutaan yang menuntut adanya paspor lama untuk bikin visa.

Yang daftar perpanjangan paspor via online dibedakan prosesnya dengan yang walk-in sampai dengan wawancara dan foto, jadi emang lebih cepet. Bukti tanda terima daftar online harus di print dan dibawa untuk discan barcode yang tercantum disitu saat ambil nomer antrian. Kalo agan datangnya terlambat dari waktu yang sudah dijanjikan pada saat daftar online, maka tidak akan ada ampun, data agan dihapus, dan agan harus mulai dengan daftar online yang baru lagi. Makanya jangan sampai telat ya gan.

Dokumen yang ane butuhkan waktu perpanjangan paspor kemaren:
1. KTP (Asli + 2 fotokopi, satu buat ambil map)
2. KK (Asli + 1 fotokopi)
3. Akte Lahir (Asli + 1 fotokopi)
4. Paspor lama (Asli + 1 fotokopi)
5. Akte nikah (Asli + 1 fotokopi)
6. Materai (1 buah, buat ngambil paspor lama kalo paspor baru sudah jadi)
7. Bukti tanda terima pendaftaran online. (Print)

Semua fotokopi harus ukuran A4, fotokopi ktp jangan dipotong, ga usah dibesarin juga gpp. Akte lahir dan KK bisa diperkecil atau ambil bagian yang ada tulisannya aja, pokoknya hasil fotokopinya semua seragam seukuran, A4. 
Dokumen asli akan selalu dipegang oleh kita selama nunggu2, dan cuma digunakan saat validasi dokumen dan wawancara.

Mudah & praktis sebenernya kalo mau ngejalanin sih, kalo memang dokumen asli lengkap, masih valid, dan tidak bermasalah, mending nyobain ngurus sendiri aja. Pemerintah sudah berupaya memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanannya, masa masyarakatnya sendiri masih ga mau nyoba ngerasain? Hehehe.

Sekian. Semoga bermanfaat.




apakah perpanjang membutuhkan surat WNI org tua?
dan apakah kalau kita membawa surat akte lahir fotocopy yg sudah di legalisir bisa diterima sebagai pengganti akte lahir asli?

thx
mantab gan, rate meluncur

original post by TumplakJarwo
dijamin cepet siap gak nih
ntar krna pake onlen, malah dibikin lambat
nice inpo gan
nice share to me gan
waaahh kebetulan ane mau bikin paspor...
trit nya bermanfaat gan...
thanks dah share...
kemaren ane baru bikin
bisa nanti di peraktekin nie gan . ke TKP dulu
mudah banget donk gan kalo online
Gampang ya. haha
Gampang ya. haha
kapan kapan dicoba gan
semoga ane bisa jalan2 k eropa
nais infoh gan,, ane coba bikin deh
bikin sm perpanjang juga bisa gan?
ane pernah buat paspor gan...

iya mudahan dari online, setelah gugel2 pengalaman org2 dr blog, ya ane milih online... pas dah dpt print-an buat dibawa ke imigrasi ya ane dtg k imigrasi kota tua waktu itu dri pagi gan... ga ribet kl ngurus scara online terlbih dahulu, antrian buat ngasih berkas online jg ga banyak... cuma masih ttp ada ngantri2

tp sampe proses foto dan sidik jari, ane lakuin shrian di sana gan... tapi enaknya sminggu berikutnya lgsg dah jadi paspornya , sneng deh... kalo mau buat paspor ya siapin diri aja seharian di imigrasi
ijin bookmark dulu gan